Rabu, 03 Januari 2018

Filled Under:

11 Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua

Berapapun banyaknya gaji anda, saya yakin hanya beberapa dari anda yang bisa makan enak dihari tua alias tanggal tua. Bahkan belum tanggal tua, uang gaji anda sering habis duluan. Benar apa gak hayoo??


Saya juga pernah mengalamin hal tersebut. Rasanya kalau gaji udah UMR tetap saja bisa habis cepat begitu saja. Hal ini karena kita tidak bisa mengontrol pengeluaran menggunakan uang. Kalau anda boros begitu mana mungkinlah bisa bertahan lama.

Kalau sudah begini, mau tidak mau di tanggal tua anda hanya bisa makan seadanya, kadang juga puasa kalau gak ada yang dimakan, paling kepepet pasti anda akan pinjam uang teman atau utang bu kantin untuk makan.

Untuk itu hari ini Intan akan memberikan solusi agar setidaknya anda tetap bisa makan enak di tanggal tua. (Baca: Cara kembalikan chat yang terhapus di Whatsap)

1. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Perbanyak makan di rumah dibandingkan makan di luar

Kalau anda bisa bandingkan pengeluaran makan di rumah akan lebih irit dibandingkan pengeluaran makan di restoran atau warung makan. (Baca: Cara unik menghindari pencopet di keramaian)

Sekarang coba kita bandingkan satu-satu mulai dari harga minuman. Kita bisa beli minum di luar sana misalnya es teh, es jeruk, es kopi, dengan harga kisaran 2000 sampai 4000 rupiah padahal kalau kita membuat minum sendiri hanya dengan beli teh 2000 bisa berulang kali membuat es teh 6 - 10 kali.

Sedangkan makanan misalnya sepiring nasi pecel dengan ikan tempe atau tahu seharga 5000. Ingat ya nasi pecel hanya untuk 1 kali makan. Kalau beli 3 kali berarti 15.000 rupiah.

Jika kita membuat pecel sendiri beli sayur 2 macam aja 3000 rupiah, bumbu pecelnya 3500. Harganya 6500 tapi sayur ini bisa untuk makan 3x seharian di rumah.

2. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Perbanyak makan sayur dibandingkan makan daging

Sayur sangatlah enak di makan dan banyak serat yang terkandung di dalamnya. Baik juga untuk melancarkan pencernaan. Keuntungannya lagi nih harga sayur lebih murah dibandingkan daging. (Baca: Cara memilih warna rambut sesuai model rambut anda)

So anda juga bisa sekalian berhemat dibandingkan makan daging yang bisa cepat menguras kantong anda. Makan daging saat ingin saja gak perlu setiap hari. Dengan begitu anda masih bisa menyisakan untuk makan enak di tanggal tua.

3. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Beli bahan makanan untuk tanggal tua

Supaya tanggal tua bisa makan, anda bisa membeli makanan untuk disimpan dan dimakan kembali saat tanggal tua. Belilah makanan yang tahan lama dan tidak basi walaupun disimpan dalam waktu 4 minggu ke depan. (Baca: Cara keren berhijab dengan topi dengan gaya kekinian)

Misalnya ikan sarden, abon sapi, bumbu pecel, petis, keju, sambel sachet, saos, mayounais, roti, kecap, bawang goreng dan paling favorit mi instan dalam berbagai varian rasa supaya ga bosen. Rasa ayam bawang, rendang, sambal matah, kare dan banyak lagi.

4. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Sisihkan uang dulu

Dengan menyisihkan uang dan memilahnya dari kebutuhan anda yang lain. Maka anda bisa terselamatkan dari rasa lapar di tanggal tua. (Baca: Cara dapat 10 dolar per hari dari adf.ly)

Sisihkan uang untuk belanja, misalnya 10.000 per hari, berarti anda harus menyisihkan uang 20.000 x 30 jadi 600.000 saja dari gaji anda. Sisanya anda bisa belanjakan untuk yang lain. 

Bisa digunakan untuk shopping baju, jalan-jalan sama teman atau anda gunakan bersama pacar anda. Asal jangan melebihi batas yang anda tentukan sendiri.


5. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Minimalkan pembelian barang secara kredit

Membeli barang secara kredit memang memudahkan anda untuk membayarnya karena bisa dicicil dengan harga murah. Namun jika anda hobinya kredit sana sini membuat uang gaji anda habis duluan karena kepotong uang cicilan belanja anda. (Baca: Uniknya cara terbentuknya awan payudara)

Apalagi kalau sebulan anda selalu mempunyai cicilan kredit barang yang banyak. Misalnya cicilan kredit rumah, cicilan kredit mobil, cicilan kredit kulkas dan lain-lain membuat anda boros sehingga uang gaji secara tunai juga amblas sebelum mencapai tanggal tua.

Untuk menghindari hal ini anda bisa meminimalisir pembelian barang secara cicilan. Mending dibayar lunas tapi kemudian anda bebas tidak ada beban di bulan-bulan selanjutnya. Gaji anda juga tidak akan terpotong banyak dan masih cukup untuk makan enak di tanggal tua.

6. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Makan di rumah orang tua atau saudara

Satu solusi lagi yang paling ampuk ketika anda kehabisan uang di akhir bulan tapi masih ingin makan enak. Anda bisa sekedar main sekalius silahturahmi ke sanak saudara dan orang tua. Pasti deh anda ditawari makan enak oleh mereka. Apalagi kalau rumahnya dekat, bisa langsung cap cus kalau kelaperan. Hehehe.

7. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Koleksi kupon makan

Anda pasti pernah mengunjungi restoran atau tempat makan dan salah satunya ada tempat yang suka memberikan kupon makan gratis. (Baca: Cara mudah cek hp sony sebelum membeli)

Yap biasanya saya menemukan cafe yang memberikan kupon setelah membeli makanan dengan harga minimum. Atau get free coupon dengan membeli 2 paket hemat.

Untuk mendapakan kupon memang gak mudah dan harus membeli dengan uang ekstra, tapi anda bisa mengakalinya dengan mengajak teman-teman anda untuk membeli supaya nanti bayarnya bisa disatukan menjadi kupon gratis. 

Nah kalau udah dapet, anda dan teman anda bisa menggunakan kupon makan secara bersama-sama.

8. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Hunting promo makanan

Promo biasanya dilakukan ketika ada event-event, atau ada kuis dari beberapa restaurant, promo juga sering dilakukan ketika ada pembukaan restoran baru. 

Memang gak mudah mencari promo, tapi anda bisa mencarinya di social media dan menfollow restauran- restauran favorit anda supaya mendapatkan kabar promo - promo terbaru mereka. 

Lumayan kalau dapet promo di tanggal tua bisa mengganjal perut. Saya juga kemaren jalan-jalan ke tunjungan plasa dan ternyata nemu promo makanan seharga 40 ribu dan di diskon menjadi hanya 10 ribu rupiah.

Untuk mendapatkan promo anda juga harus rela antri berdesak-desakan, dan pastikan anda tepat waktu kalau bisa datang lebih awal waktu supaya gak kehabisan stock.

9. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Ikut hajatan teman 

Teman anda punya hajat seperti acara perpisahan, acara ulang tahun dan acara pernikahan? Ini kesempatan emas untuk anda makan enak di tanggal tua. Yang perlu anda lakukan hanya datang di jamuan acara mereka.

Jika anda tidak punya uang untuk buwuh, anda bisa memberikan hadiah saja yang bukan berupa uang. Anda bisa berikan hadiah barangmu yang sudah tidak terpakai lagi, misalnya jam tangan, gelas, dan lain-lain. Yah anggap saja barteran gitu. Hehe

10. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Ikut membantu di acara - acara 

Selain menghadiri acara hajatan, anda juga bisa berpartisipasi menawarkan bantuan di acara-acara tersebut. Anda bisa menawarkan bantuan tenaga seperti mengangkat kursi, merapikan  tempat acara atau membantu memasak.

Dengan begitu si pemilik acara akan berterima kasih kepada anda dan andapun akan diberi sedikit komisi dan makanan enak secara cuma-cuma.

11. Cara Mudah Makan Makanan Enak di Tanggal Tua: Beli makanan enak dengan patungan

Satu lagi jurus pamungkas supaya anda bisa makan enak. Salah satunya adalah kumpulkan teman-teman anda dan kemudian ajak mereka patungan untuk membeli makanan enak. 

Dijamin deh makan dengan patungan akan meringankan kantong anda, selain itu juga seru karena bisa dilakukan bersama-sama. Perut juga kenyang, anda pun senang. :D


Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar