Kamis, 07 Juni 2018

Filled Under:

Cara Mudah Pesan Tiket Kereta Api di Pegipegi

Cara mudah pesan tiket kereta api di pegipegi. Iters… Intan mau curhat nih kemaren sempat liburan ke luar kota yaitu kota Semarang di Jawa Tengah.

Awalnya mau berangkat jam 6 pagi, tapi waktu saya bangun sudah jam 5. Maunya beli tiket saat pagi banget. Namun setelah saya lihat berbagai aplikasi ternyata tiket kereta yg saya inginkan sudah habis.

Sudah terlanjur pesan grab dan packing malam banget. Saya berangkat dari stasiun Pasar Turi Surabaya, dan karena kurang perhitungan waktu, jadi saya kehabisan tiket ke Semarang.

Alhasil saya harus terpaksa menjadwalkan ulang keberangkatan dari waktu sebelumnya. Supaya jaga – jaga gak kehabisan lagi, saya langsung bertindak.

Saya dan suami beli tiket langsung ke stasiunnya. Untung saja stasiun Pasar Turi Surabaya gak antri panjang dan langsung bisa dapat tiket. Heheheh. Yg pentingnya belinya itu pagi banget. Intan kesana kira – kira waktu masih menunjukkan pukul 7 pagi.

Nah untuk tiket pulangnya ini saya sempat gregetan. Yah gimana enggak, saya itu beli di Stasiun tapi antrinya makan waktu berjam – jam sedangkan tiket yg saya mau sudah menipis kira – kira sudah tinggal 21 kursi lagi yg kosong.

Saya salut dengan aplikasi Pegi pegi karena dengan aplikasinya kita sebagai calon penumpang bisa mengetahui dengan mudah berapa sisa kursi yg masih kosong untuk dipesan.

Ketika berada di Stasiun Tawang, kami sudah mengisi form dan ada yg kelupaan saat itu yaitu KTP saya masih ditahan sama pihak hotel untuk jaminan. Untung saja ada Scan KTP jadi mengisi form NIK bisa diisi tanpa KTP.

Setelah mengisi form, kami lanjut mengambil nomer antrian. Begitu saya lihat wow. Loketnya Cuma 2 dan yg belum dipanggil masih sekitar 40 orang. Perasaan sudah was was, mau antri atau langsung transfer aja?

Yah kami tunggu aja selama 1 jam 40 menit. Setelah itu saya iseng mengecek berapa sisa tiket yg dipesan dengan membuka aplikasi pegipegi saya. Mata saya terbelalak ketika melihat tinggal 4 kursi. Sedangkan antrian di loket masih banyak.

Kami pun langsung beranjak dari tempat duduk loket dan berlari ke ATM terdekat supaya gak kehabisan tiket kereta api lagi. Saya pesan cepat – cepat melalui aplikasi pegipegi. Telat sedikit aja pasti saya perpanjang checkin hotelnya.

Intan punya saran buat iters yg mau membeli tiket kereta api sebaiknya lakukan jauh – jauh hari. Anda bisa pesan tiket 3 bulan sebelumnya. Jika tidak, anda bisa beli tiket lewat aplikasi saja 1 hari sebelumnya, supaya gak kehabisan.

Kalaupun anda mau beli di Stasiun. Beli di jam – jam pagi saja. Siang dikit, anda bisa kena antrian panjang dan buang – buang waktu begitu saja.

Yg tidak boleh anda lupakan ketika beli tiket di stasiun ialah membawa KTP. Anda pasti dimintai ktp dan uang untuk pembayaran.

Begitulah pengalaman Intan yg sangat terburu – buru seperti orang dikejar anjing ketika membeli tiket. Supaya anda tidak mendapat pengalaman jelek seperti saya, lebih baik anda pesan tiket kereta api di Pegipegi saja.

Bagaimana cara pesan tiket kereta api di Pegipegi? Mudah banget iters anda hanya perlu ikuti step by step di bawah ini.

1. Instal aplikasi pegipegi di playstore.

2. Buka aplikasi

3. Pilih tiket kereta api

4. Isi dan sesuaikan nama stasiun awal dan stasiun yg dituju beserta tanggal berangkat, kalau mau sekalian beli untuk pulang pergi bisa diisi tgl berangkat dan tgl pulangnya. Jangan lupa juga jumlah orangnya..

5. Setelah itu anda akan mendapatkan daftar kereta api dan harga tiket ditambah jumlah tiket yg masih tersedia.

6. Kalau sudah tinggal klik tombol pesan.

7. Ikuti panduan cara membayarnya melalui beberapa macam metode pembayaran.

8. Jika sudah membayar, anda akan diberi tanda pembayaran di email anda. Sedangkan e-tiket bisa anda temukan di aplikasinya.

9. Setelah anda mendapat e-tiketnya, bisa anda print langsung supaya mendapat tiket langsung.

10. Untuk cetak tiketnya, anda tinggal menuju ke tempat check in tiket yg ada di stasiun kereta. Lalu scan kode QR sampai tertera nama anda pada layar. Pilih centang semuanya lalu cetak.

11. Beberapa detik kemudian anda akan melihat beberapa lembar tiket yg anda pesan dari sebuah alat.

12. Done. Sekarang anda bisa gunakan tiketnya.

Kalau mau lebih jelasnya, lihat pengalaman pertama saya di review beli tiket kereta api online dan cara memakainya.