Senin, 19 Maret 2018

Filled Under: ,

Jgn Tertipu Telur Palsu, Ini Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk

Baru – baru ini ada berita viral mengenai adanya keberedaran telur palsu yg meresahkan masyarakat. Netizen mulai ragu untuk membeli telur di toko ataupun di pasar. Baca terus: cara sulam alis sendiri di rumah tanpa rasa sakit.

Padahal telur itu banyak gizi dan vitamin. Salah satunya saya sudah jelaskan pada postingan cara menambah stamina pria ketika bercinta.

Untung saja di berita siang barusan sudah banyak yg klarifikasi bahwa telur palsu merupakan berita hoax semata. 

Karena ketika dicek telur tersebut justru asli, tapi telurnya sudah busuk sehingga penampilannya tidak layak disebut telur. Rekomendasi: cara membuat es lilin buah yogurt untuk berbuka puasa.

Telur palsu diperkirakan telah berumur selama lebih dari 4 pekan, jadi ketebalannya berkurang dan semakin encer, terlebih lagi batas antara kuning telur dan putih telur tidak tampak.

Supaya anda bisa lebih jeli dalam membeli telur. Anda perlu tahu ciri – cirinya telur yg bagus itu bagaimana. Untuk itulah hari ini Intan Tutorial memberikan Cara pilih telur bagus, bukan telur palsu ataupun telur busuk yg anda dapatkan.

1. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Kulit cenderung tidak berongga

Telur yg bagus adalah telur ayam yang mempunyai kulit telur yg mulus, bahkan kalau dilihat dengan mata telanjang, maka tidak akan nampak yg namanya rongga – rongga, entah itu rongga besar ataupun kecil.

2. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Kulit bersih dan halus

Telur yg bagus juga ciri – cirinya mempunyai kulit bersih tanpa kotoran atau noda apapun dan ketika anda memegangnya maka akan nampak halus sehalus kulitmu. Selanjutnya: Cara memberikan kado saat gak punya uang dengan hadiah 0 rupiah.

3. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Kulit telur tidak pecah

Kadang ada penjual yang menjual telur dengan kulitnya yg pecah. Harganya lebih murah daripada harga telur normal lainnya. Membeli telur ini sih gak apa – apa, tapi tidak terjamin kebersihannya.

Pasalnya kalau sudah kulitnya retak gak ada jaminan kuman tidak bisa masuk, apalagi kalau telur retak lebih mudah busuk dibandingkan telur dengan kulit utuh. Soalnya telur retak mudah terkena udara dari luar jadi gak tahan lama.

Jadi saya sarankan lagi lebih baik beli telur bagus dengan kulit utuh. Meskipun bayarnya lebih mahal tapi masih terjamin kesehatannya. Jadi aman untuk dimaksak, diolah menjadi kue atau telur ceplok.

4. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Kulit telur tidak disukai semut

Saya pernah diberi telur dari nenek suami saya. Telurnya seperempat, tetapi ada yg aneh diantara 4 telur yg saya lihat karena ada 1 telur yg dikerubung semut. Padahal dari bentuknya tidak mencurigakan. Bocor atau pecahpun enggak. Cuma memang ada satu retakan garis halus.

Karena penasaran, saya akhirnya memecahkan telur bersemut tadi. Dan tidak terduga ternyata memang telurnya rusak, kuningnya sudah gak bundar lagi, ada warna hitam yg bercampur cairan telur. Kalau ga salah sih itu mungkin jamur.

5. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Kuning telur tidak pecah

Telur yg baik dan sehat bisa dilihat dari kuning telur di dalamnya. Soalnya kuning telur yg bagus itu pasti tidak pecah, dan encer merusak dan bercampur ke putih telurnya. 

Melainkan kuning telur bentuknya bundar seperti bulan, kuning dan enak dilihat. Paling banyak dibaca: Cara menghabiskan malam minggu mengasyikkan bersama pacar.

6. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Mengapung di atas air

Untuk mengetes telur yg berkualitas baik atau tidak. Anda bisa pakai eksperimen kecil. Yaitu dengan cara pecahkan satu telur di atas air dalam gelas. Jika telur tersebut bisa mengapung atau mengambang di atas air dalam gelas itu berarti telur itu bagus dan tidak busuk.

Sebaliknya jika telur tersebut malah tenggelam dan hanyut ke dasar gelas dan tertutup air maka telur tersebut malah busuk dan kualitasnya jelek.

7. Cara Pilih Telur Bagus & Tidak Busuk: Tidak berbau

Yg terakhir, anda bisa mencari kualitas telur dari baunya. Kalau baunya ketika telur sudah dipecahkan sudah anyir, amis, dan busuk itu artinya telur sudah gak layak dikonsumsi. 

Anda harus menyingkirkannya karena kalau dimasak juga rasanya gak enak. Apalagi bisa merusak kesehatan, kalau anda paksa memakannya. Rekomendasi: Cara mudah bangun pagi meski tidur larut malam.

Nah kalau sudah mengerti yang mana telur bagus atau enggak, anda gak akan lagi terkena tipu dan mendapatkan telur yg tidak diharapkan, busuk atau palsu.

Semoga bermanfaat ya artikel tentang cara memilih telur yg baik dan tidak rusak. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar