Senin, 21 Oktober 2019

Filled Under: ,

21 Cara rahasia menggemukkan badan secara alami dan cepat

Langsing dan kurus adalah kata yang serupa tapi tak sama. Apakah anda tahu perbedaannya?

Langsing adalah perut ideal bagi semua wanita. Langsing adalah dambaan semua wanita dengan tampilan perut yang rata.


Seperti model yang berjalan di catwalk yang angun dan cantik memang sangat mengagumkan akan tetapi itu sudah menjadi syarat sebagai model.

Jadi langsing adalah tinggi badan dan berat tubuh seimbang. Untuk perhitungannya, anda bisa menggunakan rumus tinggi badan dikurangi 110.

Misalnya jika anda mempunyai tinggi badan 160. Jadi anda dikatakan langsing jika berat badan anda 160 – 110 = 50 kilogram.

Jika berat badan ada kurang dari 50 kg, anda berarti seorang yang kurus, dan jika berat badan anda 60 kg, berarti anda masih terbilang orang yang gemuk.

Tapi ukuran kurus dan gemuk, bukan hanya masalah timbangan berat badan tapi juga penampilan kita.

Walau berat badan kita sudah pas, tapi kalau lengan dan pipi masih terlihat cekung, bisa jadi orang – orang akan menilai bahwa kita adalah wanita yang kurus.

Sebaliknya jika berat badan kita sudah pas, tapi kalau wajah kita masih tembem, atau nyempluk, maka orang – orang juga menilai kita tetap gemuk.

Sebenarnya kurus, langsing gemuk itu bukan permasalahan yang serius. Namun kadang menjadi masalah yang besar ketika kita ingin melamar pekerjaan.

Apalagi sekarang banyak sekali perusahaan atau tempat kerja yang memberikan syarat pekerjaan mengenai berat badan maximal dan minimal bagi calon pelamar kerja.

Jika terlalu kurus, gemuk mungkin sulit diterima oleh HRD di perusahan atau pabrik yang diinginkan. Kecuali jika anda kenal dengan orang dalam.

Ada juga jenis orang yang memang ga bisa gemuk. Padahal sudah makan banyak tetap saja terbilang kurus.

Anda harus lebih berhati – hati karena orang yang kurang berat badannya lebih mudah terkena penyakit paru-paru, dan penyakit gagal jantung.

Sedangkan orang gemuk juga gak baik, karena mereka bisa terkena penyakit diabetes, kolestrol, dan banyak lagi.

Sebaik – baiknya memang kita harus mempunyai berat badan ideal sehingga tidak rentan terkena penyakit yang mematikan.

Banyak orang yang berusaha untuk menggemukan badan akan tetapi hasilnya nihil, berat badan tetap stabil dan mungkin kalian ada yang frustasi karena belum menemukan cara agar menambah berat badan agar terlihat ideal.

Bukannya mau menakut – nakuti, namun menurut penelitian ilmu kedokteran, orang yang memiliki berat badan yang kurang normal atau kurus, mempunyai resiko meningal dunia lebih dini.

Tapi kalau ini sih saya juga ga mau percaya, karena hidup mati kita sudah digariskan sama Allah SWT. Bukan karena berat badan, tapi hal tersebut adalah sebuah takdir yang ga bisa dipungkiri.

Orang yang memiki berat badan yang kurang atau kurus dikarenakan ada 2 faktor yaitu:

1. Faktor keturunan atau genetik

2. Faktor kurang menjaga kesehatan antara lain:

pengguna narkoba, merokok, minuman beralkohol, kekurang gizi, anoreksida atau kesehatan mental.

Kali ini Intan Tutorial akan membagikan 20 cara agar dapat menggemukkan tubuh dengan sehat. Cara ini boleh dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. Apa saja caranya, yuk simak di bawah ini...

1. Perbanyak makan makanan karbohidrat
Makanan yang mengandung karbohidrat sangat membantu menambah berat badan. Walaupun rasanya hambar dan mempunyai teksturnya padat.

Untuk mensiasatinya anda bisa mengkombinasi makanan karbohidrat tersebut dengan makanan kesukaan anda lainnya.

Kekurangan karbohidrat juga ga baik untuk kesehatan. Akan banyak sekali gejala penyakit yang akan muncul, seperti sakit perut, maag, asam lambung dan lain lain, dan dari segi postur tubuh akan terlihat kurus.

Makanan – makanan yang mengandung karbohidrat sangat banyak diantaranya: nasi, jagung, singkong, ubi, kentang, gandum.

Apa yang terjadi jika mangkonsumsi karbohidrat? Dengan mengkonsumsi karbohidrat secara teratur akan memicu lebih banyak kalori yang diperlukan tubuh untuk menambah berat badan.

2. Tidur
Cara menggemukkan yang paling mudah adalah tidur. Yah walau anda orang yang sibuk, cobalah untuk tidur pada waktu senggang. Misalnya waktu menunggu seseorang, menunggu kendaraan, atau pun pada waktu istirahat siang.

Untuk wanita, tidur siang hari pada waktu menstruasi juga merupakan cara cepat menggemukkan badan karena kalori akan cepat mengendap.

Apalagi jika anda melakukan tidur siang atau tidur malam setelah makan dan minum susu. Pasti akan cepat gemuk.

3. Minum jus buah
Walaupun buah banyak mengandung sumber vitamin, serat dan mineral, tetapi jika diolah menjadi jus maka tubuh akan dengan mudah menyerap nutrisi karena teksturnya sudah halus. Berat badan kalian juga akan bertambah.

Supaya lebih cepat gemuk, anda juga bisa menambahkan beberapa cairan yoghurt dan susu untuk menambah berat badan kalian agar menjadi gemuk dan berisi.

4. Rajin Minum susu.
Susu sangatlah ampuh untuk menggemukan badan, karena ilmu kedokteran sudah meneliti kandungan protein yang ada di dalam susu dapat menambah berat badan.

Jika kalian jarang minum susu akhir - akhir ini, cobalah mulai besok anda niatkan lagi meminum susu secara teratur.

Kalau ada cobalah untuk minum susu murni dari Sapi atau Kambing. Bukan yang sudah ada rasa coklat atau strawberry. Karena susu ini lebih banyak mengandung kalsium daripada susu lain.

Jika anda tidak suka susu hewani, anda juga bisa mengkonsumsi susu dari kedelai. Rasanya berbeda tapi mempunyai kandungan yang hampir mirip.

Bagi kalian yang kurang menyukai susu cair kalian bisa mengolahnya menjadi puding, es krim susu dan yoghurt.

Walaupun susu sudah diolah, kandungan di dalam susu tetap tidak menghilangkan protein. Jika anda tidak suka, anda bisa meminum susu rasa coklat, melon, dan strawberry.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi susu.

5. Konsumsi madu.
Madu merupakan obat alami yang sangat banyak khasiatnya. Teksturnya ada yang cair dan kental.

Rasa madu sangat manis daripada gula dan warna nya kuning keemasan. Ada juga yang berwarna putih dan hitam karena dipengarui oleh jenis lebah- lebah yang bermacam - macam.

Salah satu khasiat madu yaitu dapat menambah berat badan dan hasilnya tak dapat di ragukan lagi. Karena madu mengandung gula dan vitamin B yang tidak ada pada gula putih.

6. Per banyak minum air soda.
Di Indonesia banyak sekali macam air soda. Mulai dari merek penyegar tenggorokan di kaleng, di botol, dengan berbagai macam warna pula.

Seperti Fanta dan Sprite, ada Juga Coca Cola, pepsi. Dan banyak lagi. Sebenarnya minuman ini tidak baik jika dikonsumsi terlalu banyak dan terus menerus.

Namun kandungan gulanya inilah yang memudahkan kita untuk cepat gemuk. Minumlah sehari sekali saja, dan berhentilah jika berat badan anda mulai bertambah agar kesehatan anda juga bisa terjaga.

7. Makan lebih sering.
Orang yang memiliki berat badan yang kurang atau kurus seperti anda. Sebaiknya mulai sekarang harus menambah porsi makanan anda.

Tetapi tidak boleh langsung ditambah dalam porsi yang terlalu banyak. Tambahkanlah sedikit setiap kali waktunya makan. Karena jika terlalu banyak, akan berakibat perut dan lambung kalian menjadi sakit. Jadi tambahkan sesuai kemampuan makan kalian.

8. Makan makanan protein tinggi.
Makan makanan yang berprotein tinggi yang terkandung pada hewan dan tumbuhan sangat cepat membantu anda menambah berat tubuh.

Tentunya makanan ini sangat alami, protein mempunyai fungsi membentuk otot - otot yang kuat dan dapat mengemgukan tubuh.

Makan makanan berprotein tidak boleh sembarangan, akan tetapi ada ukuran - ukuran dalam mencukupi protein di dalam tubuh.

Protein yang di perlukan tubuh dalam sehari yaitu 0,8 gram / berat badan (kg) per hari untuk membentuk otot.makanan yang berprotein antara lain: telur, daging, ikan, dan biji-bijian.

9. Makan mie di malam hari
Makan mi kesukaan di malam hari adalah cara paling ampuh buat anda suka cara instan untuk menggemukkan badan.

Apalagi kalau anda makan mi dan nasi ditambah telur mata sapi yang digoreng. Dimasak dengan tambahan beberapa cabai rawit. Ditaburi bawang goreng di atasnya.

Mi dan nasi jika disatukan memang enak, tapi kalorinya juga sangat banyak sehingga membuat anda mudah bertambah gemuk.

Saya sarankan anda tidak memakan ini terlalu sering karena juga tidak baik untuk kesehatan.

10. Makan makanan berkalori.
Kalori sangat membantu meningkatkan berat badan,dari manakah sumber kalori itu?

Bisa didapat dari makanan dan minuman. Cara gampang melihat kalori adalah dengan melihat ke belakang kemasan makanan atau minuman. Di setiap makanan pasti ada tulisan bahan dan beberapa kandungannya termasuk kalori.

Walaupun sangat cepat untuk menambah berat badan kalian harus tahu kalori yang dibutuhkan perharinya.

Kalori setiap orang berbeda-beda tergantung pada jenis kelamin, usia, tinggi badan, aktivitas fisik sehari-hari, tetapi rata-rata 2000 sampai 3000 kalori per hari.

Makanan yang mengandung banyak kalori adalah nasi putih, alpukat, ubi jalar, buah kering, dan kacang-kacangan.

11. Minuman extra temu lawak.
Untuk menambah berat badan tidak hanya berasal dari sumber makanan tentu bisa diimbangi dengan minuman.

Minuman tersebut adalah extra temulawak. Temulawak mengandung mineral dan vitamin yang di gunakan untuk menambah nafsu makan.

Sehingga walau anda rasanya tidak ingin makan, bisa diselamatkan oleh jamu extra temulawak. Jadi mood makan anda akan kembali, dan makan banyak terus.

12. Rempah rempah alami.
Banyak sekali orang orang yang belum paham mengenai rempah rempah yang ada di indonesia.

Padahal dengan rempah rempah ini khasiatnya sangat banyak.
Bahkan segala jenis rempah bukan hanya untuk penyedap rasa saja.

Rempah-rempah juga di gunakan untuk obat obatan dan satu lagi bisa digunakan untuk menambah nafsu makan.

Anda juga tidak perlu kawatir akan efek samping karena rempah-rempah sangat alami.

Cara mengkonsumsi rempah-rempah juga terbilang sangat mudah yaitu diolah terlebih dahulu menjadi herbal kemudian bisa di konsumsi.

Rempah – rempah yang bisa diolah antara lain: temu ireng, broto wali, jahe, kayu manis dan lain lain.

13. Rajin berolahraga.

Orang yang sangat sibuk dan jarang berolahraga cenderung memiliki kondisi tubuh yang rentan sakit.

Mengapa demikian? karena mereka jarang menggerakkan otot sehingga denyut jantung tidak meningkat.

Sehingga darah, oksigen dan nutrisi tidak dibawa dengan baik, dan berdampak pada kondisi tubuh dan berat badan.

Jika orang rajin berolahraga maka kesehatannya akan baik, makan teratur, kondisi otot - otot yang kendur menjadi kencang.

jadi program kalian untuk makan makanan penggemuk badan bisa diimbangi dengan berolahraga supaya kesehatannya juga terjaga.

14. Harus sarapan pagi.
Sarapan pagi gak bisa dihindari jika anda menginginkan gemuk. Memang saat pagi hari adalah saat sibuk – sibuknya persiapan bekerja.

Anda bisa kok makan – makanan simpel yang apabila membuatnya tidak perlu memakan banyak waktu. Misalnya roti dan mentega, misis, keju, dan daging sebagai isinya.

Kalau mau makan nasi, bisa bikin gorengan, atau beli saja nasi bungkus atau nasi pecel dan nasi jagung yang murah dan enak di makan pagi hari.

Untuk kalian yang menjalankan program menaikan berat badan dengan sehat. Kalian juga harus memperhatikan pola makan yang baik yaitu harus sarapan di pagi hari.

Jangan sampai kalian hanya makan di siang hari karena kesibukan. Nanti lambung kalian akan mudah terkena maagh dan sakit perut.

15. Hindari merokok.
Merokok mempunyai efek yang sangat besar yaitu berdampak pada kesehatan, kondisi tubuh, nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Bila kalian ingin menambah berat badan tapi masih merokok ya tidak akan ada hasilnya.

Penelitian ahli nutrisi di amerika mengungkapkan seorang perokok bisa menahan tidak makan dari pada merokok,jadi berpengaruh pada nafsu makan semakin rendah dan berat badan tidak akan meningkat.

16. Ngemil.
Tidak ada salahnya ngemil di sela sela waktu setelah sarapan pagi dan makan siang.

Atau di antara makan siang dan makan malam. Pilihlah cemilan yang mengandung karbohidrat, atau protein, seperti pada kue, kacang rebus, dan minuman susu buatan sendiri.

Di malam hari, anda bisa membuat atau membeli cemilan penutup seperti terang bulan dan martabak.

17. Makanan dalam porsi kecil
Kalian tidak di anjurkan makan dalam porsi besar untuk menambah barat badan.

Apalagi kalau makan dalam porsi terlalu besar membuat kita cepat merasa kenyang karena melihatnya saja kebanyakan.

Selain itu kalian akan susah untuk bernafas, jika memaksakan makan banyak dengan porsi besar.

Ada baiknya kalian makan dengan porsi yang kecil tetapi lebih sering untuk meningkatkan asupan kalori yang lebih banyak dan jangan lupa diimbangai dengan minuman yang bergizi.

18. Hindari begadang.
Begadang adalah musuh besar bagi kalian yang ingin menaikkan berat badan.

Hal ini sangat sulit untuk dihentikan. Memang begadang tidak ada efeknya jika dilihat dari makanan dan perut. Akan tetapi berdampak pada kondisi kesehatan kalian.

Tubuh kalian akan mudah terserang penyakit ganas dan mengakibatkan menurunkan berat badan dan akhirnya menjadi kurus.

19. Tidak minum minuman ber-alkohol.
Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kondisi tubuh yang ingin meningkatkan berat badan karena kandungan di dalamnya terdapat kalori yang tinggi yang dapat menggangu metabolisme tubuh dan merusak hati.

Jadi harus di hindari bagi kalian yang ingin program menambah berat badan supaya kalian membuahkan hasil.

20. Hindari narkoba.
Kalian pasti sudah pernah liat pengguna narkoba waktu ditangkap oleh kepolisian kebanyakan memiliki postur yang sangat kurus dan cungkring.

Nah dari situ sudah jelas bahwa narkoba bisa menurunkan berat badan dan mengakibatkan sumber penyakit yang sangat susah disembuhkan.

21. Periksa kesehatan.
Kalian sebenarnya sudah menjalankan semua proses untuk menambah berat badan.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mencoba konsultasi kesehatan. Karena bisa jadi kekurangan berat badan tersebut karena faktor penyakit dalam yang tidak bisa dilihat oleh mata.

Karena walau anda sudah berusaha kerasa tapi tidak menghasilkan apa – apa atau sia-sia mungkin anda mengidap penyakit seperti coeliac, anorekside nervosa dan mengalami gangguan makan atau hipertiroidisme.

Kondisi ini mengakibatkan berat badan kalian tidak naik - naik dan cenderung di bawah normal. Anda harus mengobatinya terlebih dahulu ke dokter atau rumah sakit.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar