Kamis, 10 Mei 2018

Filled Under: , ,

15 Cara Jitu Agar Bangun Sahur Tepat Waktu dan Gak Telat

15 Cara agar tepat waktu bangun sahur dan gak telat. Bulan puasa adalah bulan suci yg mengharuskan semua umat muslim di dunia untuk berpuasa. Mulai dari Arab Saudi, Amerika, Jepang, Cina, Taiwan dan Negara kita Indonesia.

Bersyukurlah di Indonesia waktu puasanya tidak terlalu lama seperti negara lain yg sampai 20 jam. Namun meskipun begitu banyak para umat islam yg sering meninggalkan sahur. Jadi ibarat dikata sama saja puasa dengan waktu yg lama.

Sebagian orang mungkin memang tidak sengaja meninggalkan sahur karena waktu sahur termasuk dalam waktu terlalu dini atau terlalu pagi. Apalagi buat orang yg tidak terbiasa bangun pagi, atau tidak biasa bangun tengah malam.

Mereka memang maunya niat untuk sahur, tapi ujung – ujungnyya tidurnya terlalu lelap dan akhirnya makanan untuk sahur pun terlewatkan. Bahkan makanan kadang terbuang karena sudah basi untuk dikonsumsi lagi ketika berbuka.

Kadang juga sebagian dari mereka, bangun sahur dengan waktu mepet sama imsyak dan adzan subuh. Jadi makan sahur juga terburu – buru tanpa bisa menikmati nikmatnya makanan tersebut.

Keburu sih boleh tapi lebih baik juga dikunyah dengan normal dan supaya tidak tersedak. Jangan lupa minum agar tidak dehidrasi ketika melakukan puasa. Kalau makan terburu – buru terus juga ga baik buat pencernaan tubuh kita.


Menghindari yg namanya telat bangun sahur. Anda harus tahu cara tepat waktu untuk bangun sahur supaya bisa makan sahur dengan tenang dan tanpa dikejar kejar waktu lagi.

Dengan begitu anda bisa menikmati makanan dengan perlahan dan punya banyak waktu untuk mengunyah agar proses pencernaan makanan bisa berjalan dengan baik. Buat anda yg sudah penasaran yuk simak caranya di bawah ini.

1. Minta Bangunin Orang Terdekat
Anda hidup tidak sendiri, disekitar anda banyak orang yg bersedia membantu anda termasuk dalam hal meminta bangunkan sahur di ramadhan ini.

Misalnya orang 1 rumah anda seperti mama, papa, adek, kakak, saudara, kakek, nenek dan banyak lagi.

Jika anda tidak sedang tinggal dengan keluarga, anda bisa minta bangunkan sama teman kos yg sekamar, atau teman kos sebelah kamar. Tapi jikalau orang terdekat anda tidak bangun juga berarti anda yg harus membangunkan mereka.

2. Minta Bangunin Orang Kesayangan
Jika anda masih kurang bisa dibangunin sama orang terdekat, mungkin anda bisa pakai cara kedua. Sayangnya cara ini gak berlaku bagi para jomblowan dan jomblowati karena yg membangunkan adalah pacar atau pasangan anda.

Walaupun anda belum tinggal serumah, tapi kalau sudah dibangunin pacar atau pasangan by phone. Pasti anda langsung membuka mata seketika itu juga. Memang cinta dapat mengontrol seseorang terutama untuk bangunin sahur. Hehehe.

3. Jangan Makan Terlalu Kenyang
Ada beberapa pantangan jika anda ingin bangun sahur secara tepat waktu yaitu salah satunya ialah jangan makan terlalu kenyang. Mentang – mentang gak makan seharian, bukan berarti anda harus memenuhi perut dengan makanan.

Tapi sesuai dengan Sunnah yg dilakukan Nabi Muhammad SAW yaitu berbukalah dengan yg manis dan berhenti sebelum kenyang. Karena ketika tubuh merasa kenyang, bawanya selalu ingin tidur dan tidak mengenal waktu, tidur pulas sampai pagi.

4. Jangan Makan Terlalu Manis
Selain makan sampai kenyang juga anda tidak boleh kebanyakan makan makanan yg manis. Walaupun Nabi Muhammad SAW telah menyarankan tapi makanlah dengan batas sewajarnya.

Ingat kalorinya juga, terus makan makanan manis juga membuat anda semakin tidak mengantuk jadi anda cenderung begadang sehingga gak bisa dibangunin untuk makan sahur.

5. Jangan Makan Makanan Berat
Ada lagi iters, anda juga tidak disarankan makan makanan berat waktu malam hari. Cukup makan berat setelah adzan maghrib waktu berbuka puasa sore saja. Jika pun anda lapar lagi, bisa makan makanan berserat seperti buah atau salad.

Yah tahu khan namanya makanan berat akan membuat perut anda semakin kenyang dan pada akhirnya anda pulas tidur sampai pagi menjelang dengan melewatkan sahur.

6. Tidurlah Lebih Awal
Tidur sebaiknya jam 8 sampai jam 9 saja. Jangan tidur lebih dari jam tersebut supaya anda bisa bangun jam 3 dini hari untuk melakukan sahur di bulan puasa.

Kalau anda memaksa tidur pada jam 9 ke atas, saya yakin tubuh anda tidak akan bisa buka mata karena masih ngantuk.

7. Pasang Alarm
Memasang alarm buat kita kadang bisa membangunkan bisa enggak, itu tergantung sama yg namanya respon kita terhadap alarm tersebut. Kalau tangan kita langsung matiin alarm dan lanjut tidur lagi maka gak ada gunanya itu namanya alarm.

Jika anda ingin menggunakan alarm semestinya agar bangun sahur tepat waktu, anda bisa baca postingan sebelumnya cara memasang alarm supaya bisa cepat bangun dari tempat tidur.

8. Hindari Minum Kopi Sebelum Tidur
Tahukan namanya minum kopi, mungkin ada yang gak percaya sama ini. Tapi pada kenyataannya kandungan cafein pada kopi membuat anda mampu tidur larut malam.

Jadi otomatis ketika anda tidur larut malam, pastinya mata anda juga akan lelah untuk bangun lagi melakukan sahur. Apabila anda bangun sahur pun pasti anda setengah sadar karena masih mengantuk dan kurang segar dalam melakukan ibadah.

9. Jangan Main Hp
Main handphone memang bikin waktu terasa cepat, yg baru saja ngechat mulai jam 7. Terus hp dibuat chattingan sama pacar atau gebetan pastilah gak kerasa begitu liat jam ternyata sudah larut malam jam 10.

Apalagi kalau buat scroll sosmed lihat facebook, kepoin instagram mantan atau sekedar lihat berita dan gambar lucu. Buat anda yg gamers pasti juga gak akan lepas sama game.

Untuk itu sebaiknya anda jauhkan hp anda sebelum jam tidur tiba supaya anda bisa langsung tidur dan gak menunda – nunda lagi karena alasan hp. Segera matikan hp, colokkan ke charger, dan matikan. Oh iya hidupkan dulu alarmnya.

10. Matikan TV
Buat anda yang suka nonton TV, bisa jadi malah membuat mata anda gak mau tidur. Apalagi sekarang lagi viralnya televisi KARMA yang mulai jam 10 sampai tengah malam. Alamat deh tidurnya gak bakal bisa diganggu kalau anda nonton itu terus.

Nonton sih gapapa tapi asal tidak mengganggu aktifitas tidur anda sehingga bangun sahur juga mudah dilakukan. Kalaupun anda gak bisa lihat Karma malam hari, anda bisa khan streaming esok harinya. Jadi anda juga gak ketinggalan.

Makanya itu saran saya anda harus matikan televisi saat jam sudah menunjukkan jam 9 malam. Lalu matikan lampu, dan selimutan karena waktu tersebut adalah waktunya untuk bubuk cantik.

11. Siapkan Masakan Enak
Untuk memotivasi anda tidur. Anda bisa siapkan masakan enak untuk sahur. Jadi anda pun gak akan sabar menunggu waktu sahur tiba. Anda pasti bisa membuka mata ketika mengingat makanan kesukaan anda sudah menunggu di meja.

12. Niatkan dari Dalam Hati
Segala sesuatu yg sudah diniatkan dari dalam hati paling dalam, pastinya akan berjalan mulus karena otak dan hati berjalan bersama untuk memotivasi anda mencapai atau meraih sesuatu yg sudah diniatkan termasuk membangunkan anda untuk bangun sahur.

13. Tidur Siang
Tidur siang dalam bulan puasa bisa membuat kita segar bugar dalam puasa karena tidur siang dapat menggantikan waktu tidur ketika kita bangun sahur sehingga dalam sehari anda bisa mencapai waktu tidur 8 jam meski telah dipotong waktu sahur.

Ketika asupan tidur tercukupi, tubuh anda juga terkontrol dan pada akhirnya anda bisa mudah untuk bangun dini hari jam 3 pagi untuk sahur.

14. Masak Sendiri
Terkadang jika anda tidak capek, bisa siapkan masakan sendiri sebelum tidur. Bisa potong sayur, meracik bumbu, dan masak masakan anda untuk sahur nanti. Jika makanan sudah matang, anda bisa tidur dan bunyikan alarm.

Dengan melakukan acara masak – masakan dulu, pasti anda gak mau ketinggalan untuk melakukan sahur karena anda sudah capek capek membuat masakanya sendiri. Mubadzir juga khan kalau gakk dimakan iters.

15. Tanamkan Sahur adalah Kewajiban
Tanamkan bahwa sahur adalah kewajiban. Sehingga anda selalu berusaha untuk menepatinya. Apalagi buat anda yg suka maag, makan sahur gak bisa dilewatkan begitu saja, jika diperlukan anda juga bisa minum obat maag terlebih dahulu sebelum makan sahur.

Dengan anda makan sahur tepat waktu maka Insya Allah anda juga akan kuat berpuasa, tidak akan lemas karena kekurangan energi karena kita sudah mengisinya waktu sahur. Sekian 15 Cara Ampuh Bangun Sahur Agar Tepat Waktu dan Gak Telat. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar