Selasa, 08 Mei 2018

Filled Under:

27 Cara Ampuh Membasmi Tikus di Dalam Rumah

27 Cara ampuh membasmi tikus di rumah. Di semua tempat pasti ada yg namanya tikus. Entah itu di Mall, tempat kerja ataupun di rumah. 


Kadang juga tikus sekarang gesit dan ukurannya hampir seperti anak kucing. Tiap malam, ketika kita tidur makhluk ini suka berkeliaran mencari mangsa.

Walau tikus itu tidak menyakiti manusia, tapi binatang ini bisa membawa penyakit ke tubuh manusia karena hewan pengerat ini adalah hewan kotor. Tempat mangkalnya bisa dari selokan, tempat sampah, dan kubangan yg menjadi sarang kuman.

Terkadang tikus juga suka merebut makanan kita, bahkan mie instan yg sudah digantung ditembok dapur saya pun ikut diembatnya. 

Gimana gak pegel ya. Kita yg beli, malah dia yg makan. Tempat sampah saya di dapur juga kadang berserkan karena dieker – eker sama hewan pengerat ini.

Jika anda punya pengalaman ga mengenakkan seperti saya, anda juga harus mengusir dan membasmi tikus yg suka berkunjung ke rumah kita. 

Hewan kotor tersebut sangat merugikan. Apalagi ketika kakinya bersentuhan dengan lantai kita, saat mulutnya menjilati piring tanpa kita ketahui.

Bahkan beberapa hari yg lalu saya pernah dengar ada orang sakit yg dilarikan ke UGD gara – gara makan makanan yg sudah dipipisi tikus ini. Bukan masalah itu saja sih, kadang bau kotorannya itu bikin orang ga betah lama – lama di rumah sendiri.

Walaupun tikus bukan hewan peliharaan, sering mereka merepotkan kita dalam hal makanan, minuman, sampai kotorannya yg bikin pusing. Duh memang tikus pengerat ini tidak bisa diampuni ya iters.

Sampai akhirnya Intan punya banyak cara untuk membasmi dan mengusir tikus dari rumah kita. Daripada cuma melihat saja tikus beraksi membuat onar di rumah anda. 


Cobalah juga Cara ampuh membasmi dan mengusir tikus dari rumah. Supaya anda bisa tidur nyenyak, rumah bersih dan keluarga terbebas dari penyakit yg bersumber dari tikus.

1. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Bawang
Bawang merah dan bawang putih memang banyak gunanya. Terutama sebagai bumbu dapur. Para bunda pastilah setiap hari punya simpanan bawang di dapurnya.

Bisa dibuat masak, bisa buat campuran telur dadar, atau bikin tempe goreng sederhana yg alami, apalagi bikin sayur enak lainnya seperti sayur sop, sayur asem, sayur bayam yg enak untuk masakan sehari – hari.

Selain itu bawang putih bisa digunakan sebagai obat sakit gigi juga. Apalagi buat tikus, wah satu – satunya bumbu dapur yg bisa mengusir cuma bawang. Inilah yg bisa membuat bau menyengat yg bisa membunuh hewan pengerat ini.

Caranya cukup mudah, anda tinggal mengiris bawang sehingga aromanya keluar [ gak perlu digoreng yah nanti ada yg makan lagi ]. Setelah itu taburkan di tempat tikus bersarang atau tempat tikus keluar.

Gak perlu beri wadah, tinggal taburkan saja irisan bawang tersebut shingga aromanya bisa menusuk hidung tikus yg pada akhirnya dia gak mau lagi masuk ke rumah.

2. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Daun Salam
Daun salam sering kita lihat di masakan jawa seperti rawon daging, soto ayam, gule kambing, dan lain – lain. Gak kalah sama bawang ternyata daun salam juga bisa membasmi tikus dalam rumah lo.

Kita bisa mengusir tikus hanya dengan meletakkan beberapa lembar daun salam pada tempat –tempat yg sering didatangi tikus. Seperti dapur, lubang pipa, atau lainnya.

3. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Kapur Barus
Bagi sebagian orang mungkin kapur barus punya wangi yg khas dan tajam. Bisa membuat lemari dan pakaian yg disimpan tetap wangi.

Namun jika anda tahu, ternyata kapur barus adalah wewangian yg tidak disukai tikus. Jadi memberi kapur barus pada lemari punya 2 manfaat yaitu membuat wangi pakaian, dan melindungi pakaian dari gigitan tikus. Jadi gak sobek sobek ketika dipakai.

Selain pada lemari, anda juga bisa menyimpan dan menaburkan kapur barus ke berbeda tempat yg disukai oleh tikus. Seperti dapur, kamar mandi, dan tempat menerobosnya tikus ke rumah, bisa juga ke atas genteng.

4. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Ular plastik
Untuk anda yg tidak berani sama ular beneran, anda bisa pakai ular plastik untuk menakut – nakuti tikus agar tidak masuk ke rumah. Pilihlah ular tiruan yg hampir mirip supaya tikus dapat tertipu.

Letakkan ular – ularan tersebut dekat pintu masuknya tikus. Anda juga bisa letakkan ular plastik pada halaman rumah anda, loteng, di dekat makanan supaya tikus tidak lagi mengusik rumah anda.

Sama seperti orang – orangan sawah yg mampu mengusir burung burung untuk makan padi, ular plastik juga mampu mengusir tikus karena mereka menganggap ular tersebut beneran dan akhirnya mereka akan lari terbirit birit.

5. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Pelihara Kucing
Cara ampuh yg selama ini saya lakukan ada memelihara si endut. Si endut adalah kucing kampung peliharaan saya. Saya sengaja memilih kucing liar untuk dipelihara karena dia sangat gesit sekali tingkahnya dan pintar bgt menangkap tikus.

Meskipun peliharaan saya suka menangkap tikus, tapi dengan sigap saya segera membuang tikus tersebut sebelum dimakan sama kucing kesayangan saya karena seperti yg anda tahu tikus adalah binatang kotor yg pasti jika dikonsumsi mentah – mentah akan membuat kucingnya sakit.

Kadang kala, kucing saya juga cuma membuat mainan tikus tersebut ga sampai dimakannya. Jadi kalau gak dikontrol bangkai tikus dirumah akan tidak tahu keberadaannya.

Saya pun sempat membongkar 1 ruang yg bau tikus mati. Mau tanya endut pun percuma dia gak bisa ngomong. Yah merepotkan sih,tapi paling enggak dengan adanya kucing di rumah tikus akan sedikit takut dan segan masuk rumah kita.

Untuk menangkap tikus, jangan pelihara kucing cantik karena mereka kadang tidak suka dan menangkapnya juga susah karena kukunya lentik dan kadang juga dipotong sama tuannya.

6. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Pelihara Ular
Mungkin ini terdengar sedikit ekstrim. Tapi buat anda pemberani tidak ada salahnya untuk mencoba cara yg satu ini seperti artis Indonesia kita.

Yap benar anda bisa pelihara 1 ular yg tidak berbahaya, jangan yg beracun atau justru yg bisa membuat nyawa anda melayang. Anda bisa letakkan ular di dekat sarang tikus, supaya mereka bisa dimakan sama peliharaanmu.

7. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Pelihara Burung Hantu
Mungkin sedikit berbau horror karena burung ini sering dikaitkan dengan benda mistis mungkin juga itu karena namanya yg membuatnya terlihat menakutkan.

Namun, gak ada salahnya jika kita pelihara. Burung hantu ialah burung yg unik dan juga bulunya cantik gak kalah sama burung – burung lain.

Tapi kalaupun anda tetap takut, bisa ambil beberapa bulunya saja yg rontok untuk diletakkan dekat tempat tikus mondar mandir supaya dikira di rumah kita ada burung hantunya jadi mereka pun takut dan gak akan kembali ke rumah anda lagi.

8. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Pelihara Jangkrik
Binatang jangkrik dikenal menjijikkan dan baunya gak enak tapi kalau soal suara jangkrik sering membuat kicauan di malam hari, menjadikan malam anda tidak sunyi lagi dan suara tersebut juga bisa mengusir tikus dari rumah anda.

Anda cukup tangkap beberapa jangkrik di luar rumah dan kurung dengan toples.

Lalu letakkan jangkrik berpencar ke seluruh wilayah yg sering di datangi oleh tikus sehingga tikuspun ga betah dengan bunyian tersebut dan akhirnya keluar sendiri tanpa anda mengusirnya dari rumah.

9. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Lada
Lada terkenal dengan baunya yg menyengat dan buat kita bersin – bersin. Hal tersebut tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada tikus ketika menghirup lada.

Anda tinggal taburkan serbuk lada ke tempat tikus sering bersembunyi. Ke lubang tembok, ke dapur, atau ke tempat – tempat jorok lainnya yg sering didatangi tikus.

10. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Amonia
Cara ini cukup simple, anda tinggal siapkan bahan pentingnya yaitu Amonia. Kalau sudah tersedia tinggal siapkan segelas air dan dua sendok detergen.

Lalu campurkan semua bahan dalam baskom, taruh air tadi, sabun colek atau deterjen, lalu campurkan juga 2 larutan amonia. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Anda bisa simpan larutan ini di botol semprot supaya anda bisa siap siaga ketika melihat tikus. Lalu anda bisa semprotkan larutan menyengat itu ketika melihat tikus lewat. Jadi tikus pun tepar terkena semprotan maut anda.

11. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Serai dan Minyak jarak
Kalaupun anda tak punya yg namanya amonia. Anda bisa membuat larutan lain dengan bahan yg mudah ditemukan seperti serai dan minyak jarak.

Yang anda perlu lakukan hanya mencampurkan potongan serai dan minyak jarak lalu aduk menjadi satu kemudian anda bisa sebarkan ke area yg sudah sering dikunjungi tikus.

Yakin deh mereka gak akan suka sama baunya, apalagi au serai yg gak enak banget bagi tikus.

12. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Botol Aqua
Saya sama suami pernah membuat perangkap dari botol aqua mengikuti petunjuk dari video youtube berikut ini:



13. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Ember
Selain pakai botol aqua, anda juga bisa gunakan ember yg sudah gak terpakai untuk membuat tikus anda tenggelam ke perangkap. Silahkan simak videonya berikut ini:

Videooooooone sematno

14. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Kotoran Kucing
Mungkin cara ini cukup ampuh tapi karena baunya yg juga tidak disukai sama orang – orang. Jadi mereka jarang melakukan cara ini untuk rumah mereka.

Jika anda masih ingin mencobanya bisa dilakukan di luar rumah saja. Misalnya di selokan depan rumah atau tempat sampah di belakang rumah anda, supaya rumah anda tidak terkontaminasi oleh baunya yg busuk.

15. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Kotoran Sapi
Sama seperti yg diatas, mungkin anda bisa meletakkannya juga di atas tanaman. Sambil dijadikan pupuk alami supaya tanaman anda tumbuh subur.

Kalau bisa tanaman dengan kotoran sapi tersebut letakkan pada pintu rumah, atau dapur supaya tikus menghindari rumah anda ketika mencium baunya langsung.

16. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Rambut Manusia
Rambut anda sering rontok atau anda kebetulan punya salon? Manfaatnya rambut anda, dengan menaruhnya pada tempat atau pintu – pintu tikus lewat.

Katanya sih dengan adanya rambut anda. Tikuspun akan ragu meneruskan perjalanannya karena mereka mencium keberadaan anda di sekitarnya.

Atau anda bisa letakkan di atas makanan, supaya tikus tidak sengaja menelan rambut anda sehingga dia mengalami yg namanya tersedak dan akhirnya nyawanya menghilang.

17. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Steel Wool
Steel wool sebutan bahasa inggris dari spon besi yg sering digunakan untuk kora – kora atau cuci piring. Serabut ini meskipun luwes dan mudah dibentuk, tapi seratnya sangat pas untuk menjebak si tikus.

Anda cukup menutup pintu atau celah – celah jalan tikus dengan steel wool agar tikus sengaja atau tidak sengaja akan terbulet sendiri dengan steel wool akhirnya diapun tidak bisa berkutik, dan anda bisa menangkapnya dengan mudah.

18. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Lem Tikus
Lem tikus sudah banyak dijual di pasaran. Anda bisa cari di toko terdekat.

Cara menerapkannya juga mudah. Tinggal pasang lem pada sebatang kayu, papan triplek atau secarik kertas lalu anda bisa letakkan pada ujung jalan tikus supaya kakinya bisa lekat dan gak akan lepas lagi. Kalau sudah kena, anda bisa buang tikus tersebut jauh jauh.

19. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Racun Tikus
Saya sebenarnya takut yg namanya racun soalnya kalau sampai salah makan sama si kucing peliharaan atau anak kita sendiri juga bahaya bagi mereka. Makanya saya lebih memilih cara lain daripada cara ini.

Namun jika anda lebih senang pakai cara racun tikus. Pastikan makanan yg sudah diberi racun ini diletakkan pada daerah aman, jangan letakkan di atas meja, dan anda juga perlu cuci tangan pakai saun supaya racun yg menempel pada jari jemari anda bisa hilang.

Letakkan makanan yg sudah diberi racun tikus di bawah meja, bisa juga di dapur dekat tempat sampah, ataupun bolongan yg sering digunakan untuk tempat masuknya ke rumah.

20. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Musik Ultrasonik
Musik atau alunan lagu juga dapat beraksi ke tikus jika nada – nada nyanyian tersebut punya gelombang ultrasonik yg memang sengaja dibuat untuk memecah gendang telinga tikus tapi aman untuk didengar manusia.

21. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Cengkeh
Anda punya cengkeh di rumah? Wah jangan dibuang kalau memang gak ada manfaatnya lagi karena cengkeh ini ternyata bisa mencegah tikus masuk ke rumah.

Anda cukup menaburkan beberapa cengkeh ke spot spot rawan tikus, sehingga tikus bisa menghindari area tersebut dan rumah anda bisa bersih dari hewan pengerat tersebut.

22. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Baking Soda
Baking soda yg biasanya dipakai untuk pembuatan kue, bisa anda gunakan untuk membunuh tikus.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan atau membubuhi baking soda ke dalam makanan pancingan tikus sehingga tikus bisa memakannya juga.

Dengan memakan baking soda, tikus dapat muntah dan perut penuh gas sehingga menyebabkan tikus gak enak badan lalu tepar karena gak ada yg membawanya ke rumah sakit. ;D

23. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Buah Mengkudu
Buah mengkudu yg terkenal rasa pahitnya membuat kita sering menolak untuk memakan buah ini. Padahal manfaat dari buah mengkudu yg bisa menyembuhkan berbagai penyakit tidak bisa diremehkan begitu saja.

Begitu pula dengan tikus, tikus tidak suka dengan buah ini baik dari aroma ataupun rasanya. Anda baiknya jika ada mengkudu di rumah bisa buat jus mengkudu lalu larutannya taruh pada area yg disukai tikus supaya si pengerat bisa menjauh.

24. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Buah Durian
Durian punya rasa yg enak pas untuk takjil berbuka sebagai sup durian dengan topping lezat. Selain itu kulit buah durian bisa untuk mengusir tikus lo.

Anda cukup tutupi pintu masuk tikus dengan kulit durian yg berduri supaya tikus bisa tertusuk dengan duri tajamnya dan begitu juga ketika si tikus mencium bau menyengat dari durian, dia pasti langsung kabur.

25. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Bedak Bayi
Punya bedak bayi? Pasti punya dong buat para ibu yg baru saja melahirkan.

Gak hanya buat bayi anda saja karena faktanya bau bedak bayi tidak disukai tikus. Jadi anda bisa taburkan bedak bayi pada area yg sering dikunjungi tikus sebagai alat pencegah pengusik makanan kita.

26. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Minyak Peppermint
Pernah mencium bau dari peppermint? Bau ini memang wangi makanya permen banyak membuat rasa peppermint.

Asal anda tahu, ternyata tikus tidak suka dengan bau seperti ini. Ini membuat keuntungan bagi kita karena kita bisa mengusirnya dengan minyak peppermint untuk disemprotkan ketika si nakal lewat.

27. Cara ampuh membasmi tikus di rumah dengan Minyak Kayu Putih
Bau khas minyak kayu putih yg menyegarkan dan menyehatkan tidak kalah bermanfaatnya dengan peppermint.

Anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai senjata ampuh dan semprotkan pada tikus yg anda benci supaya dia kepanasan dan pergi menjauh.

Mungkin sekian artikelyg berjudul 27 Cara ampuh membasmi tikus di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa subcribe. Komentar jika ada yg masih kurang paham. Share juga ke teman – teman anda yg membutuhkan. Terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar