Minggu, 09 September 2018

Filled Under: , , ,

Ini dia 14 manfaat dari cuka apel nomor 11 paling mengejutkan!

14 manfaat dari cuka apel - ada yang udah tau belom dengan cuka apel? Apa sih itu cuka apel? Dan sebenarnya apa saja khasiat yang dapat di timbulkan oleh cuka apel ini? Mungkin sebagian orang yang belum familiar dengan cuka apel pastilah bertanya-tanya demikian.

Naah.. kali ini saya akan berbagi kepada kamu tentang apa saja manfaat yang dapat diambil dari cuka apel. Dan ternyata cukup banyak manfaat nya loh.

Serba guna banget kan.. artikel ini saya lansir dari berbagai sumber yang pernah saya baca sebelumnya dan saya kumpulkan menjadi 1 artikel yang utuh.


Cuka apel botol
Yukk.. langsung aja tanpa berlama-lama mari kita simak penjelasannya ☺️

1. Mengurangi bintik-bintik faktor penuaan

Jika kamu cermat dan rajin mencari bahan dari produk kosmetik dan kecantikanmu, kamu akan menemukan bahwa salah satu unsur yang digunakan adalah Alpha Hydroxy Acid atau AHA. 


AHA inilah yang menjadi senyawa kimia yang sering kamu tempelkan di wajahmu demi tampil cantik nan mempesona. 


senyawa yang sama bisa kamu temukan dalam cuka apel banyak ahli menyebut bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga kulit cantik terawat bukan hanya mimpi.

Selain itu, bekas jerawat pada kulit pun akan memudar dan perlahan-lahan menghilang.


2. Meminimalisir timbulnya jerawat

Sering risih dengan masalah jerawat membandel? Nah, cuka apel jadi pilihan untuk membantu mengatasi jerawat membandel di wajah kamu.

Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur.


Penggunaan cuka ini secara teratur pada wajah tentunya akan menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Tak heran, cuka ini cukup bisa kamu andalkan dalam soal menghilangkan jerawat.

3. Menyeimbangkan PH kulit pada wajah

Kamu sering merasakan kulit yang terlalu berminyak? Kulit terlalu kering? Atau, kulit wajah kurang kencang dan elastis? Itu bisa jadi disebabkan karena pH wajah yang kurang seimbang. pH yang kurang seimbang bisa saja mengundang gangguan kulit wajah lainnya.

Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan cuka apel untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah.

Kandungan pH pada cuka apel yang mirip dengan pH ada lapisan asam pada kulit menjadikan cuka ini cocok untuk digunakan sehari-hari untuk merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari kering atau berminyak.

4. Mencegah timbulnya kerutan pada wajah

Untuk kamu yang mulai khawatir dengan kerutan, cobalah menggunakan cuka apel setiap hari pada wajah.



Kandungan asam di dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga kamu akan tampil awet muda, mempesona, dan memikat.

5. Menghilangkan racun di wajah


Polusi dan radikal bebas menjadi hambatan yang muncul pada kulit sehatmu. Hal ini kalau dibiarkan akan menimbulkan kulit kusam atau timbulnnya banyak jerawat yang memudarkan pesona wajah. Bahkan, radikal bebas bisa saja menimbulkan kanker kulit yang tentunya kamu coba hindari.

Untuk itu, cuka apel dapat kamu gunakan untuk membersihkan kulit wajah dan membuang racun penyebab kulit kusam dan jerawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit.

Selain itu, kulit mati bisa diangkat dengan cuka ini sehingga wajah kamu tetap cantik dan terawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit.

6. Memperkecil pori-pori

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid alami yang membantu mendorong pembentukan sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, cerah, dan mempesona.

Tak hanya itu, kandungan AHA diketahui mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menjadikan kulit halus ketika disentuh.



Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajahmu cerah.

7. Mengatasi kulit yang terbakar akibat pancaran sinar matahari yang sangat intensif

Liburan di pantai yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu karena masalah kulit terbakar matahari? Atasi masalah sakit dan perih pada kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel.

Kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan kadar pH kulit membantu kamu mengatasi masalah kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, serta mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

8. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat cuka apel yang banyak dipercaya yaitu membantu Anda menurunkan berat badan. Dilansir dari WebMD, Debbie Davis, RD, seorang ahli gizi menyatakan bahwa cuka apel mungkin berpengaruh terhadap penurunan berat badan.


Sebuah penelitian yang mempelajari efek jangka panjang cuka apel pada kesehatan mmenemukan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, meskipun memang dalam jumlah yang sedikit.

Pada penelitian manfaat cuka apel tersebut, para peserta diminta mengonsumsi 2 sendok makan cuka sebelum makan besar setiap harinya selama 4 minggu. Rupanya, berat badan yang turun berkisar antara 1-2 kg.

Menurut beberapa ahli, cara menurunkan berat badan yang baik dan benar yaitu tetap dengan menjaga pola makan sehat diiringi dengan olahraga.

Kamu diminta tidak lantas menjadikan konsumsi cuka apel sebagai satu-satunya cara menurunkan berat badan kamu, tanpa perubahan pola makan atau olahraga.

9. Menstabilkan kadar gula didalam darah

Ini merupakan salah satu manfaat cuka apel yang paling dikenal. Terutama bagi penderita diabetes, kadar gula dalam darah merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dengan serius.

Suatu penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Ketika kamu mengonsumsi cuka apel sebelum makan, maka cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah.

Ini mencegah kamu mengalami sugar rush, suatu keadaan di mana kadar gula dalam darah melonjak tiba-tiba setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Penelitian lain menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan meningkatkan sensitivitas insulin pada 19 % orang diabetes melitus tipe 2 dan 34 % pada orang pra-diabetes.

Mengonsumsi dua sendok makan cuka apel sebelum tidur dikatakan dapat menurunkan kadar gula orang diabetes tipe 2 hingga 6 % di pagi hari.

Carol Johnston, Ph.D. dari Arizona State University telah mempelajari cuka apel selama lebih dari 10 tahun. Dilaporkan oleh WebMD, Carol menyatakan bahwa cuka apel memiliki efek antiglikemik.

Maksudnya, cuka apel bisa menghambat penyerapan karbohidrat sehingga gula darah Anda tidak meningkat secara drastis setelah makan.

Meskipun begitu, fokus terhadap pola makan sehat secara keseluruhan tetap harus kamu lakukan jika kamu memiliki penyakit diabetes.

Para ahli tidak menyarankan untuk berhenti mengonsumsi obat diabetes lalu digantikan dengan cuka apel. Kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

10. Mengatasi gangguan pencernaan

Menurut Carol Johnston, karena sifatnya yang membatasi penyerapan karbohidrat, maka sebagian karbohidrat dan pati yang tidak tercerna kemudian akan menjadi makanan untuk bakteri baik yang terdapat dalam sistem pencernaan kamu.
Kamu disarankan mengonsumsi cuka apel yang belum mengalami proses penyaringan. Biasanya jenis cuka apel ini berwarna coklat keruh dan jika didiamkan akan terbentuk ampas di dasar botol.

Ampas ini disebut “the mother”, kaya akan probiotik dan bakteri-bakteri baik lain yang berperan dalam menyehatkan saluran cerna. Jenis cuka apel ini dapat membantu kerja sistem imun dan bagi sebagian orang bisa mencegah sembelit semakin parah.

Tidak hanya sembelit, konsumsi cuka apel juga dapat membantu mengatasi gangguan asam lambung dan maag, meskipun hal ini tergantung dari masing-masing orang dan apa penyebab terjadinya maag tersebut.

11. Merawat kesehatan jantung

Mengonsumsi cuka apel secara teratur dapat menurunkan kadar lemak dalam darah (lipid). Menurunkan kadar lipid dapat membantu mencegah penyakit jantung, yang menjadi salah satu faktor penyebab disfungsi ereksi (impotensi) pada pria.

Sebuah studi tahun 2014 pada tikus betina menemukan manfaat cuka apel yang serupa, yakni mampu menurunkan lemak dalam darah. Kemudian, studi tahun 2017 menyatakan bahwa tikus jantan yang diberikan cuka apel memiliki kesehatan jantung dan pembuluh darah yang lebih baik.

Meskipun tikus mengkonsumsi makanan tinggi lemak, cuka apel mampu mengurangi risiko obesitas yang berkaitan dengan kesehatan jantung yang buruk.

Tikus yang mengonsumsi cuka apel juga cenderung tidak mengalami perubahan metabolik yang terkait dengan risiko obesitas dan penyakit jantung.

Masih perlu lebih banyak lagi studi untuk meneliti manfaat cuka apel untuk memperbaiki gejala-gejala penyakit penyebab disfungsi ereksi, maupun manfaatnya secara langsung pada impotensi itu sendiri.

Bagaimanapun juga, cuka apel bukanlah obat impotensi yang utama. Siapa pun yang hendak menggunakan cuka apel sebagai pengobatan alami tetap harus bijak dan berhati-hati. Kamu harus konsultasikan dulu hal ini kepada dokter.

Menurut beberapa ahli, cara mengobati impotensi yang baik dan benar tetap dengan cara mengatasi penyebabnya, menjaga pola makan, dan berolahraga teratur

12. obat psoriasis alami

Biasanya, manfaat cuka apel lebih banyak digunakan untuk mengawetkan makanan. Semakin berkembangnya zaman.



Penyakit psoriaris
National Psoriasis Foundation telah berhasil menemukan manfaat cuka apel sebagai obat psoriasis alami, terutama untuk psoriasis pada kulit kepala.

Cuka apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi iritasi dan gatal akibat psoriasis. Beberapa orang bahkan sudah membuktikan adanya penurunan gejala psoriasis setelah merasakan manfaat cuka apel selama beberapa minggu.

13. Memutihkan kuku yang menguning

Ada banyak bahan alami yang bisa kita manfaatkan untuk memutihkan kuku, mulai dari kapur, belimbing wuluh, buah belimbing, hingga cuka sari apel.

Khusus untuk cuka apel, bahan alami ini terkenal ampuh dalam mengatasi noda-noda atau warna kekuningan pada kuku. Baik itu yang diakibatkan oleh bahan kimia, pewarna, karena sering merokok, infeksi jamur, atau karena gaya hidup yang buruk.

Alasan mengapa cuka ini sangat baik dan efektif untuk mengatasi berbagai masalah kuku adalah karena kandungan asam malat serta asam asetat yang terdapat di dalamnya.


Selain efektif untuk membersihkan kuku, cuka ini juga ampuh digunakan untuk mengobati infeksi pada kuku. Misalnya, jika Anda mengalami cantengan atau semacamnya.

Cara menggunakannya:

∆ Siapkan mangkok berukuran sedang, kemudian masukkan setengah cangkir cuka apel dan air suam-suam kuku dengan perbandingan yang sama

∆ Rendam ujung jari (kuku) selama kurang lebih 20-30 menit lalu bilas

∆ Setelah itu oleskan minyak zaitun ke setiap kuku

∆ Lakukan perawatan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik

14. Mengatasi ketombe yang muncul

Ketombe adalah salah satu masalah kulit kepala yang memang sangat sulit untuk di atasi. Sehingga tidak heran apabila banyak produsen shampoo yang berusaha menciptakan shampoo anti ketombe untuk membantu kita mengatasinya. Tapi tetap saja, yang namanya ketombe sulit sekali untuk disingkirkan.

Apa sih sebenarnya penyebab ketombe muncul di kulit kepala? Penyebab utama ketombe adalah kulit kepala yang berminyak dan serpihan-serpihan sel kulit mati.


Akibat ketombe, kulit kepala sering terasa gatal, kulit kepala jadi bersisik, dan serpihan-serpihannya seringkali jatuh di pakaian.

Untungnya, masih ada bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi ketombe. Salah satunya adalah cuka sari apel yang memiliki sifat anti-jamur. Selain bisa membantu mengatasi ketombe, sebenarnya cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk mengembalikan keseimbangan PH kulit kepala dan membersihkan pori-pori serta folikel rambut yang tersumbat.

Adapun cara memanfaatkannya adalah:

× Sediakan dua sdm cuka sari apel kemudian campurkan dengan 2 sdm air bersih

× Tambahkan sekitar 10 tetes minyak pohon teh (tea tree oil)

× Terapkan campuran tersebut di kulit kepala sambil dipijat-pijat selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu diamkan selama 5 menit

× Lanjutkan dengan membilas kepala menggunakan air dan keramaslah seperti biasa menggunakan shampoo yang lembut

× Terapkan obat alami untuk ketombe tersebut antara 2-3 kali seminggu


Bagaimana sekarang sudah semakin tau kan mengenai apa-apa saja khasiat atau manfaat dari cuka apel tersebut.

Jika kamu memiliki pengetahuan mengenai manfaat dari cuka apel yang belum ada atau belum di sebutkan di atas kamu bisa menambahkannya di kolom komentar di bawah ini yaa 👇


Demikian 14 manfaat dari cuka apel Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :).

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar