Jumat, 20 April 2018

Filled Under:

11 Cara Mengatasi Kepanikan Saat Terjadi Terror / Ledakan Bom

11 Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom. Seperti kejadian baru baru ini terjadi di heroes city alias kota pahlawan pada tangal 13 mei 2018 sungguh sangat mencengangkan iters.

Apalagi seluruh Indonesia sangat paham betul jika kota Surabaya ini sangat aman dan damai karna walikotanya yg sangat sigap dan disiplin soal tatanan dan pembangunan kota.

Padahal pada bulan mei merupakan bulan atau hari jadi kota Surabaya, acara acara besar pun sudah direncanakan sebelum terror bom terjadi.


2 hari sebelumnya walikota Surabaya ibu Tri Risma Harini mendapatkan undangan dari raja Salman ke Arab Saudi jadi di pastikan kota Surabaya aman dan damai bahkan bisa dibilang lagi senang senangya merayakan HUT kota Surabaya.

Tetapi tak di sangka tak dinyana pada hari minggu pagi terdengar ledakan bom yang sangat dasyhaat di tiga lokasi yang berbeda dan lokasi terjadinya bom itu terdapat di 3 gereja yaitu gereja Santa Maria Tak Bercelah di jl ngagel di GKI jl diponegoro dan gereja Pantekosta di jl arjuna, korbanya pun sangat banyak.

Untuk itu kita sebagai warga yang selamat kita harus saling membantu dan melindungi satu sama lain atau sebaliknya jika kita yang berada di tempat kedian bom meledak, ada cara cara untuk mengatasi kepanikan setelah terjadi ledakan bom sebagai berikut

1. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Hubungi pihak keamanan
Jika melihat orang yang mencurigakan dan sudah pastikan orang tersebut membawa bom coba menghubungi pihak keamanan terdekat.

Jangan mencoba untuk nekad mengejar pelaku dan main hakim sendiri karena hal itu sangat melanggar hokum. Selain itu mendekati pelaku juga berbahaya karena bisa jadi masih ada bom lain yg ada di dalam diri pelaku.

Bukan itu saja, anda harus tenang supaya pelaku tersebut tidak kabur. Anggaplah anda tidak melihatnya, tapi dibalik itu anda bisa diam – diam melapor ke pihak keamanan terdekat. Anda juga bisa langsung telepon polisi agar segera ditangani.

2. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Beri aba – aba atau tanda peringatan
Jika belum terjadi ledakan cobalah memberi aba aba kepada orang yang ada di sekitar kita untuk menyelamatkan diri dari ledakan bom.

Ada berbagai cara yg anda lakukan untuk memberi aba – aba. Yaitu anda bisa menyalakan tanda alarm kebakaran jika ada di tempat umum, supaya orang di dalam bisa berhamburan keluar tanpa disuruh.

3. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Segera cari bantuan
Jika sudah terjadi ledakan secepatnya carilah bantuan agar korban yg terluka bisa segera di selamatkan. Sebagai orang yg berada di lokasi, kita harus tanggap dan selalu membantu apabila ada seseorang yg butuh pertolongan.

Kita bisa membantu dengan mengandalkan tenaga kita, seperti membantu orang yg sedang tertimpa pecahan bangunan, membantu membangunkan orang yg terjatuh, dan menenangkan orang yg lagi panik.

4. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Cari tempat aman
Jika terjadi ledakan carilah tempat persembunyian di tempat terbuka karena jika di bersembunyi di bawah tembok atau benda kita bisa terkena runtuhan atau tertimpa barang tersebut.

Selain itu anda harus menghindari benda – benda berkaca seperti pintu kaca, jendela atau di dekat bangunan yg mempunyai kaca agar ketika bom meletus, anda tidak terkena serpihan kaca yg pecah. Menghindari agar pecahan kaca tidak menusuk ke kulit anda.

5. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Larilah menjauh
Jika kita mendengar suara ledakan tetapi jauh dari jarak kita sebaiknya jangan mendekat agar kita bisa mencari bantuan dahulu. Walaupun anda penasaran, lebih baik urungkanlah rasa tersebut daripada nyawa anda menjadi taruhannya.

6. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Cepat keluar
Jika kita mendengar ledakan pada saat di dalam ruangan atau di dalam gedung secepatnya keluar ruangan agar bisa menghidari runtuhan atap gedung bangunan.

Kalau misalnya sudah tidak ada waktu, anda bisa mencari pintu keluar terdekat dan jangan mencoba – coba naik lift, pakailah tangga darurat kalau perlu.

7. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Teriak sekencang - kencangnya
Jika kita melihat ledakan bom dan kita sudah berusaha menghubungi kepolisian tetapi belum sampai di lokasi maka kita coba berteriak minta tolong pada warga di sekitar kita.

Kita juga bisa menolong semampu kemampuan kita dahulu, supaya ada yg masih bisa kita selamatkan.

8. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Hubungi ambulans
Jika kita melihat korban ledakan bom tetapi belum ada pertolongan secepatnya menghubungi ambulan agar secepatnya di bawa ke rumah sakit terdekat.

Anda juga bisa membantu korban dengan membawanya memakai mobil pribadi anda supaya korban bisa diselamatkan dengan segera karena waktu sangat berharga bagi mereka.

9. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Selamatkan sebisanya
Jika kita melihat ledakan bom dan ada banyak korban di lokasi kejadian maka kita selamatkan dulu korban anak anak, orang tua dan korban luka parah.

10. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Amati dengan cermat
Jika kita melihat ledakan bom kemudian kita melihat salah satu orang yang mencurigakan atau diduga tersangka pembawa bom maka kita harus mengamati dengan detail agar kita bisa melaporkan ke polisi dan kita bisa menjadi saksi mata jika pelaku terbukti bersalah.

Jangan sampai pelaku teroris yg selamat bisa kabur begitu mudahnya karena tidak adanya saksi mata dan bukti yg kurang kuat.

11. Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom dengan Selalu berdoa
Sebelum kita keluar rumah dan dimana pun kita berada lebih baik kita berdoa terlebih dahulu supaya kita bisa sampai tujuan dengan selamat, bisa selamat dari kejadian yg tidak terduga seperti tindak pengeboman, kecelakaan dan lain – lain.

Semoga cara di atas dapat membantu dan membuat kita selalu berhati hati dimana pun kita berada. Terima kasih anda telah membaca artikel yg berjudul “Cara mengatasi kepanikan saat terjadi terror atau ledakan bom”.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar