Selasa, 02 Oktober 2018

Filled Under: ,

19 cara mencegah pencuri mencuri barang di rumah anda

19 cara mencegah pencuri mencuri barang di rumah anda - kali ini saya akan membahas sedikit tentang maraknya tindak pencurian di rumah yang sedang ditinggali oleh sang pemiliknya (rumah kosong).

Sering kali kita mendapatkan berita seorang / sekelompok pencuri berhasil menggasak barang-barang mewah dari rumah yang sedang kosong.

Biasanya tindak pidana ini terjadi disaat hari-hari libur nasional panjang seperti hari raya idul Fitri, hari raya idul adha & hari natal.

Banyak diantara kita yang sering sekali lengah meninggalkan rumah begitu saja tanpa memperhatikan keamanan rumah yang ditinggal berpergian.

Berikut adalah sedikit tips atau cara mencegah pencuri membobol rumah kamu saat kamu sedang berpergian



Simak penjelasan berikut ini

1. Pasang lampu dengan pencahayaan yang terang


Lampu benderang atau lebih baik lampu sorot bisa mencegah maling masuk rumah asalkan dipasang tepat di atas jendela atau pintu, bisa juga di tempat yang gelap. Pasalnya, pencuri rumah biasanya masuk melalui jalur yang kurang penerangannya.


2. Membuat tulisan peringatan (psywar)

Tuliskan kata-kata peringatan, baik pada papan, maupun kertas. Misalnya, ditulis: “Jangan Macam-Macam! Rumah Ini Dipasang CCTV dan Alarm”. Bisa juga ditulis, “Loe Bongkar Rumah Gue, Loe Bisa Kojor Babak Belur.” 


Tulisan kayak begini secara psikologis bisa mengelabui si pencuri agar nggak masuk rumah.

Padahal sebenarnya, rumah Anda tak dipasang CCTV dan alarm. Tulisan peringatan ini bisa ditempel di jendela atau dekat pintu.

3. Cantelkan tutup panci atau semacamnya pada gagang pintu atau jendela rumah kamu

Suara tutup panci atau cangkir yang jatuh bisa mengejutkan pencuri asalkan dicantelkan pada gagang pintu atau jendela dengan posisi yang mudah terjatuh kalau ada yang membukanya.


4. Nyalakan tevisi semalaman

Memang sih jadi boros energi. Tapi cara ini bisa menipu calon pencuri yang mengira penghuni rumah masih melek menonton televisi.

5. Kunci semua pintu dan jendela rumah mu

Pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci sebelum Anda tidur atau hendak meninggalkan rumah.

6. Pasang teralis berbahan kuat

Pasang teralis pada jendela rumah hal ini akan mengurangi salah satu jalan masuknya pencuri kedalam rumah.

7. Jika dirasa membutuhkan, tidak ada salahnya pasang beberapa cctv

Jika rumah kamu besar tidak ada salahnya untuk memasang cctv atau kamera di area yang mudah untuk di monitor.

8. Simpan barang-barang berharga ke tempat yang dirasa paling aman dan tidak dimungkinkan orang mengetahuinya.

Simpanlah semua barang berharga kamu seperti perhiasan atau uang pada tempat yang tersembunyi, atau jika diperlukan kamu dapat juga memakai jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

9. Catat nomor-nomor penting / nomor-nomor darurat

Catat semua nomor-nomor penting seperti nomor petugas keamanan terdekat, ketua RT, bahkan nomor-nomor telepon tetangga terdekat.


Jika terjadi sesuatu yang mencurigakan dirumah Anda maka Anda dapat menghubungi nomor tersebut.

10. Jangan pamer!

Rumah yang terlihat paling mewah di lingkungan kamu pasti akan menjadi sasaran utama. Oleh karena itu jangan suka pamer. Jika Anda membeli televisi baru atau sound system yang mahal, jangan meninggalkan kardus kemasan di luar rumah.


Jangan biarkan anak-anak meninggalkan sepeda dan mainan lainnya tergeletak di halaman depan, dan lain-lain. 

Dengan kata lain, jangan mengiklankan bahwa kamu memiliki barang-barang bernilai tinggi untuk mengundang penyusup potensial

11. Jangan berikan tempat yang nyaman untuk bersembunyi

Jangan membuat rumah menjadi target dengan menyediakan tempat bersembunyi yang nyaman. Jauhkan pohon dan semak-semak jauh dari pintu, jendela dan titik masuk lainnya.


Kamu tetap dapat memiliki taman, tapi jaga tanaman tetap terawat sehingga tidak memberikan tempat bersembunyi bagi pencuri.

Jika Anda menyukai tanaman semak di sekitar rumah, pilihlah tanaman berduri yang tidak ramah bagi penyusup untuk bersembunyi.

12. Selalu kenali siapa saja tetangga kamu

Apakah tahu bahwa tetangga yang usil ternyata bisa membantu mencegah pencurian? Coba bertemanlah dengan seluruh keluarga yang tinggal di dekat kamu.


Lingkungan yang memiliki warga yang ramah dan suka bersosialisasi memiliki tingkat kejahatan yang lebih rendah. Hal ini karena munculnya orang asing akan terlihat sangat menonjol. Berteman dengan tetangga kamu dapat menjadi cara mencegah pencuri membobol rumah yang terbaik.

Tawarkan untuk saling menjaga dan mengawasi rumah tetangga kamu khususnya saat kamu atau tetangga sedang berpergian.

Kamu bahkan dapat mengusulkan kesepakatan dengan warga sekitar untuk ronda bersama. Awasi orang asing yang berkeliling di lingkungan dan saling memberitahu bila ada perilaku yang mencurigakan.


Dan segera panggil polisi jika kamu melihat aksi kejahatan. Segera bunyikan alarm jika diperlukan. Pencegahan lebih baik daripada menyesal kemudian.

13. Pasangan alarm rumah

Cara mencegah pencuri membobol rumah kamu yang terakhir adalah memasang sistem alarm rumah. Ada banyak pilihan yang tersedia mulai dari sistem yang hanya mengawasi akses masuk hingga alarm canggih yang menggabungkan deteksi gerakan dan getaran sensor, pemantauan dengan smartphone, hingga perekaman video CCTV. 


Ada beberapa pilihan untuk yang memiliki dana terbatas. Kamu mungkin akan terkejut betapa terjangkaunya harga sistem alarm untuk keamanan rumah.

Alarm rumah adalah salah satu alat terbaik untuk pencegahan pencuri, jadi pastikan setiap orang dalam keluarga kamu tahu bagaimana untuk menggunakan sistem alarm ini.

Namun, jangan ajarkan anak-anak kecil password alarm tersebut. Aturan praktisnya adalah, jika mereka tidak cukup dewasa untuk tinggal di rumah sendirian maka ia tidak perlu tahu.

Ingat bahwa mereka mungkin akan tidak sengaja keceplosan memberikan kode tersebut kepada seseorang yang tidak dikenal dengan sedikit bujukan

14. Ajari anak tentang bahaya orang yang tidak dikenal

Meskipun penting untuk mengajarkan anak kesopanan, mereka juga harus tahu untuk tidak pernah berbicara dengan orang asing atau orang yang tidak dikenal ketika mereka sendirian. 


Beritahu anak-anak kamu bahwa mereka tidak boleh membuka pintu untuk orang asing dan harus selalu meminta pengunjung untuk mengidentifikasi dirinya sendiri. 

15. Jangan pernah sekali-kali meninggalkan kunci rumah dibawah keset

Sudah jadi pengetahuan umum, beberapa orang kerap kali tidak mau membawa kunci rumah dan hanya meninggalkan kunci dibawah keset maupun di bawah pot bunga. Jagan lakukan hal ini.

16. Meminta bantuan petugas keamanan setempat

Tidak ada salahnya pula meminta bantuan satpam untuk rajin mengecek keadaan rumah kita ketika rumah kamu tinggal kosong.

17. Menghentikan langganan sementara waktu

Hubungi pihak yang menjadi langganan kamu untuk menghentikan kiriman sementara kamu meninggalkan rumah kamu.

Tumpukan barang langganan kamu di depan rumah dapat menjadi tanda bahwa kamu bepergian dalam waktu yang cukup lama.

18. Letakkan sendal di depan rumah

Tak perlu meletakkan sandal mahal, hanya sandal biasa sudah dapat mengelabui orang yang lewat bahwa kamu ada di rumah.

19. Jangan beritahu semua orang bahwa orang kamu sedang tidak ada penghuninya

Terdapat pula kasus kemalingan yang diakibatkan karena penghuni rumah mengupdate status rumahnya kosong dan kebetulan ada maling yang melihat kesempatan ini untuk beraksi.


Demikian 19 cara mencegah pencuri mencuri barang di rumah anda Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. 😁

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar