Kamis, 17 Oktober 2019

Filled Under: ,

9 Cara Mudah Merawat Kucing Bagi Pemula

Apakah anda pertama kalinya memelihara seekor kucing? Baca terus 9 Cara Mudah Merawat Kucing Bagi Pemula. Langkah perawatannya sangat mudah.

Siapa sihh yang gak suka dengan kucing lucu? Kucing adalah hewan yang sangat lucu dan mengemaskan.

Di sekitaran rumah kita banyak sekali kucing yang berkliaran. Jenis dan kondisinya pun bermacam macam ada kucing kampung, ras, dan ada yang peranakan pesia, namun kondisinya sangat mengenaskan.

Kepedulian kita kepada kucing masih sangat rendah karna banyak sekali kucing yang terlantar dan lontang lantung keluar masuk komplek rumah.

Bahkan di negara Sakura Jepang, kucing di perlakukan seperti manusia. Kucing sangat disayangi dan dihormati. Di Jepang pula ada perayaan hari kucing yang bertepatan tanggal 22 februari.

Hari kucing adalah hari peringatan atau perayaan nasional di Jepang untuk menghormati kucing. Sampai begitunya orang Jepang menghormati si kucing ini.




Kita saja yang ketemu kucing tiap hari kurang peduli dan acuh terhadap hewan ini. Sebaiknya kita merubah sikap dan perilaku kita terhadap semua makhluk ciptaan Allah SWT terutama kucing.

Bagi kalian yang ingin memelihara kucing tetapi baru memulai simak tips bagi pemula dan cara yang baik dan benar.

1. Berilah sebuah nama


Kucing peliharaan harus diberi nama unik dan yang lain daripada yang lain. Pemberian nama agar kucing tidak mudah dipanggil atau diculik orang lain apalagi kalau kucing anda sangat lucu pasti banyak yang menyukainya juga.

Pemberian nama yang unik, membuat kita menjadi aman. Sehingga ketika ada orang lain yang memanggil pus, dia tidak akan datang dan diam saja. Namun jika dia dipanggil namanya, dia akan datang kepada anda.

2. Kalung Kucing


Bukan hanya sebuah nama, kalung kucing juga sangat penting. Kalung kucing menandakan bahwa kucing anda sudah ada pemiliknya.

Yap sama seperti cincin pernikahan, anda memakai cincin untuk menandakan bahwa anda sudah milik suami atau istri anda, bukan yang lain.

Pilihan kalung kucing sangat banyak. Ada yang berlonceng, kalung lonceng dengan pita.

Namun yang paling bagus adalah kalung kucing yang bertuliskan nama kucing beserta no telpon atau alamat pemiliknya. Sehingga ketika kucing anda hilang, bisa dikembalikan ke tangan anda.

3. Makanan


Makanan kucing ada 2 macam yaitu makanan kering dan basah. Lalu sebagai pemilik yang baik memberi makan kucing harus di beri variasi tidak boleh memberi makanan yang kering terus atau basah terus.

Kenapa? karena nanti kucing mudah terkena penyakit dan jatuh sakit. Kucing sakit ditandai dengan lesu, tidak nafsu makan, mencret, atau pun muntah – muntah.

Oleh karena itu, sebaiknya makanan keringnya lebih sering daripada makanan basah. Kalau bisa makanan basah itu hanya sekali atau dua kali seminggu saja. Selebihnya anda bisa memberi kucing makanan kering.

Ingat ya jadi harus di selang seling agar kucing tetap sehat dan lincah.

Lalu bagaimana caranya memilihkan makanan kering yang disukainya? Di postingan lain, nanti saya kasih tahu ya.

4. Kesehatan


Kucing yang baru anda pelihara sebaiknya di cek kesehatannya dulu atau pergi ke dokter hewan supaya kalian mengetahui kondisi dari si kucing.

Kalau anda takut sama harganya, anda bisa pilih puskeswan saja alias pusat kesehatan hewan. Dijamin harga lebih murah dibanding dokter hewan biasa.

Setelah dari dokter, pisahkan kucing dari hewan peliharan lainnya selama 2 minggu supaya bisa beradaptasi dengan lingkungan.

5. Vaksinasi


Kucing kesangan jangan lupa di vaksinasi ya. Vaksinasi itu sangat penting karena sama seperti pemberian imunisasi pada anak.

Hewan yang tidak divaksinasi akan mudah terserang penyakit, jadi lakukanlah dengan teratur.

Jangan perdulikan biayanya tapi kesehatan dari peliharaaan sehat jauh lebih mahal dari pada biaya pengobatan jika sakit.

jika masih kecil vaksinasi dilakukan 1 tahun 3 kali dan jika sudah dewasa maka cukup 1 tahun 1 kali.

6. Litter box 


Walaupun kucing tidak mempunyai akal pikiran akan tetapi jika kucing dilatih dari kecil untuk pup dan pipis di litter box maka akan terbiasa disiplin dan tidak sembarangan.

Jangan lupa di dalam litter box tersebut berilah secukupnya pasir agar tidak bau dan bisa ditutupi. Belilah pasir yang memang khusus kucing, warnanya putih, dan mudah menggumpal.

Untuk pasir biasa satu karung murah kok cuma 28.000 – 30.000 an tapi kalau mau pasir wangi dan menggumpal harga lebih mahal yaitu 70.000 – 90.000 per satu karungnya.

Usahakan letak litter box tidak berdempetan dengan tempat makanan si kucing.

7. Vitamin dan obat


Si kucing yang baru datang wajib di beri vitamin dan obat supaya kucing tidak mudah terkena kuman dan mempunyai bulu yang bagus. Jangan lupa berikan obat bulu dan vitamin secara teratur.

Vitamin bulu juga murah, ada yang jual ecer maupun sebotol. Kalau ecer mungkin 2.000an aja kalau sebotol kecil harganya 30-50 ribuan aja. Anda bisa dapatkan di petshop terdekat atau pun di online shop.

Berilah obat bulu sehari sekali. Cara memberikannya hanya dengan meletakkan obat tersebut di tempat makannya. Walau kelihatan pahit, tapi kucing pasti suka karena pil tersebut rasa ikan.

8. Memandikan kucing


Jika bulu kucing terlihat kusam dan kotor serta kucing sering garuk garuk, segeralah mandikan dan bersihkan.

Memandikan kucing itu bisa seminggu sekali atau sebulan sekali. Tergantung tempat di sekitarnya.

Jika si kucing suka pergi ke luar dan bermain kotor, suka bermain di bawah sepeda motor, suka bermain di taman maka saya sarankan supaya anda memandikannya seminggu sekali.

Sedangkan jika si kucing hanya di dalam rumah, dengan lantai bersih, dan jarang kotor – kotor. Anda bisa mandikan si kucing sebulan sekali.

Saat memandikan kucing harus dengan air hangat jangan mengunakan air biasa. Kucing tidak suka dengan air biasa karena dia bisa kedinginan dan masuk angin. Sebaliknya dia sangat suka air hangat.

Walaupun sangat menyusahkan, anda harus bersabar demi kucing anda. Lain lagi jika kucing anda berkutu, kucing yang banyak kutunya harus sering dimandikan. Mandikan 2 – 3 kali dalam seminggu.

Berikanlah shampo khusus kucing jangan mengunakan shampo manusia karena nanti bulu kucing mudah rontok.

Setelah dimandikan, anda harus benar – benar mengeringkannya dengan hair dryer. Jangan sampai dibiarkan kering sendiri karena jika tidak dikeringkan dengan cepat, kucing bisa rentan terhadap jamur.

Setelah dikeringkan, khusus untuk bulu lebat seperti kucing persia. Maka anda harus menyisirkan bulu kucing tersebut supaya tidak gimbal.

9. Mainan

Kucing adalah hewan yang sangat aktif. Jadi ajaklah bermain atau berikanlah mainan di dekatnya. Hal ini untuk mencegah kesetresan pada kucing.

Jika kucing selalu dikurung di dalam kandang, maka kucing akan malas - malasan dan tidur saja. Kebiasaan ini sangat tidak baik untuk tubuhnya.

Mainan yag disukainya adalah tali – talian, sehingga dia bisa mengejar tali tersebut. Selain itu, anda bisa memberinya bola mainan supaya kucing lebih aktif dan sehat.

Jadi sudah jelaskankan tipsnya. Mudah mudah kalian jadi orang yang peduli dan bertanggung jawab terhadap hewan peliharaan lainnya termasuk si kucing. Semangat!

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar