Jumat, 19 Januari 2018

Filled Under: ,

40 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Alami, dan Tidak Perih

40 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Alami, dan Tidak Perih - Sariawan memang suatu yang lazim dan kerap kali hinggap di mulut manusia. Tidak hanya sekali atau dua kali kita mengalami hal ini. Sariawan bisa muncul kembali ketika ada yang salah dengan mulut kita.

Penyebab sariawan sebenarnya banyak dan diantaranya cukup sepele. 

Sariawan bisa timbul saat organ dalam mulut kita terkelupas sehingga timbullah sebuah rasa sakit yang ditandai dengan benjolan kecil atau bulatan warna putih atau pink karena terkelupasnya kulit dalam bibir kita.

Rasa sakit itu karena beberapa keaadan diantaranya infeksi bakteri ketika kita tidak menjaga kebersihan mulut dengan baik. Bisa juga karena efek samping setelah melakukan perawatan kemotrapi atau pada penderita penyakit HIV.

Tapi yang paling sering dialami seseorang mungkin adalah ketidak sengajaan anda menggigit lidah atau bibir anda sendiri waktu mengunyah makanan sambil berbicara atau terlalu berbicara terlalu cepat yang mengakibatkan gesekan gigi dan lidah tidak teratur.

Makanya gak salah kalau orang tua kalian sering kali mengingatkan bahwa ketika makan jangan sambil ngomong. Dikunyah pelan-pelan supaya gampang dicerna juga tidak membuat anda sariawan.

Sariawan sebetulnya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu 2 minggu walaupun tidak diobati. Tapi karena kita sering merasa perih ketika sariawan jadi menunggu dengan tidak berusaha mengobatinya adalah suatu kesengsaraan.

Gimana gak sengsara?? Kalau kita yang sariawan cuma bisa gigit jari kalau lihat makanan enak dan gak bisa nikmatin rasanya makan kenyang. Yah wajar aja nggunyah aja susah, apalagi kalau kesentuh daerah sariawannya langsung perih seketika.

Untuk mempercepat kesembuhan sariawan yang anda derita, iters bisa pilih pilihan memakai obat-obatan alami atau obat yang bisa kita temukan di toko obat. 

Intan sih biasanya pakai obat minuman yang ada di toko seperti adem sari dan larutan penyegar rasa jeruk. Saya juga mengkonsumsi vitamin C agar sariawan bisa hilang dengan cepat.

Namun kalau anda tidak mau keluarkan uang untuk penyakit sariawan ini. Masih ada cara mudah dan sederhana untuk mengusirnya.

1. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Larutan garam

Siapa sih yang gak punya garam di rumahnya? semua orang pasti punya walaupun harga garam sekarang naik berkali-kali lipat. Garam memang selalu diperlukan dan dibutuhkan untuk memasak.


Tetapi sebenarnya garam adalah bahan dapur yang multi fungsi karena kegunaannya sangat bermanfaat bagi masak memasak dan kesehatan terutama dalam hal mengobati sariawan.

Di dalam kandungan garam memiliki sifat anti inflamasi yang sangat berguna untuk mengurangi sakit peradangan saat sariawan. 

Caranya juga cukup mudah, anda cuma perlu berkumur menggunakan larutan garam dengan mencampurkaan ½ sdt garam dan segelas air, lalu kumurlah selama 3-4 kali sehari. Mungkin awalnya sedikit perih, tapi ketika luka hilang anda akan merasa lega.

2. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Larutan baking soda

Anda kenal dengan baking soda? Yah anda yang  hobi membuat kue pastilah tahu yang namanya ini karena fungsinya sangat terkenal dalam mengemangkan sebuah kue menjadi cantik dan mekar.

Sama seperti garam ternyata baking soda juga dapat digunakan untuk mengobati sariawan. Baking soda mempunyai senyawa aktif yang mampu membunuh kuman dan bakteri pada bagian luka sariawan anda. 

Caranya cukup gampang hanya dengan mencampurkan 1 sdt baking soda dan ½ cangkir air hangat, lalu gunakan untuk kumur secara rutin. 

Jika anda tidak suka dengan perih. Ada baiknya anda memilih pilihan kedua daripada berkumur dengan garam. Toh keduanya punya fungsi yang sama.

3. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Sikat gigi dengan teratur

Sariawan yang anda alami bisa jadi karena bakteri yang sedang menyerang mulut anda. Untuk mengusir bakteri-bakteri pada gigi penyebab sariawan, anda dianjurkan untuk sikat gigi secara teratur. 

Sikat gigi yang baik adalah setelah makan, atau ketika mandi di pagi hari dan sebelum tidur supaya gigi anda bersih dari kuman, sariawanpun kabur.

4. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Gunakan benang gigi

Seperti yang saya bicarakan sebelumnya untuk hasil yang optimal anda harus rajin menyikat gigi. Selain itu anda juga bisa pakai benang gigi supaya tidak ada sisa makanan yang lekat di gigi anda. Karena makanan yang lekat tersebut biasanya akan menjadi sarang bakteri pemicu timbulnya sariawan.

5. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Magnesium hidroksida cair

Magnesium hidroksida atau Mg(OH)2 adalah obat umum yang berfungsi untuk mengatasi masalah konstipasi atau sembelit, sakit maag, serta gejala-gejala lain. 

Namun obat ini juga bisa digunakan untuk penyakit sariawan karen zat di dalamnya bisa mematikan bakteri dalam mulut. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mengoleskan sedikit magnesium hidroksida cair ke sariawan beberapa kali sehari sampai sembuh.

Mungkin anda banyak yang bertanya-tanya obat apakah ini?? Namanya mungkin tidak familiar tapi ternyata magnesium hidroksida adalah larutan obat maag yang sering kita konsumsi seperti Mylanta cair.

6. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Hindari makanan asam dan pedas

Sariawan memang perih kalau anda buat makan, tapi bukan berarti anda tidak makan. Makan itu wajib karena makan merupakan sumber energi untuk tubuh manusia. 

Ketika makan anda cukup hindari memakan makanan pedas atau asam karena dapat menyebabkan iritasi pada daerah luka dan sakitnya tambah perih.

7. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Campuran baking soda dan garam

Perpaduan kedua bahan alami ini sangat pas sekali untuk menyembuhkan sariawan di mulut anda karena kedua fungsinya yang bisa melengkapi untuk senjata ampuh menghilangkan sariawan.

Untuk menggunakannya anda cukup pakai tips ini:
  • Ambil garam dan baking soda sedikit saja lalu campurkan.
  • Tuang air panas ke dalam campuran tersebut, aduk-aduk hingga menjadi adonan berbentuk krim kental.
  • Oleskan krim baking soda dan garam tersebut ke seluruh area luka sariawan anda selama 10 menit sesudah sikat gigi.
  • Lakukan rutin minimal satu kali sehari untuk hasil yang memuaskan.
8. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Es batu

Punya kulkas di rumah? Gak perlu susah susah untuk nyembuhin sariawan. Anda cukup membuat es batu kotak kecil di dalam freezer anda. 

Kemudian letakkan bongkahan kecil es batu tadi di area sariawan hingga meleleh. Pastikan lakukan cara ini dipakai secara konsisten setiap hari hingga sariawan anda hilang dengan sendirinya.

9. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Minum banyak air putih

Satu hal dari sekian banyak cara mengobati sariawan ialah dengan meminum banyak air putih. Air putih adalah air yang kaya akan manfaat. 

Salah satunya sebagai penyembuh sariawan alami paling mudah. Cukup jangan biarkan mulut anda kering karena dehidrasi. Minumlah minimum 8 gelas sehari supaya sariawan anda cepat hilang.

10.  Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Konsumsi air kelapa

Saya paling suka minum es degan ketika sariawan karena katanya air kelapa muda memiliki zat yang mampu mengatasi panas dalam dan sariawan.

Zat elektrolit yang terkandung di dalamnya juga bisa mencegah adanya kekurangan cairan tubuh, melepaskan dahaga serta mengatasi rasa lemas.

11. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Buah pisang

Buah berwarna kuning ini bisa menjadi obat sariawan di lidah. Untuk lebih ampuh anda bisa mencampur pisang dengan madu untuk ramuan mujarab mengatasi sariawan di mulut, khususnya luka pada daerah lidah.

Cara membuat obat sariawan dari madu dan pisang:

- Lembutkan buah pisang matang secukupnya, lalu campurkan dengan sedikit madu hingga menjadi adonan pasta.

- Oleskan adonan tersebut ke seluruh bagian luka sariawan secara merata.

- Diamkan sementara selama 10 menit agar meresap ke akar masalahnya. 

- Untuk menghilangkan sisa adonan tadi, cukup kumur-kumur dengan air bersih.

12. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Buah jambu biji

Buah jambu terkenal akan sumber vitamin C yang banyak, bahkan vitamin C dalam jambu lebih banyak daripada vitamin C dalam jeruk. Walaupun rasanya gak sekecut jeruk tapi manfaatnya lebih banyak.

Seperti meninggikan trombosit dalam darah untuk penderita demam berdarah dan manfaat tersembunyi ternyata buah berbiji ini juga bisa menyembuhkan sariawan anda.

Dengan konsumsi buah jambu secara rutin, maka sariawan yang anda derita akan sembuh sendirinya dalam beberapa hari saja.

Namun jika pohon jambu anda tidak berbuah dan belum panen. Anda bisa pakai daun jambu bijinya yang masih muda. Daun ini mengandung senyawa anti bakteri yang berfungsi melawan kuman dan bakteri penyebab sariawan.

13. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Buah jeruk

Sudah bukan rahasia lagi bahwa penderita sariawan sebaiknya perbanyak makan buah jeruk yang mengandung vitamin C yang mencukupi untuk tubuh. 

Walaupun tidak sebanyak jambu biji,  kandungan vitamin C pada jeruk masih bisa digunakan untuk obat alami penghilang sariawan di bibir, lidah, maupun dinding mulut yang perih.

14. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Konsumsi makanan lunak


Supaya anda bisa makan dengan normal, anda perlu trick supaya tetap bisa makan enak. Jadi gak perlu puasa walaupun lagi sariawan ya guys.

Tricknya,  sebelum anda makan lebih baik olah dulu makanan yang iingin anda makan menjadi potongan kecil-kecil, digiling dulu atau diulek agarlebih lembut dari biasanya.

Misalnya anda ingin memakan daging, lebih baik hindari makan steak tapi anda tetap bisa makan daging giling olahan yang sudah dicincang atau bakso yang teksturnya sudah empuk.

15. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Hindari makanan yang mengikis mulut

Hindari juga makanan asin dengan tekstur keras dan tajam supaya luka anda tidak bertambah parah seperti, cokelat batang, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat mengikis mulut.

Minuman juga perlu anda jaga. Saat sariawan anda hendaknya menghindari minuman bersoda atau alkohol, kopi, minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.

16. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Berkumurlah dengan antiseptik

Setelah sikat gigi dan menggunakan benang gigi anda juga lebih baik berkumur dengan mouthwash atau obat kumur. Dalam memilih obat kumur sebaiknya anda pilih obat  kumur yang tidak mengandung alkohol agar sariawan anda tidak perih.

17. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Yogurt

Yoghurt merupakan produk susu yang sudah terfermentasi. Minuman ini memiliki kandungan bakteri baik yang cukup tinggi. Selain bermanfaat bagi pencernaan, kandungan bakteri baik pada minuman tersebut juga bermanfaat mempercepat proses penyembuhan sariawan.

18. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Bawang putih

Saya sudah menjelaskan manfaat bawang putih untuk cara cepat mengobati sakit gigi yang disertai migrain. Dan sekarang ternyata bumbu dapur yang satu ini bermanfaat juga untuk mengobati sariawan secara alami. 

Hal ini karena kandungan senyawa abrasif yang ada pada bawang putih mampu mengusir semua bakteri pada bagian ulkus atau luka di daerah sariawan.

19. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Tidak menyentuh area luka


Saat kita sariawan, mungkin kita sangat penasaran dimanakah letak nyerinya. Terkadang secara tidak sengaja kita juga menyentuh area tersebut saat mengaca. 

Namun sebaiknya anda mengerti dan jangan sembarang menyentuh sariawan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar. Apalagi kalau tangan yang anda gunakan masih kotor dan banyak kuman.

20. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Pepaya mentah


Pepaya mentah selain dibuat rujak manis, pepaya juga mengandung senyawa antiseptik cukup tinggi. kandungan ini dapat membunuh kuman pada bagian sariawan. 

Untuk menggunakannya anda cukup haluskan pepaya mentah dan tempelkan dalam area luka semenit saja jangan lama-lama sebab getahnya bisa mengakibatkan munculnya karang gigi pada gigi anda.

21. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Minyak kelapa

Tidak hanya air kelapa, anda pun bisa juga menggunakan minyak kelapa. Minyak ini terkenal dengan kandungan anti bakterialnya yang dapat membunuh kuman penyebab sariawan. 

Penerapannya harus dicampur sedikit madu, lalu oleskan pada area sariawan agar penyakit yang satu ini tidak akan mengganggu aktivitas anda lagi.

Kandungan senyawa anti bakter dan anti inflamasinya dipercaya sangat manjur untuk mengatasi masalah sariawan yang kita derita.

22. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Kunyit


Mengobati sariawan dengan kunyit cukup simple dengan menghaluskan kunyit secukupnya, bisa diuleg atau diblender. Setelah itu campurkan dengan air hangat sampai membentuk ramuan. Terakhir, anda bisa oleskan pasta kunyit tadi keseluruh bagian luka sariawan.

23. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Pakai sedotan

Untuk memudahkan anda minum ketika sariawan. Ketika mulut benar-benar terasa sakit, bisa gunakan sedotan supaya minuman tidak langsung mengenai area luka anda terutama pada bibir yang terkena sariawan.

24. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Belimbing wuluh


Belimbing wuluh terkenal dengan rasa asam dan kecutnya yang menggila. Rasa ini terpicu karena senyawa zat asam yang tinggi akan vitamin C. 

Rasa masam tersebut terbukti cukup efektif membunuh bakteri yang ada di mulut. Cara menyembuhkan sariawan pakai belimbing wuluh cukup dengan menempelkan atau mengunyah buah tersebut dalam waktu 5 menit saja. 

25. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Makan makanan yg kaya vitamin C, B dan zat besi

Stomatitis Aftosaatau sering disebut dengan sariawan, bisa disembuhkan dengan makanan yang kaya vitamin C, B dan zat besi. Seperti berikut ini:

Vitamin C: Jeruk, paprika, kiwi, berry, nanas, melon, dan lain-lain.

Vitamin B: Sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, dan kubis, kedelai, biji-bijian, ikan, telur, susu, gandum, dan kacang -kacangan.

Zat  besi: daging merah, ikan, kuning telur, bayam, daun singkong, kankung, dan sawi mengandung zat besi yang banyak. 100 gram kacang kedelai mengandung 10 mg zat besi. Sedangkan dalam 100 gram kacang polong mengandung 7,5 zat besi.

26. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Madu

Penelitian dari Saudi Arabia University terhadap 94 partisipan menemukan hasil yang mengejutkan.

Penelitian tersebut membuktikan madu dapat menurunkan rasa sakit yang timbul serta menghilangkan sariawan yang muncul setelah partisipan mengoleskan madu di atas sariawan mereka selama empat hari. 

Hal ini diyakini terjadi karena adanya kemampuan anti peradangan dan anti bakteri yang dimiliki oleh madu.

27. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Kantung teh bekas

Menempelkan kantung teh bekas selama kira-kira lima menit pada daerah sariawan anda dipercaya mampu membantu mengurangi rasa sakit yang anda rasakan. 

Ini karena teh merupakan suatu zat basa yang bisa menetralisir keberadaan asam yang mampu memperburuk rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Selain sariawan, benda ini juga menjadi cara ampuh menghilangkan mata panda.

28. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Kopi Bubuk

Ambillah sedikit bubuk kopi lalu taburkan ke atas bagian yang terkena sariawan, biarkanlah selama berapa menit, lalu berkumurlah dengan air bersih untuk menghilangkan ampasnya. 

Pakailah sampai mulut anda pulih. Kopi bubuk bisa mengurangi rasa sakit anda selama lebih kurang 2 sampai 3 hari.

29. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Basuh mulut dengan obat tradisional

Basuh mulut dengan satu diantara dari berapa obat tradisional yang beredar di pasaran atau tanaman herbal anda sendiri, seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, juice plum, tea tree oil yang dilarutkan dengan air garam kemuduan jadikan obat kumur secara rutin.

30. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Tomat

Buah tomat kaya dengan Vitamin A dan vitamin C sangat manjur untuk dijadikan obat pengusir sariawan. Untuk anda yang suka makan tomat mentah bisa jadi nilai tambah penyembuh sariawan.

Anda bisa gigit langsung buah merah yang satu ini dan gunakan blender untuk menjadikannya jus. Supaya tidak pahit anda juga isa menambahkan gula sedikit saja dan konsumsi secara rutin.

31. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Temulawak

Temulawak adalah bahan yang sering digunakan pada ramuan jamu tradisional, terutama untuk jamu penambah nafsu makan. Tapi ternyata rimpang ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati sariawan. 

Untuk obat anda perlu meracik satu buah rimpang temulawak yang sudah dikupas dan dicuci bersih, iris tipis, campurkan dengan satu buah asam jawa dan sedikit gula aren. 

Rebus dengan 2 gelas sampai airnya menyusut setengahnya. Saring dan minum 2 kali sehari sabagai jamu penghilang sariawan.

32. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Kaki kuda, pegagan, antanan

Ketiga nama tersebut merujuk pada jenis tanaman yang sama dan dapat digunakan untuk ramuan pengobat sariawan. Sediakan satu genggam daun taman kering, kemudian rebus selama 15 menit dan airnya minum secara rutin. 

Selain ampuh mengatasi sariawan, ramuan tradisional ini juga berkhasiat untuk obat disentri, sakit perut, radang usus, batuk dan peluruh air seni.Wow banyak banget khan iters manfaatnya.

33. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Temu kunci

Untuk membuat jamu dari temu kunci cukup siapkan rimpang temu kunci secukupnya, lalu kupas dan cuci bersih, potong kecil-kecil kemudian dikunyah-kunyah dan telan. Walaupun cukup pahit khasiatnya sangat manjur untuk menghilangkan sariawan.

Bentuk temu kunci agak berbeda dari rimpang lainnya seperti temulawak, jahe, lengkuas, dan lain sebagainya. Jika anda lihat secara seksama rimpang ini lebih mirip wortel yang tumbuhnya vertikal ke bawah.

34. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Delima putih

Buah delima secara umum mempunyai dua jenis warna, yaitu delima putih dan delima merah. Delima putih bisa digunakan sebagai obat untuk sariawan. 

Caranya pun mudah dengan mengambil 2 buah delima putih kemudian ambil bijinya lalu tumbuk hingga halus. Rendam dalam segelas air selama 2 hari, gunakan untuk berkumur supaya kuman penyebab sariawan bisa musnah seketika.

35. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Kembang sepatu

Bunga sepatu ini selain bentuknya yang indah dan merah merona ternyata bisa juga untuk obat alami sariawan. 

Untuk menjadikan  bunga ini obat, anda cukup merebus daun dan bunga sepatunya ke dalam air mendidih selama 15 menit. Lalu saring ke dalam gelas. Setelah itu anda bisa meminumnya secara rutin untuk hasil yang maksimal.

36. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Daun sirih hijau

Daun sirih mempunyai banyak manfaat. Diantaranya mengusir sariawan yang menempel di mulut secara perlahan. 

Siapkan dua lembar daun sirih hijau, bersihkan dengan air lalu kunyah hingga sari-sarinya meresap di mulut anda. Biarkan sebentar lalu buang. Mirip seperti orang tua dulu yang suka nyirih untuk  memperkuat gigi secara alami.

37. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Mentimun

Mentimun sangat populer di kalangan wanita karena enak untuk rujak dan sering digunakan sebagai masker wajah. Namun anda perlu tahu juga bahwa mentimun berfungsi dalam kesehatan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menyembuhkan sariawan. 

Anda bisa minum jus timun segar untuk menghilangkan sariawan di mulut anda, atau anda bisa kunyah timun satu buah secara rutin agar sariawan cepat menghilang.

38. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Tanaman adas

Siapa yang menyangka kalau tanamn adas juga bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional penghilang sariawan. Tanaman berwarna kuning cantik ini bisa menyelamatkan kita dari keperihan sariawan.

Cara membuat ramuannya adalah siapkan 1 sendok teh adas, 1 cangkir daun beluntas, 2 biji kapulaga, kemudian semua haluskan dengan belender. 

Beri sedikit garam lalu campur dengan segelas air panas. Setelah dingin airnya diminum, minumnya sambil didiamkan sementara seperti berkumur. Air herbal tadi juga harus membasahi bagian mulut yang terkena sariawan supaya kena dan bisa sembuh.

39. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Asam jawa

Obat sariawan ke 39 adalah daun asam jawa dan kunyit. Keduanya harus direbus dengan 4 gelas air, tunggu hingga air surut sampai tersisa setengahnya. 

Untuk meminumnya anda bisa tambahkan gula pasir. Pastikan ramuan ini diminum 2 kali sehari tiap pagi dan sore hari setelah makan. Lakukan secara konsisten biar cepat sembuh.

40. Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat dan Alami: Pergi ke dokter

Penyakit sariawan anda tidak kunjung sembuh bahkan sampai 2 minggu lebih. Apalagi sariawan anda makin merah dan meradang sampai luas.

Anda perlu curiga dan khawatir dengan hal ini dan tentu saja obat tidaklah cukup, anda harus segera periksa ke dokter. Mungkin anda terkena penyakit lain selain sariawan.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang 40 Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Alami, dan Tidak Perih. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

1 komentar:

  1. Terimakasih, tips ini sangat bermanfaat bagi saya, karena kebetulan sudah seminggu saya terkena sariawan, rasanya sangat mengganggu sekali!

    BalasHapus