Minggu, 04 Maret 2018

Filled Under: ,

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Windows 7, 8, 8.1 , 9 dan 10 Terbaru

Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Windows 7, 8, 8.1 , 9 dan 10 Terbaru - Anyeong.. Hari minggu ini pada kemana iters? Kalau gak kemana mana tetap disini aja ya karena Intan akan membagikan salah satu resep rahasia dapur Intan Tutorial. Eits.. tapi bukan makanan yah. 

Yang saya maksud adalah cara screenshot layar laptop maupun komputer untuk segala tipe merek windows mulai windows 7, windows 8, windows 8.1, dan yg paling terbaru ialah windows 10. 

Dulunya sih notebook saya ini windows 8. Namun setelah di instal ulang jadi turun gradenya ke windows 7. Yah perbedaan itu gak masalah iters, karena screenshot yg saya lakukan tidak ada hubungannya dengan hal tersebut.

Selama ini saya melakukan tutorial tutorial komputer menggunakan alat seadanya, apalagi kalau yg namanya screenshot di laptop. Gak perlu aplikasi hanya perlu alat bawaan windows yaitu sebuah tombol special dan aplikasi Paints yg pasti di setiap komputer dan laptop anda pasta ada keberadaannya.

Okay deh kalau anda ingin coba cara saya screenshot layar laptop dan komputer. Kata blogger sebelah sih cara ini berfungsi pada windows 7 sampai ke atas. Kalau windows anda masih Xp saya gak tahu lagi. Silahkan coba saja untuk mengetahuinya lebih lanjut. Simak caranya berikut ini:

1. Pilih tombol PrintSc / PrtSc letak tombolnya ada sebelah F12 dan di atas barisan backspace (ini tombol di notebook Acer saya, mungkin bisa beda di tombol keyboard kalian ya). Tekan satu kali saja pada layar yg ingin anda screenshot.



2. Buka aplikasi paint. Bisa search dulu di komputer / laptop anda. Setelah terbuka, pastekan screenshot dengan cara klik kanan paste atau langsung saja tekan tombol Ctrl + V. 



3. Kalau mau diedit dulu, misal mau tambah nama, coretan atau crop bisa langsung edit saja. 



4. Setelah itu save as dengan nama kesukaan dan pilih folder penyimpanan anda. Selesai.

Mungkin anda bingung kenapa gambar screenshotnya kok gak tersimpan otomatis. Hal ini karena PrtSc hanya menyimpan hasil foto tangkapan layar di RAM komputer anda. 

Jadi untuk mengeluarkan hasilnya. Anda bisa Paste ke tempat anda sukai, tidak melulu paint. Namun anda bisa langsung pastekan juga ke word, excel, power point, atau lainnya. Asal jangan langsung paste di folder pasti gak bisa. hehehe.

Kalau anda mau lebih praktis lagi bisa pakai cara ke 2 yang saya dapat dari adek saya. Tapi sayang cara ini gak bisa saya praktekkan sekarang di laptop karena windows 7 gak berfungsi menerapkan perintah ini. 

Why? Cara ini HANYA berfungsi pada windows 8, 8.1, dan windows 10. Kalau anda kebetulan persyaratannya memenuhi silahkan coba saja.
Caranya anda hanya perlu menekan tombol bendera Windows dan PrintSC secara bersamaan. Hasilnya akan bisa anda lihat seketika itu juga di folder picture pada laptop atau komputer anda.
Kalau anda masih belum puas sama cara kedua, bisa pakai cara screenshot terakhir ini. Caranya cukup mudah, anda hanya tinggal cari yg namanya alat snipping tool. Bisa anda cari di windows pakai tombol search ya.



Dengan pakai alat snipping ini, anda bisa langsung melakukan tangkapan layar sekali klik dengan menekan tombol news, lalu arahkan dan sesuaikan ukuran screenshot pakai mouse. 



Setelah jadi anda bisa langsung menyimpannya dengan cara seperti biasa. Keunggulan pakai alat ini, ukuran layar yg ingin kita screenshot bisa difokuskan jadi gak perlu edit lagi seperti cara lainnya.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang Cara Screenshot di Laptop dan Komputer Windows 7, 8, 8.1 , 9 dan 10 Terbaru. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar