Selasa, 09 Oktober 2018

Filled Under: ,

Solusi Daftar CPNS Saat KK Tidak Sesuai Dengan NIK

Sebelumnya saya ga pernah mempunyai pengalaman yang tidak mengenakkan seperti ini. Hal ini terjadi saat saya mencoba untuk mendaftarkan diri saya untuk CPNS. 



Waktu mencoba regristasi di situs resminya. Hari pertama sangat sulit untuk diakses, kemudian hari ke2 dan ke3, sampai akhirnya saya mencoba pada hari ke 5. Alhamdulillah sudah lancar. 

Namun apa yang terjadi saat jari - jari saya menyelesaikan ketikan NIK dan no KK ternyata loadingnya lama. Setelah itu saya ulangi lagi langkah berikutnya dan ternyata ada notifikasi yang berkata "NIK tidak sesuai dengan KK."

Akhirnya saya teliti satu demi satu angkanya. Barang kali aja saya salah ketik, setelah selesai input ulang pada akhirnya saya pun tekan enter namun hasilnya tetap sama yaitu no NIK dan KK tidak cocok. Sehingga saya sempat kecewa dan ingin menyerah untuk mendaftar ke CPNS. 

Setelah itu saya merenungkan nasib saya. Kok jelek gini. Wkkwk. Pada akhirnya saya mengeluh pada grup keluarga saya, dan bilang kalau saya mau memutuskan tidak ikut CPNS karena no.KK saya tidak bisa buat daftar.

Mama saya dan keluarga yg ingin saya jadi PNS akhirnya tidak menyerah. Saya disuruh ngurus ke dinas kependudukan wilayah Malang karena jika ada masalah tentang data seperti ini bisa diselesaikan disana. 

Yah betapa malasnya diriku untuk pergi kesana, apalagi saya itu orang sibuk yang harus berangkat pagi dan pulang sore untuk bekerja. Mana sempat untuk pergi mengurus hal tersebut. Pada akhirnya saya searching dulu di google nasib - nasib orang seperti sayarti saya .

Singkat cerita setelah membaca beberapa artikel, dan komentar - komentar orang mengenai masalah ketidakcocokan NIK dan KK ternyata saya menemukan jawabannya. 

Ini terjadi akibat adanya data yang kembar di dinas kependudukan, jadi sistem tidak bisa membaca data yang baru. Dinas kependudukan menyarankan untuk mencabut data lama yang ada di dinas kependudukan kota yg lama apabila anda baru pindah tempat tinggal atau domisili.

Setelah itu Intan baru tersadar bahwa Intan memang habis bikin KK baru di Malang setelah menikah beserta lengkap ktp sementaranya. KTP sementara yg hanya berlaku selama 6 bulan pada bulan ini sudah kadaluarsa, dan belum saya urus karena memang belum ada waktu.

Mungkin karena hal inilah yang menjadikan KK saya yang baru tidak cocok karena ternyata setelah saya coba - coba mendaftarkan no KK ternyata yang sesuai adalah KK baru dari mama dan adik saya. Padahal di cetakan KK tersebut nama saya sudah tidak ada karena saya sudah membuat KK baru dengan suami. 

Untung saja, bisa cocok jadi saya gak perlu mondar mandir ke dinas kependudukan untuk mengurus masalah ini. 

Untuk anda yang punya masalah sama seperti saya yang tidak bisa regristasi CPNS karena kendala nomer KK dan NIK tidak sesuai, cobalah untuk menginput no KK lain yg anda punya. 

Mulai dari KK lama, KK baru, maupun KK punya keluarga anda meski nama anda sudah tidak tercantum pada KK tersebut. Gampang benget khan ya.. hehe.. :D

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

1 komentar: