Selasa, 25 September 2018

Filled Under: ,

15 cara mengatasi suara hilang, wajib dicoba!

15 cara mengatasi suara hilangpasti banyak orang sudah pernah mengalami gangguan kesehatan yang satu ini, banyak faktor yang membuat suara kamu bisa mendadak hilang loh..

Faktor umum yang dapat menyebabkan atau memperburuk suara serak diantaranya adalah


> Asam reflux, yaitu naiknya asam lambung hingga ke tenggorokan 


> Merokok.

> Minum minuman yang mengandung kafein dan alkohol.

> Suka berteriak.


> Alergi.


> Menghirup zat beracun.


> Batuk berlebihan.


Selain faktor yang sudah saya sebutkan diatas ternyata masih ada faktor lainnya diantaranya

< Peradangan pada laring dan juga pita suara.


< Kerusakan pada tenggorokan.


< Polip (tumor) pada pita suara.


< Kanker tenggorokan, tiroid, atau kanker paru-paru.


< Berubahnya suara pada laki-laki remaja.


< Kelenjar tiroid berfungsi buruk.


< Aneurisma aorta, pembengkakan sebagian aorta (arteri jantung terbesar).


< Kondisi saraf yang melemahkan otot pita suara.

Suatu penyakit mulai muncul pasti didahului dengan timbulnya gejala-gejala. Begitupun penyakit suara hilang ini. 


Jika orang akan terkena penyakit jenis ini pastilah timbul gejala adalah adanya perubahan pada suara. Selain itu, keluhan ini umumnya disertai dengan timbulnya rasa nyeri pada tenggorok.

Oleh karena nya wajib hukumnya bagi kamu yang sudah mengetahui bahwa kamu akan terserang gangguan kesehatan suara hilang ini.



tidak ada salahnya untuk sesegera mungkin mengatasi nya agar gangguan kesehatan ini tidak berlarut-larut bersarang di tubuh kita yaa 😁

Berikut ini beberapa cara mengatasi suara yang hilang secara mendadak


1. Beristirahatlah secara cukup

Istirahat adalah cara mengatasi suara hilang akibat batuk. Untuk menghindari semakin parahnya radang pada pita suara, ada baiknya kamu beristirahat dengan cukup.



Ilustrasi: istirahat
Memaksakan berbicara akan membuat pita suara semakin memburuk dan pemulihannya semakin lama. Untuk menghindari situasi dimana kamu harus berbicara kamu bisa istirahat dirumah.

Jika terpaksa harus ngomong, berbisik menjadi salah satu alternative untuk mengurangi penggunaan pita suara kamu.

2. Rileksasi dengan bersauna ataupun beryoga

Rasa hangat akan membuat tubuh kita lebih releks. Pita suara merupakan bagain dari tubuh sehingga perlu juga sekali-sekali dibuat releks agar dapat bekerja kembali dengan baik.

Salah satu cara untuk membuat tubuh hangat yaitu sauna dan yoga. Kegiatan yoga yang ringan dapat dilakukan saat kamu sakit batuk sekalipun. Berikut kegiatan yoga sederhana yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengembalikan suara kamu

duduk di lantai, tekuk kedua lutut kaki, jauhkan kedua sisi bagian dalam paha atau membuka kaki, letakkan tangan diatas lutut dan nafas dalam melalui hidung. 


Ilustrasi: olahraga yoga
Setelah itu hembuskan nafas secara kencang melalui mulut, lihat keatas dan regangkan jari tangan lalu keluarkan suara sebisa kamu.

Usahakan suara berasal dari diafragma bukan dari tenggorokan, Lakukan hal itu beberapa kali.

3. Makan permen mints

Permen pelega tenggorokan atau permen dengan rasa mint biasanya menjadi pilihan pertama saat suara mulai serak. Namun untuk mendapatkan manfaat yang optimal kita harus memilih permen mint dengan komposisi gula 0%.

Karena terlalu banyak gula justru akan membuat tenggorongan semakin radang dan terasa gatal, akibatnya suara pun tak kunjung pulih

4. Makan bawang putih

Jika kamu suka, kamu bisa mengkonsumsi satu siung bawang putih yang sudah dihancurkan dan ditambahkan satu sendok madu. Konsumsi campuran bahan itu sebanyak satu sendok teh setiap hari dengan tambahan 3 sampai 4 gelas air putih untuk menghilangkan baunya.

Namun beberapa orang mengatakan bahwa mengkonsumsi bawang putih justru berbahaya untuk laryngitis. Karena itu kami sarankan untuk berkonsulasi dulu ke dokter sebelum mencoba cara ini

5. Minum air putih dengan banyak

Cara mengatasi suara hilang akibat batuk yang paling mudah sebenarnya adalah minum air putih yang cukup. Kamu bisa mengkonsumsi air putih dalam suhu normal atau hangat.

Tidak hanya dapat memulihkan suara kamu, minuma air putih secara teratur dan cukup yaitu 8 sampai dengan 12 gelas perhari juga dapat membantu sistem metabolisme tubuh kamu.

6. Minum air jahe

Jahe memiliki sensasi menghangatkan saat diminum. Dengan begitu pita suara akan terasa lebih rileks dan dapat kembali berfungsi mengeluarkan suara. Usahakan minum air jahe dalam kondisi hangat

7. Minum teh hangat & kayu manis

Kayu manis memiliki sifat antibakteri, antiseptic, dan anti inflamasi yang cocok dikonsumsi saat batuk dan membantu memulihkan pita suara kamu.

Tambahkan satu sendok makan bubuk kayu manis ke satu cangkir teh panas lalu aduk hingga tercampur rata. Diamkan beberapa saat hingga panasnya berkurang sebelum diminum. 

Campuran teh dan kayu manis dapat diminum tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Minum air lemon & madu

Campuran air perasan lemon dan madu akan meringankan peradangan di tenggorokan dan pita suara kamu. Kedua bahan tadi memiliki campuran antibakteri dan meringankan infeksi.

Madu juga dipercaya dapat menenangkan sekaligus membersihkan penyumbatan lendir di tenggorokan. Kamu juga dapat mengkonsumsi madu sebanyak 4 sendok sehari secara teratur.

9. Berkumur dengan air garam

Dengan berkumur tenggorokan akan lebih lembab dan dapat memulihkan pita suara sehingga suara anda akan kembali normal. 

Sedangkan garam memiliki fungsi untuk membunuh virus dan bakteri yang membuat pita suara infeksi dan batuk. Kumur secara rutin setiap habis bangun tidur dan sebelum tidur sampai suara kembali normal.

10. Minum cuka apel

Cuka apel memiliki sifat anti mikroba dan mampu mengatasi infeksi yang terjadi pada pita suara, yang menyebabkan suara yang hilang ketika batuk.

Untuk mengobati pita suara lebih cepat dalam waktu sehari, siapkan cuka apel dan madu. 

Siapkan 2 sendok cuka apel, 1 sendok madu dan campurkan dengan ½ cangkir air, campurkan minuman, minum dua kali sehari.

11. Makan buah cranberry

Mungkin cukup sulit menemukan buah cranberry yang berasal dari Amerika ini. namun, buah ini ternyata memiliki manfaat antioksidan yang tinggi, dan dapat membantu menyehatkan serta kondisi tenggorokan dan pita suara yang sedang meradang. Proses penyembuhan suara yang hilang akan lebih cepat.

12. Makan licorise

Obat alami lainya yang dapat mengembalikan suara yang hilang karena batuk dalam sehari adalah dengan mengkonsumsi licorise. Bahan alami ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang mampu mengurangi infeksi pada pita suara penyebab suara serak dan hilang.


Akar tumbuhan licorise
Licorise juga bersifat ekspektoran, yang dapat membersihkan lendir di tenggorokan yang juga menjadi penyebab suara serak hingga suara menjadi hilang.

13. Kumur-kumur dengan
 daun eukaliptus

Tumbuhan eukaliptus
Daun eukaliptus ini juga dapat menjadi obat herbal yang membantu mengatasi suara yang hilang karena batuk. Daun ini dapat diseduh dan dibuat sebagai obat kumur saja. Hindari menjadikan daun eukaliptus untuk diminum langsung.

Batuk yang dialami sebagian besar orang termasuk gejala penyakit yang tidak berbahaya, karena umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari satu minggu. 

Jika batuk yang dialami disertai dengan suara yang parau, maka beberapa cara mengembalikan suara yang hilang karena batuk dalam sehari dapat dilakukan agar suara kita bisa kembali normal, sekalipun sedang batuk.

14. Makan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin c. yang mampu memerangi penyebaran infeksi pada tenggorokan. Jeruk nipis juga dapat melembabkan tenggorokan, mengurangi nyeri dan peradangan. 

Caranya Campurkan 1 sendok makan madu, satu sendok makan jeruk nipis dengan satu gelas air hangat. Aduk rata campuran tersebut,kemudian minum.

15. Makan kencur

Untuk mengobati suara serak adalah dengan menggunakan kencur . Hal ini dikarenakan minyak atsiri pada kencur memiliki kandungan anti inflamasi sehingga sangat cocok untuk mengobati suara serak. Caranya siapkan satu ruas kencur, kira-kira seukuran ruas jari. Kupas dan kemudian cuci bersih. 

Kunyah perlahan untuk mengeluarkan minyak atsiri dari kencur. Teguklah setiap minyak atsiri yang anda hasilkan dari kunyahan. Lakukan pengunyahan selama 25-30 menit atau sampai kencur terasa hambar.

Oke guys saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini yang membahas tentang 15 cara mengatasi suara hilang Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar