Rabu, 02 Mei 2018

Filled Under: ,

Resep Cara Mudah Membuat Yoghurt Sendiri yg Enak dan Alami

Cara mudah membuat yogurt dengan bahan sederhana. Haloo iters, apa anda tahu tentang yogurt? Yogurt adalah sebuah susu yg sudah difermentasi oleh bakteri baik yaitu Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus.

Pembuatan yogurt sama seperti pembuatan tape atau tempe, prosesnya cuma tinggal menambahkan bakteri kemudian didiamkan selama 1 hari atau beberapa hari. Gampang banget yg penting anda harus simak caranya baik – baik tutorial Intan ya.

Buat anda penggemar yogurt daripada membelinya terus menerus dan membuat anda mengeluarkan kocek mahal, sebaiknya anda mulai beralih untuk membuat yogurt sendiri.


Dengan membuat sendiri, anda akan lebih terpuaskan dengan karya sendiri dan bisa mengontrol rasa yg diinginkan. Anda juga bisa tambahkan porsi sesuka anda. Jadi gak akan habis walaupun anda terus memakannya.

Yogurt memang bagus untuk pencernaan kita, terutama buat anda yg mengalami susah buang air besar, atau mengalami obesitas.

Mengkonsumsi yogurt secara rutin membantu anda melancarkan proses pencernaan sehingga anda bisa lancar buang air besar, berat badan berkurang, dan sehat selalu.

Untuk membuat Yogurt yg sehat anda hanya perlu melakukan beberapa persiapan yaitu salah satunya adalah bibit yogurt.

Anda dapat mendapat bibit yogurt di toko supermarket atau minimarket anda.

Bibit yogurt disini adalah beberapa merek produk yogurt segar yg nantinya akan kita campurkan dengan sejumlah susu agar nanti susunya bisa berubah menjadi yogurt juga. Misalnya Merek ternama seperti Cimory atau Yakult.

Dalam memilih bibit yogurt yg perlu anda lakukan adalah pilih yg baru saja diproduksi alias masa kadaluarsanya masih panjang, dan pilih kualitas rasanya yg enak, segar dan tingkat asamnya pas. Supaya hasilnya nanti juga bisa bagus dan lezat.

Pilih juga bibit yg pada kemasan yogurtnya ada tulisan ‘live culture’ yg artinya bakteri hidup masih bisa berkembang dan bisa difermentasikan lagi.

Selain itu anda juga harus memilih susu murni dalam pembuatan yogurt. Karena terkadang proses fermentasi akan gagal jika anda memilih pakai susu instan atau susu bubuk dan walaupun sukses hasilnya juga berbeda.

Untuk wadahnya, yg anda perlukan adalah wadah tertutup kedap udara. Jangan pakai wadah yg tidak ada tutupnya, atau toples dengan tutup yg berlubang – lubang.

Jika pun ada lubang, anda bisa mensiasati wadah tersebut agar kedap udara dengan menambalnya dengan solasi.

Okay, jika sudah siap semua. Kita sekarang bisa simak Resep Cara Mudah Membuat Yoghurt Sendiri yg Enak dan Alami di bawah ini. Cekidot.

Alat untuk membuat yogurt sehat dengan bahan sederhana:
- 1 buah gelas

- 1 buah panci

- 1 buah mangkok

- 1 buah wadah tertutup atau toples

- 1 buah alat pengaduk steril

- 1 buah kompor

- 1 buah serbet

- 1 buah kompor

Bahan untuk membuat yogurt sehat dengan bahan sederhana:
- 1 liter susu murni.

- 5 % bibit yogurt dari jumlah susu murni anda. Jika 1 liter dari susu murni maka yg dipakai bibitnya adalah kira kira 2 sendok makan produk yogurt.

Cara membuat yogurt sehat dengan bahan sederhana:
- Hidupkan kompor.

- Letakkan panci di atasnya.

- Isi dengan susu murni.

- Aduk dan didihkan susunya, jangan sampai dilepas nanti vitaminnya bisa rusak.

- Setelah mendidih, sisihkan dulu biarkan sampai hangat.

- Ambil bibit yogurt. Lalu masukkan ke dalam wadah susu, lalu aduk lagi sampai merata.

- Jika sudah selesai, anda bisa masukkan larutan tersebut ke dalam wadah tertutup dan tutup sampai rapat. Biarkan di suhu ruang.

- Tunggu proses fermentasi sampai 24 jam atau sehari.

- Setelah waktunya tiba, anda bisa incipi dahulu kalau memang rasa asamnya belum pas, bisa ditutup lagi dan tunggu beberapa jam lagi.

- Namun jika rasanya sudah pas, anda bisa aduk sampai rata sampai rasanya enak.

- Setelah mencapai rasa yg diinginkan, anda bisa masukkan ke kulkas atau langsung makan bersama buah yg anda sukai atau diolah lagi seperti yg anda mau.

Sekian artikel berjudul cara mudah membuat yogurt dengan bahan sederhana. Semoga bermanfaat dan silahkan share ke teman teman anda jika membutuhkan, anda juga bisa subcribe untuk berlangganan artikel dari Intan Tutorial.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar