Rabu, 07 Maret 2018

Filled Under: ,

Cara Memilih Takjil Sehat Untuk Buka Puasa Menurut Pakar Gizi

Cara Memilih Takjil Sehat Untuk Buka Puasa Menurut Pakar Gizi - Puasa adalah kewajiban umat muslim di dunia ini. Kita sebagai umat beriman harus menahan lapar dan dahaga mulai adzan subuh sampai adzan maghrib berkumandang.


Waktu selama itu memberikan efek pada tubuh kita. Yg pasti tubuh kita bisa istrahat terutama dari yg namanya memasukkan makanan terus menerus pada badan, bukan hanya itu tapi kita juga diharuskan untuk mengontrol hawa nafsu.

Tahukah anda ketika tubuh tidak terasupi makanan dan minuman selama 14 jam menyebabkan kadar gula menurun dan dehidrasi. Kadar gula yg menurun membuat orang – orang mengasumsi bahwa berbuka harus dengan yg manis – manis.

Padahal tidak semua makanan manis sehat dan baik untuk tubuh kita. Dokter Samuel Oetoro, SpGK seorang Ahli gizi menyatakan pendapatnya bahwa berbuka puasa dengan yg manis – manis tidak selalu sehat.

Berbuka sehat itu bukan selalu dikaitkan dengan makan takjil kolak, kelapa muda ditambah sirup atau susu, es cendol, itu semua salah besar. Memang konsumsi seperti itu tidak masalah, asalkan tidak sering dan tidak dikonsumsi setiap hari.

Beliau menyarankan berbuka puasa yg sehat adalah dengan takjil berserat tinggi seperti jus buah atau sari buah atau sesuai yg diajarkan nabi Muhammad SAW yaitu buah kurma.

Buah kurma ialah buah paling sehat dan tepat untuk berbuka puasa. Pasalnya walaupun rasanya sangat manis, tapi trnyata buah ini kaya serat dan baik untuk pencernaan. Anda bisa makan 2 buah kurma ketika adzan maghrib terdengar.

Untuk pilih kurma, pilihlah yg masih segar dengan kulitnya yg masih keras. Karena kulit keras pada kurma menandakan kadar seratnya masih tinggu bukan glukosanya yg tinggi. Sebaliknya hindari memakan kurma yg sudah lembek dan tidak keras lagi kulitnya.

Setelah berbuka puasa dengan yg ringan seperti di atas. Anda bisa sholat dulu baru teruskan makan makanan berat seperti nasi dan lauk pauk kesukaan anda.

Yang terpenting berbuka puasa harus dengan makanan dengan karbohidrat kompleks, protein, lemak dan serat.

Selesai makan besar, anda bisa shalat tarawih, setelah itu kalau lapar lagi bisa makan ringin dan banyak serat. Misalnya salad buah, salad sayur, buah – buahan,yoghurt dan lain – lain.

Jangan lupa juga ya makan sesuai porsi, jangan balas dendam, semuanya dilahap, dan akhirnya malah kekenyangan dan malas gerak.


Semoga bermanfaat ya tentang artikel tentang cara memilih takjil sehat. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar