Sabtu, 27 Januari 2018

Filled Under: ,

7 Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna

Bulan memang indah dipandang dengan mata tapi meskipun begitu tidak segalanya yang indah bisa ditangkap dengan kamera hp. (Baca juga:  Cara aman melihat gerhana bulan 31 januari 2018)

Namun karena gerhana bulan total yang terjadi nanti sangat langka sekali bahkan yang terakhir katanya 145 tahun silam, saat kita belum dilahirkan.

Seringkali kita mencoba memotret bulan secara tiba-tiba dan ternyata gambarnya tidak sesuai dengan yang diharapkan. Gambar hasilnya cuma bulat kecil, kaya foto bola bekel di langit gitu.

Padahal jika dilihat dengan mata memang gambar bulan bisa sempurna, ada sedikit lubang dan tekstur berwarna hitam pada permukaan bulan. Namun hal ini tidak tampak di dalam hp kamera kita.

Hal tersebut memang sangat wajar karena jarak bulan dan bumi begitu jauhnya sekitar 360.000 kilometer. Walaupun bentuknya besar lebih dari besarnya bola anda, tetap saja kamera tidak bisa menangkap sempurna benda yang berjarak sangat jauh.

Walaupun di Hp anda mempunya kamera dengan fitur bagus, seperti zoom dan focal length. Tetap saja fitur tersebut belum mampu menangkap benda jauh seperti bulan. Benda yang berjarak 1 km aja dari kamera hp anda, apa masih bisa terlihat jelas dengan zoom??

Hmm.. ternyata memotret bulan tidak semudah yang dikira ya iters.

Walaupun tidak mudah, masih ada cara yang bisa anda lakukan untuk memotret Gerhana Bulan 31 Januari 2018 dengan kamera ponsel agar terlihat keren dan sempurna. Cekidot...


1. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Tentukan Lokasi yang Tepat untuk Gerhana Bulan

Bulan akan terlihat berukuran lebih besar saat masih berada di dekat cakrawala. Jadi cobalah memilih sudut pandang yang memungkinkan, seperti memotret Bulan saat baru terbit, yang selalu terjadi saat Matahari terbenam. 


Anda bisa pilih area pantai atau di puncak gunung untuk mendapatkan pemandangan yang indah serta gambar bulan yang besar. Anda bisa juga ajak sang kekasih untuk sama-sama menikmati peristiwa yang langkah dan indah ini.

2. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Gunakan Tripod dan Tempat Tinggi

Perlengkapan yang tidak kalah penting untuk mengabadikan momen special Gerhana Bulan ini adalah tripod. Tripod fungsinya mengurangi jarak pandang antara bulan daripada anda langsung memotretnya dengan tangan. 

Dengan Tripod anda juga dapat menstabilkan kamera anda daripada memegangnya dengat tangan yang dapat bergetar dan bergerak. Hidupkan juga vibration reduction atau image stabilization untuk menghindari gambar blur. 

Selain pakai Tripod anda bisa naik ke tempat tinggi agar Jarak Bulan semakin dekat dan lebih besar. Misalnya mengambil foto gerhana bulan di puncak gedung tertinggi di kotamu, di puncak gunung tertinggi, atau kalau mau anda bisa naik pohon kelapa. Hehe.

3. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Memakai Pengaturan Kamera yg Benar

Pengaturan yang terbaik untuk menangkap cahaya bulan adalah white balance daylight.

Ingalls salah satu pemenang kontes fotografi Bulan menyarankan anda lebih baik pergi ke daerah perkotaan dengan latar depan menyala.

"Setelah berada di sana, ketuk layar, dan tahan jari anda pada objek (dalam hal ini, bulan) untuk mengunci fokus. Kemudian, geser jari ke atas atau bawah untuk menggelapkan atau meringankan eksposur," kata dia seperti dilansir Space.com

Kamu bisa memilih exposure foto lebih terang untuk mendapatkan hasil gambar yang jelas. 

4. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Tambahkan Latar Foto yang Menarik

Memotret bulan juga lebih keren ketika kita menambahkan sesuatu yang indah dan populer di dalamnya. Untuk menghasilkan foto pemandangan gerhana sempurna, anda bisa memasukkan landmark kota atau bangunan tinggi di foto tersebut.

5. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Pose dengan Bulan

Fenomena special ini bisa anda buat lebih terlihat hidup dengan menghadirkan seseorang di dalamnya. Anda bisa berfoto dengan bulan sebagai pendampingnya. 


Anda juga bisa melakukan atraksi menarik seperti seolah - olah memegang bulan, tangan membentuk tanda peace, dan bibir dimanyunin ala wanita jaman now. Jangan lupa makeup dulu supaya terlihat lebih kece.

Fenomena gerhana bulan total akhir januari nanti juga bisa menjadi kesempatan sempurna untuk memperkenalkan anak-anak pada dunia astronomi.

6. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Memakai Teleskop / Alat Tambahan untuk Penjelas Objek

Foto Bulan yang bagus setidaknya anda memakai lensa tambahan bernama lensa tele, yang focal lengthnya sampai 300mm. Sebagai perbandingan, focal length kamera ponsel anda hanya berkisar 20mm. Harga onlinenya sekitar 900.000 sampai jutaan rupiah. 

Ada pula yang dikenal dengan sebutan fotografi afocal, yakni pengambilan foto dengan kamera ponsel menggunakan lensa eyepiece teleskop. Dengan kata lain, kamera ponsel anda diarahkan ke teleskop, menjadikan teleskop sebagai lensa tele agar gambar gerhana bulan tampak jelas.

Anda juga membutuhkan adapter khusus ponsel. Adapter akan sangat meningkatkan hasil foto Bulan dengan kamera ponsel Anda. Adapter membantu memusatkan objek ke layar pandang kamera ponsel, memudahkan pengaturan kamera yang pas, serta memastikan fokus dan pencahayaan yang tepat.

Cukup pasang juga muda anda tinggal pasang ponsel Anda pada adapter, lalu pasang juga adapternya ke lensa eyepiece teleskop. Gunakan pula eksposur panjang atau dengan ISO yang paling rendah (misalnya ISO 100).

7. Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna: Tempat untuk Foto Harus Terang

Walaupun banyak orang yang menyarankan ke tempat redup atau gelap agar gerhana bulan terlihat cantik dan indah. Bukan berarti kita memotretnya di tempat gelap juga.

Pernahkah anda memotret seseorang atau benda di tempat gelap? Apa anda mendapatkan hasil foto yang jelas dan menawan? Pasti jawabannya tidak. Yah karena kamera handphone kita terlihat bagus jika digunakan di tempat terang.

Untuk  itu untuk memotret gerhana Bulan juga diperlukan pencahayaan yang pas dan terang. 

Fotografer pemenang kontes bulan saja menggunakan lampu merah dari headlamp yang dipakainya untuk menerangi hutan saat pemotretan bulan menggunakan lensa panjang antara pohon-pohon.

Anda bisa menggunakan smartphone untuk memotret dan pastikan juga anda membawa lampu untuk memberi sedikit cahaya pada kamera jika anda mengambilnya dii wilayah pedesaan, hutan atau di tempat gelap lainnya.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang Cara Memotret Gerhana Bulan Dengan Kamera Ponsel Agar Terlihat Keren dan Sempurna. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar