Kamis, 08 Januari 2015

Filled Under: ,

Cara Terbaru Menulis dan Mengirim Email Lewat Gmail

Bagi masyarakat modern saat ini, email merupakan sebuah media praktis untuk mengirimkan pesan ke siapa saja dan kemana saja. Baik untuk usaha, beriklan, bisnis maupun untuk kebutuhan perseorangan. Media ini menurutku lebih bagus daripada sms karena dengan email kita sudah melakukan berbagai macam pesan. Diantaranya mengirim foto, undangan, peta map, dokumen penting, dan banyak lagi lainnya. Nah jika diantara readers masih belum tahu cara menulis email, disini Intan Tutorial akan membimbing kalian agar bisa menggunakan email dengan mudah dan cepat. Langsung saja ya kita mulai.. .

Langkah pertama,
Siapkan Laptop anda dan pastikan tersambung ke internet. Lalu masuklah ke gmail.com. Jika anda masih belum punya akun gmail atau google. Silahkan membaca postingan yang sebelumnya Cara membuat akun google dan gmail terbaru.

Langkah kedua,
Cari tombol "tulis" atau "write" untuk mulai menulis pesan. Tombolnya ada disebelah kiri atas sendiri. Biasanya berwarna dan warnanya akan berganti sesuai tema gmail yang kita pakai.


Setelah itu klik tombol yang bergaris hijau tersebut. 

Langkah ketiga,
Setelah diklik, tunggu sebentar hingga kotak tulis pesan muncul seperti ini:


Untuk lebih besar / jelasnya lihat INI

Setelah itu, silahkan isikan email di kotak kepada, isikan tema pesan yang akan dibahas di subjek, dan isikan pesan di kolom besar, kemudian klik tombol kirim. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini:

1. Kepada
"Kepada" atau "to" maksudnya kepada siapa pesan akan dikirimkan? Di kotak ini, anda bisa menuliskan alamat email teman atau email orang lain. Boleh lebih dari satu.
Contoh bentuk alamat email yang benar: intantutorial99@gmail.com 
Contoh bentuk alamat email yang salah: intantutorial99 @gmail.com, intantutorial99@ gmail.com
(Salah karena anda melakukan spasi, semua huruf harus tergandeng dan tidak perlu melakukan spasi pada alamat email)

a. CC (Carbon Copy)
Fungsinya untuk mengirimkan salinan email kepada seseorang yang membutuhkan. Jadi misalnya bos atau atasan anda ingin melihat email yang anda kirimkan kepada pelanggan. Maka anda harus memberikan copy-annya kepada atasan dengan cara menambahkan email adress atasan pada kolom cc pada saat mengirim pesan. Pelanggan, nantinya juga bisa melihat bahwa email tersebut juga dikirimkan kepada atasan. 

b. BCC (Blind Carbon Copy)
Fungsi ini sebenarnya sama saja dengan cc tapi bedanya penerima tidak akan tahu bahwa emailnya juga dikirim di tempat lain dengan kata lain salinan emailnya akan disembunyikan dari siapapun. Sehingga hanya anda dan bcc saja yang tahu. Begitu.. Mengerti khan maksud saya?

Contoh:


Untuk lebih besar / jelasnya lihat INI

Saya mengirimkan email kepada anjellichan18 dan mengirimkannya juga pada intan dan ichan. Itu artinya intan mengetahui bahwa saya mengirimkan email pada anjellichan18, dia juga menerima email yang sama seperti anjellichan18, tapi dia tidak tahu bahwa sebenarnya email itu juga dikirim kepada ichan. Sedangkan penerima anjellichan18 juga tahu bahwa email yang dikirimkan pada dirinya juga dikirimkan kepada intan (saja) dan tidak tahu bahwa email tsb sudah diberikan pada bcc ichan. 

2. Subjek dan Isi Pesan
Subjek gunanya untuk menentukan tema atau judul pesan yang akan dikirimkan atau ditulis. Misalnya pesan itu tentang bisnis, wisata, rahasian, kerja kelompok, ujian, dan lain-lain. 

Isi pesan ditulis pada kotak besar yang telah disediakan dibawa subjek. Bentuknya seperti berikut ini:


Untuk lebih besar / jelasnya lihat INI

3. Lampiran, smile, link, format, foto, google drive
Nah dibawah kolom besar kita juga difasilitasi dengan format untuk mengatuf huruf yang digunakan untuk menulis pesan, seperti atur font, alignment, warna huruf, besar kecilnya huruf dan lain-lain. Untuk menggunakannya klik saja huruf A


Sedangkan untuk melampirkan dokumen word, txt, video, foto, lagu, dan lain-lain yang ada di komputer atau laptop, kita bisa menguploadnya dengan sekali klik menggunakan tanda pin yang berada tepat disebelah huruf A.


Di sebelah pin ada google drive yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan media online. Jika anda mempunyai sesuatu yang disimpan di google drive, anda juga bisa melampirkannya dengan menekan tombol google drive tersebut.

Selain dengan pin, foto juga bisa dilampirkan dengan menampilkan foto tersebut secara langsung di dalam pesan menggunakan tombol gambar yang ada di sebelah tombol google drive. Bedanya jika dilampirkan dengan pin, foto tidak akan ditampilkan di dalam pesan melainkan dilampirkan setelah pesan ditulis. Jika menggunakan tombol foto, foto bisa langsung terlihat jelas dan berada di tengah pesan. 

Bukan itu saja, kita juga bisa menambahkan icon lucu dan smile dengan menekan tombol senyum. Disana anda bisa memilih berbagai macam ekspresi, mulai dari ekspresi sedih,lucu, bahagia, menangis, berpelukan dan masih banyak lagi pilihan. 


4. Mengirim Pesan
Jika sudah selesai menulis pesan. Silahkan kirimkan emailnya dengan mengklik tombol "kirim" atau "send".  Tunggu jangan ditutup dulu karena nanti akan ada pemberitahuan bahwa email sudah berhasil terkirim atau tidak. Jika anda melihat pemberitahuan seperti di bawah ini, berarti email anda sudah terkirim dengan sukses. ^^ . 


Untuk anda yang mungkin mendapat pemberitahuan pengiriman pesan gagal. Coba cek lagi, mungkin koneksi internetnya yang tidak stabil atau alamat email yang anda tuliskan salah. Semoga sukses.. :)

Bagaimana, mudah bukan? Jika masih merasa kesulitan. Silahkan melihat video yang intantutorial sudah siapkan dibawah ini:

>

Jangan lupa berbagi ilmu ke sesama dengan menekan tombol share dan bagikan ke teman-teman fb, twitter, atau lainnya. Yang mau langganan tutorial lewat email, isilah kotak di bawah artikel dengan email kalian. Oh iya mohon bantuannya juga untuk mengelike facebook fanspage, follow twitter, dan google+ follower agar blog ini bisa dibaca oleh masyarakat luas. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Datang lagi yah sob.. ^^ Jika ada pertanyaan, saran, kritik atau unek-unek dengan senang hati admin menerima komentar anda.

Related Search:

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar