Jumat, 09 Januari 2015

Filled Under:

Tips Membuat Password Kuat yang Tidak Mudah Ditebak

Password digunakan untuk berbagai media yang membutuhkan proteksi atau keamanan. Meskipun fungsi password sangat besar, masih banyak seseorang yang masih menganggap enteng hal ini. Sebagian besar dari mereka hanya memikirkan "bagaimana saya membuat password yang mudah diingat?" Hasilnya mereka biasa memakai kata-kata sepele yang mudah ditebak orang lain. Misalnya nama pacar, nama anak, hari ulang tahun, hari pernikahan, nomor cantik dan banyak lagi yang lainnya. Saya anjurkan agar anda tidak terbiasa lagi melakukan hal tersebut, terutama ketika menggunakan komputer umum, warnet dan tempat umum lainnya karena akan beresiko terkena hacker atau pembajakan akun dari pihak-pihak yang merugikan. 

Apa anda tahu di luar sana software gratis maupun berbayar yang mempunyai fungsi mendeteksi password sangat banyak sehingga pelaku kejahatanpun bisa menggunakannya. Jadi lekaslah berganti password untuk akun-akun penting yang perlu terjaga kerahasiaannya. Misalnya, akun email, akun paypal, bank online, akun media sosial seperti facebook atau twitter.

Tips Membuat Password Kuat yang Tidak Mudah Ditebak

Nah bagi anda yang masih bingung untuk mencari cara membuat password kuat yang tidak mudah ditebak orang lain dan tidak akan terpecahkan oleh software pembuka password serta mudah diingat oleh diri sendiri, Intan Tutorial akan memberikan tips dan videonya. 

Menurut saya ada 3 cara untuk membuat pasword yang sangat sangat sangat kuat. Anda bisa mengecek kekuatan password disini.

1. Mengkombinasikan huruf besar, huruf kecil, angka, dengan tanda (@,!, +,-, dll)
Contoh: !n+@n+ut0ri@L9g (dibaca:intantutorial99)
Meskipun nulisnya seperti anak aLay, tapi password ini benar-benar kuat dan tidak mudah dibobol dengan software. 

2. Buatlah sebuah kalimat yang sangat lucu atau berkesan buatmu, dan jadikan huruf-huruf depannya menjadi password
Contoh: Aku Jadian dengan Lee Min Ho pada Tanggal 21 Juni 2016, pass: AJdLMHpT21J2016
Mungkin jika dilihat passwordnya saja, menghafalkannya susah ya, tapi jika kita ingat kalimat yang kita buat pasti lebih mudah untuk menghafalkannya. Oh iya jangan lupa menambahkan angka juga pada kalimat yang anda buat supaya lebih rumit. 

3. Buatlah kalimat yang terdiri dari 12 kata yang tidak bersangkutan, dan tidak ada dalam peribahasa atau kalimat terkenal.
Contoh: AkuImutTinggiCantikLangsingMobilKuliahPacarJamSepuluhTetMasuk
Cara Menghafalkan: Aku imut tinggi cantik langsing naik mobil ke kuliah dengan pacar jam 10 tepat masuk

Sedangkan yang perlu kita hindari adalah:
1. Kata kamus
2. Nomor cantik seperti 123456, 000000, 556667777
3. Nama anda atau nama orang-orang disekitar anda
4. Nama idola atau pacar
5. Tanggal lahir
6. Makanan Favorit
7. Peribahasa atau kata mutiara
8. Dll

Bagaimana, mudah bukan? Jika masih merasa kesulitan. Silahkan melihat video yang intantutorial sudah siapkan dibawah ini:


Jangan lupa berbagi ilmu ke sesama dengan menekan tombol share dan bagikan ke teman-teman fb, twitter, atau lainnya. Yang mau langganan tutorial lewat email, isilah kotak di bawah artikel dengan email kalian. Oh iya mohon bantuannya juga untuk mengelike facebook fanspage, follow twitter, dan google+ follower agar blog ini bisa dibaca oleh masyarakat luas. Terima kasih. Semoga bermanfaat. Datang lagi yah sob.. ^^ Jika ada pertanyaan, saran, kritik atau unek-unek dengan senang hati admin menerima komentar anda.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar