Selasa, 17 April 2018

Filled Under:

Cara Mengecek Hp Android Bekas Masih Bagus Atau Tidak

Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual. Iters hari ini Intan mau membagikan cara mengecek handphone bekas buat anda yg suka membeli handphone dari tangan kedua alias bekas.

Membeli barang elektronik bekas seperti handphone memang lebih murah dibandingkan membeli barunya. Apalagi sekarang sudah banyak grup jual beli benda elektronik bekas di facebook atau social media lain yg memudahkan untuk transaksi.

Membeli handphone bekas tentu saja harus ada resiko yg ditanggung. Apalagi jika anda tidak mengeceknya terlebih dahulu. Bisa jadi handphone bekas tersebut dijual karena ada minus atau banyak kekurangan.

Untuk membeli handphone bekas. Alangkah baiknya anda cek terlebih dahulu ketimbang tertipu sama penjualnya. Karena ada beberapa penjual yg tidak jujur dan beberapa pembeli tertipu dengan muslihatnya.


Sebagai contoh ada kejadian dimana si pembeli langsung memberikan uang ketika CODan tetapi handphone si penjual masih dalam keadaan mati, bilangnya sih hapenya mati karena kehabisan baterai, tetapi nyatanya yg dijual memang hp mati dan gak bisa dinyalakan.

Kalau sudah begini yg rugi bukan orang lain tapi kita sendiri yg membeli hape tersebut. Seperti saya, yg salah pilih hape bekas karena tergiur dengan harga murahnya. Anda bisa membaca review toko handphone murah Java Store Surabaya.

Okay buat anda yg ingin membeli hape bekas. Lebih baik anda cek secara manual terlebih dahulu. Caranya silahkan lihat di bawah ini:

1. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek keseluruhan Touchscreen.
Khusus smartphone peran touchscreen sangat penting karena jika ada layar yg tidak sensitive kita juga akan terkendala dalam melakukan sesuatu.

Misalnya ketika login tapi layar touchscreen di atas tombol tidak berfungsi. Maka kita pun gak bisa log in ke akun social media kita. Bisa jadi tombol kamera pun gak bisa digunakan.

Jadi harus diteliti seksama. Coba sentuh semua layarnya apakah memang benar sensitive atau enggak. Cara mengeceknya cukup mudah.

Anda bisa cek dengan menggerak gerakkanya ke kanan ke kiri, ke atas ke bawah. Atau coba buat game yg cenderung untuk menyentuh semua layar. Misalnya game seperti Candy Crush Saga.

2. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek isi dalamnya, misalnya RAM, memory internal dan jenis sistemnya.
Semua spesifikasi dalam handphone juga harus dicek. Anda bisa mengeceknya di pengaturan handphone. Biasanya disana ada semua keterangan tentang handphone mulai dari jumlah RAM, memory Internal, dan system operasinya berjenis apa.

Jangan lupa sesuaikan juga dengan spek yg anda temukan dalam Google. Misalnya ada yg beda. Bisa jadi handphone tersebut adalah hape replika / HDC saja atau hape black market.

Jangan ambil jika memang seperti itu karena hape tersebut tidak ada nilai jualnya. Adapun kalau dijual tidak bisa dijual ke toko resmi karena tidak akan mau nerima.

3. Cara cek hape bekas secara masih bagus atau tidak manual dengan Cek keawetan baterainya.
Mengecek keawetan baterainya juga sangat penting kalau anda memang benci sama yg namanya hape sering ngedrop. Hape drop adalah hape yg kalau sering digunakan, baterai cepat habis.

Misalnya seperti hape saya. Saya tidak mengecek sebelumnya karena hp pada waktu dijual dalam keadaan baterai sudah tinggal sedikit. Jadi hapenya dicas. Jadi saya gak tahu kalau ternyata hapenya ngedropan.

Cara mengecek baterai mudah saja. Lihat baterai semula sebelum digunakan. Lalu gunakan beberapa menit untuk streaming, chat, main game, lalu lihat lagi kondisi baterai.

Jika hasil baterainya berkurang sedikit bisa jadi baterainya masih sehat dan awet. Namun sebaliknya jika baterainya langsung berkurang banyak dan gak wajar, bisa jadi baterai memang sudah angus dan gak awet.

4. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek kamera depan dan belakangnya.
Kadang ada handphone bekas yg gak berfungsi kameranya. Untuk mengeceknya, anda tinggal berfoto selfie dengan kamera depan dan foto benda di depan anda dengan kamera belakang.

Lalu lihat hasilnya di galeri. Apakah fotonya sudah masuk atau enggak ada? Apakah fotonya jelas dan memang sesuai dengan speknya?

5. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek wifi dan koneksi internetnya.
Handphone selalu melekat dengan internetnya. Jadi factor yg satu ini jangan dilupakan. Ketika membeli handphone bekas usahakan cek symbol wifinya masih berfungsi dengan baik atau tidak?

Untuk mengecek wifi gak perlu susah – susah, tinggal hubungkan hotspot dari handphone anda ke hape tersebut. Jika bisa terhubung itu artinya normal.

Untuk mengecek paket datanya. Anda tinggal pindahkan kartu anda yg sudah ada paketannya ke dalam hp bekas tadi. Lalu nyalakan apakah bisa untuk browsing dan internetan?

6. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek teleponnya.
Telepon mungkin jarang digunakan karena kita sudah beralih ke paket data atau wifi. Jika anda tidak ada pulsa bisa mengecek lewat telepon whatsapp.

Cek suara yg didengar dan suara yg dipantulkan dari handphone tersebut. Apakah jelas atau enggak? Pastikan paketan anda kuat ya iters.

7. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek suara musiknya.
Suara music bisa dicek dengan mendengarkan music lewat lagu – lagu yg ada di dalam handphone. Cek juga volumenya apakah berfungsi dengan baik?

Kalaupun gak ada lagu di hp itu, anda bisa pakai youtube atau download lagu dulu dari internet.

8. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek videonya.
Sama seperti music, anda juga harus mengecek videonya. Apakah handphone bekas itu bisa untuk membuka video, bisa untuk dibuat nonton video streaming atau enggak. Cara ceknya anda bisa stel video youtube saja.

9. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek anti airnya. [kalau memang waterproof]
Untuk handphone bekas yg spek tinggi pasti ada yg namanya kekuatan tahan air seperti handphone Sony Serial Z. Anda bisa mencobanya dengan menceburkannya ke dalam baskom air semenit dan coba gunakan di dalam air.

Lihat reaksinya. Jika handphone dalam keadaan stabil dan bisa dipakai dalam air itu artinya masih bisa digunakan.

Tapi kalau sudah dijeburkan sebentar saja ada tanda aneh misalnya layar berubah gelap, atau yg lainnya. Lebih baik anda urungkan niat untuk mencempungkannya ke dalam air.

10. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek ketangguhannya. [kalau memang anti banting / pecah]
Kadang kala ada handphone yg katanya tahan banting. Untuk mengecek keunggulan seperti ini sangat mudah sekali. Yg perlu anda lakukan hanyalah membantingnya ke lantai lalu lihat bagaimana bentuknya kemudian.

Kalau memang tahan banting dan gak retak atau hancur. Memang handphone tersebut wajib diacungi jempol tapi kalau hancur berarti anda harus beli hape baru lagi. :D

Untuk melakukan pengecekan no.10 lebih baik dipikirkan matang – matang karena penuh dengan resiko.

11. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek memory cardnya.
Dalam beberapa kejadian ada hape yg tidak bisa membaca memory card. Jadi anda juga perlu mengecek hal ini.

Untuk mengeceknya anda bisa menaruh memory card anda sementara pada hp itu, lalu lihat dalam hape apakah sudah muncul penyimpanan dalam bentuk memory card?

12. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek chargernya.
Satu lagi yg paling penting adalah tombol charger. Untuk handphone Sony Serial Z punya saya tombol colokan charger ada 2 jenis yaitu untuk charger normal dan ada charger magnet.

Untuk Sony kalau gak bisa tombol charger normalnya bisa beralih ke charger magnet. Tapi untuk jenis yg lain biasanya colokan charger Cuma 1. Jadi harus dicek baik-baik.

Coba cek dengan mencharger hape tersebut, dan lihat apakah bisa tersambung atau tidak?

13. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek tombol headsetnya.
Tombol headset juga perlu dicek kalau anda hobi mendengarkan lagu lewat headset, headphone atau sejenisnya. Kalau gak berfungsi khan sayang banget. Anda hanya bisa mendengarkan lagu lewat speaker handphone.

14. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek no. seri handphonenya.
Hal ini bisa dicek terutama dalam handphone Samsung. Ada no imei handphone yg bisa kita cek keaslian atau kepalsuannya melalui kode rahasia Handphone Samsung tersebut.

15. Cara cek hape bekas masih bagus atau tidak secara manual dengan Cek bluetooth-nya

Walau sekarang ada Share it pengganti fungsi Bluetooth dan lebih mudah digunakan, namun untuk headset Bluetooth peran perangkat ini masih penting. Maka dari itu anda juga harus mengeceknya.

Semoga bermanfaat ya artikel yg berjudul Cara mengecek Hape Android Bekas Masih Bagus atau Tidak. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar