Jumat, 05 Januari 2018

Filled Under:

5 Cara Tepat Memilih Jurusan Kuliah Agar Langsung Kerja

Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan - Memilih jurusan yang tepat sangat diperlukan bagi anda yang mau kuliah karena ada banyak sekali jurusan dan progam studi di universitas - universitas. Karena saking banyaknya mungkin anda juga bingung mau masuk kemana.



Mengapa saya bilang begini?? Karena jika anda salah jurusan atau jurusan anda tidak cocok dengan anda. Bisa-bisa belum lulus kuliah, anda bisa bosan duluan, atau berhenti duluan dengan alasan tertentu.

Bukan itu saja,jika anda tidak cocok dengan jurusan yang anda pilih di perkuliahan. Setelah lulus nanti ilmu anda tidak dipakai. 

Banyak lulusan seperti ini sekarang yang melamar pekerjaan tidak sesuai dengan bidangnya. Lantas buat apa ilmu yang sudah selama ini anda dapatkan? (Baca: Cara memasak oseng - oseng kecambah special)

Memang banyak pekerjaan yang bisa untuk umum, yang penting anda punya gelar S1 bisa diterima dengan baik diantaranya bagian administrasi, bagian hrd, pegawai bank, penulis dan lain-lain. 

Dan peluangnya tentu saja sangat ketat karena biasanya pesaingnya banyak karena mereka dari sarjana berbagai ilmu.

1. Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan: Sesuikan Bakat dan Minat

Nah jika anda ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, anda perlu memilih jurusan yang tepat menurut bakat dan minat anda. 

Misalnya jika bakat anda menggambar masuklah ke sekolah kesenian, disana anda akan diajari teknik-teknik menggambar agar bisa menjadi pelukis terkenal. (Baca: Cara cepat download video youtube dengan youtube go)

Untuk minat berarti anda bisa memilih sesuai dengan mata pelajaran yang anda sukai karena dengan mempelajari apa yang anda suka, maka tidak ada kata bosan, sehingga anda bisa menerima pelajaran dengan senang dan lancar.

Beda lagi kalau anda asal milih apalagi anda memilih apa yang anda tidak sukai dengan alasan paksaan orang tua atau peluang yang bagus untuk bekerja. 

Apa yang tidak anda sukai bisa menjadi momok karena jika anda tidak suka, otomatis pelajaran itu akan menjadi sulit dengan sendirinya. Untuk itu ubahlah pemikiran itu mulai dari sekarang.

2. Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan: Sesuaikan Kelemahan dan Kelebihan Anda

Pilih kelebihan anda dan pertimbangkan kekurangan anda. Dalam memilih jurusan ada kalanya 2 sudut pandang itu juga harus dipikirkan.

Pertama jika anda pandai menghitung, kenapa anda tidak mengambil jurusan matematika atau akuntansi saja? Supaya kelebihan anda bisa diasah dengan tajam menjadi suatu nilai yang bermanfaat untuk kerja nanti. (Baca: Cara Melacak Seseorang dengan Google Maps)

Sebaliknya jika anda mempunyai kelemahan dalam menghapal sesuatu, anda tidak harus menceburkan diri ke dalam jurusan bahasa karena di jurusan bahasa atau sastra, setiap hari anda akan menerima hapalan-hapalan kosakata baru untuk dicerna otak anda. Anda pikirkan dulu, apa anda kuat?

3. Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan: Hubungkan dengan Cita - Cita Anda 

Selain kelemahan dan kelebihan, anda juga perlu berpikir cita-cita yang anda inginkan sebenarnya. Jika anda ingin menjadi arsitektur, berarti anda perlu masuk jurusan arsitek atau teknik bangunan.

Anda ingin jadi dokter? Jangan takut masuk kesana asalkan ada kemauan pasti akan ada jalan. Anak nya orang tukang becak aja bisa masuk, masak anda tidak bisa? Kalau tidak ada uang bisa cari beasiswa, cari kerja sambilan dan menabung dulu.

Jika anda ingin membuka usaha dan menjadi pengusaha yang hebat anda bisa mengambil jurusan business. Supaya nantinya bisa menjadi bisnisman yang hebat. (Baca: Cara hubungi tim katakan putus transtv)

4. Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan: Utamakan Peluang  Kerja yang Bagus

Tapi selain faktor-faktor di atas, anda juga perlu memikirkan peluang kerja nanti. Misalnya pekerjaan apakah yang paling dibutuhkan setelah lulus nanti? Lowongan pekerjaan apa yang banyak membutuhkan lulusan sarjana yang prospeknya bagus?

Kalau bisa anda carilah pekerjaan yang membutuhkan banyak peluang tapi peminat atau lulusannya masih sedikit dengan begitu anda bisa setidaknya mendapat sedikit pesaing dan bisa cepat diterima kerja di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan. (Baca: Cara menambah kontak BBM dengan nomor telepon)

5. Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan: Jadikan Hobi sebagai Pekerjaan

Hobi bisa juga menjadikan ladang uang bagi anda. Asalkan hobi anda bisa menguntungkan bagi anda dan orang lain. Misalnya anda punya hobi maen komputer atau maen game anda bisa ikut program studi animasi atau design grafis supaya anda bisa membuat animasi game sendiri.

Misalkan anda punya hobi menulis, anda bisa nyambi ngeblog dan mengasah kemampuanmu di bidang jurnalistik atau bahasa. Anda bisa pilih bahasa International seperti bahasa Inggris atau yang lain.

Mungkin itu saja tips dari saya, bisa dipakai jika anda sependapat dengan saya. Bekerjalah mumpung anda masih muda. Semangat semangat semangat! (Baca juga: Cara melipat gandakan akun media social)

Semoga bermanfaat ya artikel tentang 
Cara Tepat Memilih Jurusan di Perkuliahan. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar