Minggu, 13 Oktober 2019

Filled Under: , ,

24 Hadiah yang Cocok untuk Anak Laki Laki Kesayangan Anda


Pasti lagi bingung ya mencaari hadiah untuk anak laki-laki? Memang kadang kita tidak bisa menebak apa yang paling disukai oleh anak laki-laki.

Apalagi kalau kita tidak begitu dekat dengannya. Walaupun dekat seperti anak sendiri, kadang kita juga salah menerka apa yang disukainya.

Belum lagi, bagi yang mempunyai anak laki laki, mungkin sedikit repot memilih atau membelikan hadiah karena banyak sekali optionnya. Jika tidak sesuai anak mungkin ngambek dan menangis.

Kadang kita sebagai orang tua kebinggungan memberikan hadiah kepada anaknya. Untuk perkembangan usia anak, anda bisa memberikan hadiah yang mempunyai nilai fungsi dan pendidikannya.

Mulai sekarang cobalah untuk memberi hadiah yang sesuai dengan usia-usia putranya. Agar hadiah yang anda berikan sesuai dengan keinginan dan perkembangan usia anak anda.

Untuk itu Intan Tutorial disini memberikan sebuah pilihan untuk anda. Semoga membantu keputusan anda dan mendekatkan sang anak kesayangan.

Inilah 23 hadiah atau kado yang disukai oleh anak laki-laki atau anak kecil cowok.

Kali ini mimin akan membagikan tips tips memberi hadiah untuk anak laki-laki. Silahkan simak yee...

1. Mainan
Siapa sih yang nggak suka dikasih hadiah? Hal yang paling di sukai anak anak biasanya pada saat hari ulang tahunnya yaitu mendapatkan hadiah yang banyak.

Ketika memilih mainan, jika anak laki-laki anda belum bisa bicara atau balita kecil tidak akan jadi masalah jika anda belikan mainan apa saja.



Akan tetapi jika anak sudah bisa memilih dan bisa bicara maka anda harus bertanya mainan apa yang disukainya. Lebih baik bertanya daripada salah beli khan?

Jikalau anda tidak bisa menanyakan langsung, anda bisa mengikuti mainan pilihan ini yang sangat cocok untuk anak laki-laki anda. Mainan untuk anak laki laki sangat beragam mulai dari:

- Robot - Robotan
- Mobil – mobilan
- Pesawat - pesawatan
- Kapal – kapalan
- Miniatur Kereta Api
- Berbagai macam binatang
- Buah - Buahan

Tentu semuanya dalam bentuk mainan ya. Dijamin anak atau keponakan anda menyukainya.

2. Bola 

Ada banyak sekali macam bola di dunia ini. Anda sebaiknya mengetahui dulu, anak anda suka melakukan olahraga apa? Apakah anak anda suka main basket atau suka main sepak bola?

Selain itu, tentu saja orang tua harus tau bakat olahraga anaknya. Jika anak laki-laki anda suka bermain voli dan basket tapi bakatnya ada di olahraga basket. Maka sebaiknya belikan bola basket, bukan bola volli.


Jika anak anda suka bermain sepak bola dan bercita – cita ingin menjadi pemain sepak bola TIMNAS misalnya. Berarti yang cocok menjadi hadiah untuknya adalah bola sepak bola.

Tidak hanya bola, anda pun bisa memberikannya sebuah sepatu olahraga untuk bermain bola atau anda bisa membelikannya sebuah kaos olahraga pemain andalannya yang membuatnya semakin giat melakukan kegiatannya.

3. Sepeda
Sepeda membuat anak laki-laki anda menjadi aktif dan semakin sehat sehingga dia bisa bermain dan berolahraga. Ketika anak anda sudah bisa berjalan dan berlari, ada bisa mengenalkannya sepeda.

Sebelum itu, ajarkanlah dahulu bagaimana cara menaiki sepeda yang benar. Supaya dia tidak jatuh ketika menaikinya. Atau sebelum diajarkan ke sepeda roda dua, anda bisa memasang roda tambahan dibelakangnya jadi sepeda roda empat.


Khusus untuk anak yang masih terlalu kecil anda bisa membelikannya sepeda roda tiga untuk masa belajarnya. Pasti anak anda sangat senang karena sepeda tersebut.

Selain itu bersepeda dapat melatih keberanian dan keseimbangan gerak tubuh anak anda. Jangan lupa untuk memberitahunya bermain sepeda jangan terlalu jauh, di dekat rumah saja supaya tidak kenapa-napa.

4. Baju 

Baju anak juga termasuk pilihan yang tepat untuk dijadikan hadiah atau kado yang special. Untuk hadiah sebaiknya anda memilih baju dengan warna favoritnya atau baju dengan gambar lucu yang mungkin akan disukainya.

Supaya lebih bagus lagi, anda bisa membeli baju yang sama atau couple untuk ayah dan anak laki-laki agar mereka menjadi sama, si anak juga bisa antusias ketika memakai baju tersebut.


Selain itu, anda juga bisa memlilih baju yang lagi ngetrend tahun ini agar anak anda menjadi anak yang paling keren se-Indonesia Raya. Hehehe.

Jika anda tidak mempunyai uang tapi bisa menyulam, buatlah baju sweater untuk anak laki – laki anda. Tentu saja harganya lebih murah dibanding membeli baju jadi, walau kadang lebih merepotkan dan memakan waktu lama.

5. Alat musik
Ada berbagai macam alat musik yang biisa anda jadikan kado yaitu piano, pianika, gitar, bass, gendang, peluit, dan sebagainya.

Anda bisa membelikan kado untuk anak anda dengan alat musik yang dia mau atau alat musik sesuai dengan bakatnya.


Yah mungkin harga alat musik sangat mahal, jika anda belum mampu membeli, anda bisa membelikan alat musik mainan saja yang hampir mirip aslinya.

Jika anda mempunyai kemampuan untuk membuatnya. Cobalah berkreatifitas untuk membuat alat musik sendiri, pasti anak anda lebih menghargainya.

Selain itu anda juga membeli alat musik bekas dengan harga yang masih terjangkau daripada membeli yang baru. Beli barang bekas yang masih layak dipakai juga termasuk penghematan pengeluaran.

Orang tua yang mengeluti dunia permusikan biasanya anak pasti diberikan hadiah alat musik dengan tujuan agar suatu saat anaknya bisa menjadi pemusik yang profesional.

6. Jalan jalan ke tempat hiburan
Yang namanya anak – anak pasti semua suka bermain dan hiburan. Maka untuk hadiah terindah, anda bisa mengajak anak anda ke tempat bermain dan hiburan.


Di zaman milenial ini tempat hiburan sangat banyak sekali. Anda tinggal mencari waktu liburan yang tepat dan ambillah cuti segera untuk menemani anak anda liburan.

Contoh tempat hiburan di Surabaya dan Malang misalnya Surabaya Carnival Park, Ciputra waterboom, Taman safari prigen, Kebun binatang Surabaya, Jatim Park, Kebun teh, kebun kurma, kebun strawberry yang terkenal dengan outbond dan masih banyak lagi.

7. Kolam kolaman
Anak anda suka bermain air? Walau tak punya kolam renang, anda bisa kok membelikan anak anda kolam - kolaman seperti bak mandi untuk tempat bermain anak.

Kolam kolaman tersebut bisa dijadikan tempat mandi sekaligus bermain. 




Jangan lupa juga sediakan mainan air supaya anak semakin senang. Misalnya tembak – tembakan air, ban plastik atau bebek-bebekan untuk menemani mereka bermain.

8. Alat alat tulis dan mewarnai 

Masa kecil adalah masa – masa menyenangkan dengan berbagai kegiatan menyenangkan seperti berlatih menulis dan mewarnai.


Agar anak anda semakin semangat belajar dalam proses mengenal huruf dan warna, anda bisa belikan dia sebuah alat – alat tulis yang lucu seperti bolpin kipas, pensil bergambar, dan pensil mewarnai seperti crayon, dan spidol.

Selain itu alat tulis menulis ini juga sangat bagus untuk melatih kecerdasan berfikir dan saraf motorik anak anda di masa tumbuh kembangnya.

9. Tempat makanan dan minuman 

Anak anak sangat meyukai bentuk yang lucu pada setiap benda. Khususnya tempat makanan dan minuman. Banyak tempat minum dan makan yang unik dan dapat dibawa ke sekolah dengan perasaan senang.

Tidak hanya itu saja, dengan tempat makan dan minum yang cantik, membuat nafsu makan anak anda juga bertambah. Apalagi kalau isiannya juga cantik seperti tempatnya juga.


Kalau masalah isiannya anda harus bisa sekreatif mungkin dengan bantuan peralatan membuat bento. Anda bisa beli cetakan nasi berbentuk wajah beruang, cetakan telur berbentuk hati, atau sekedar menyajikannya secara rapi dan unik.

Anda bingung mau beli dimana? sekarang sudah banyak sekali yang menjual dan orang tua tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkanya karena banyak online shop yang menjualnya.

10. Menonton film kesukaannya di bioskop 

Sebenarnya menonton film kesukaan tidak harus ke bioskop, karena sekarang bisa menonton lewat gadget maupun handphone.

Akan tetapi jika orang tua memberikan handphone untuk anak - anak takutnya anak bisa kecanduan dan cenderung jarang berinteraksi dengan teman temannya.


Tidak ada salahnya orang tua mengajak anaknya menonton di bioskop bersama sama keluarga. Pastikan film yang ditonton juga yang disukai mereka dan memang untuk anak – anak.

Menonton di bioskop juga lebih seru dan lebih bermakna untuk mereka daripada menonton di rumah.

11. Celengan
Ajari anak – anak untuk berhemat sedari kecil yah, sehingga dia tahu bahwa uang itu bukan untuk dibuang – buang saja. Karena mencari uang juga tidak mudah.


Latihlah untuk anak anda untuk rajin menabung, dan ajarkan dia bahwa uang di celengan tersebut bisa dibuat beli robot baru yang mahal atau benda lainnya.

Ajari mereka untuk mengontrol keuangan di usia dini dan bisa membeli barang atau berbelanja dengan bijak, karena hemat pangkal kaya.

12. Rubik 

Mungkin banyak yang mengira rubik adalah permainan yang sulit dan membosankan, tetapi jangan salah sebagian orang dan anak anak juga sangat menyukai permainan ini karena rasa penasarannya untuk memecahkan teka – teki.


Mainan ini memiliki tingkat kerumitan pada setiap bentuk dapat melatih cara berfikir anak anda, bahkan orang dewasa juga menyukai mainan ini.

Jika anak anda termasuk ke dalam anak jenius dan suka teka – teki mungkin rubik adalah mainan yang cocok.

13. Puzzle atau Mainan Bongkar Pasang
Sama seperti rubik, puzzle juga sangat cocok untuk otak anak anda. Walau gak serumit rubik, tapi puzzle ini lebih menyenangkan karena sangat beraneka ragam bentuknya.


Ini sangat cocok untuk anak yang tumbuh dan berkembang karna dapat melatih pola fikir anak, karakternya pun beraneka ragam, mulai dari tokoh kartun, superhero, hingga gambar binatang.

14. Sepatu roda
Sepatu roda adalah hadiah yang pas untuk anak yang suka berlari – lari. Sepatu roda ini bisa digunakan ketika car free day atau waktu kumpul – kumpul bersama temannya.


Sebaiknya anda memberikan hadiah sepatu roda pada saat anak umur 10 tahun ke atas karena anak sudah bisa menjaga keseimbangan badannya dibandingkan anak yang berumur di bawah 10 tahun.

Waktu pertama kali membelajari anak bermain sepatu roda, jagalah keamanan si anak. Kalau perlu pakaikan pelindung lutut dan pelindung siku supaya kalau jatuh tidak begitu sakit dan banyak luka.

15. Tembak peluru air 

Mungkin sudah dijelaskan di atas ya. Waktu hadiah kolam – kolaman, tembak peluru air ini bisa dipasangkan dengan kolam – kolaman tersebut.

Tembak peluru air memang sangat menyenangkan dan tidak berbahaya karena tidak ada peluru di dalamnya, yang ada hanya air yang bisa membasahi target yang disemprot.


Daripada anak main hujan hujan dan bisa berakibat pada kesehatannya, maka lebih baik bermain tembak – tembakan air dengan teman temannya.

Oh iya jangan lupa supaya tidak menembak di area berbahaya seperti mulut, telinga dan mata.

16. Costum super hero 

Sekarang banyak sekali film – film pahlawan seperti film marvel yang terkenal, ada thor, iron man, spiderman, captain amerika dan banyak lagi.


Sebelum memilih costum super hero, anda harus tahu lebih dahulu super hero apa yang disukai anak anda. Jangan sampai anak anda kecewa karena anda salah pilih costum.

Terkadang anak menyukai idolanya dan ingin menjadi mereka, karena sering melihatnya di telivisi. Sekarang waktunya anda berinisiatif membelikan kostum yang disukai anak anda, seperti batman, spiderman, superman, atau yang lainnya.

17. Rumah rumahan 

Main rumah – rumahan sangat disukai anak – anak. Mereka biasanya bermain berperan menjadi papa, anak, bos dan peran lainnya. Dia bisa bermain dengan teman – temannya atau robot - robotnya.

Untuk menunjang perannya anda bisa membelikan anak – anak rumah – rumahan yang mereka sukai seperti berbentuk tenda -tendaan.


Selain itu anda juga bisa membelikan rumah – rumahan berbahan balok kayu. Mainan yang satu ini bahannya sangat ramah lingkungan karena bahannya terbuat dari kayu dan tidak ada zat kimia seperti mainan dari plastik.

18. Tas sekolah 

Anak anda hari ini tidak semangat sekolah? Cobalah bujuk dia agar lebih semangat lagi. Anda bisa menghadiahkannya alat – alat tulis lucu yang sudah disebutin di atas dan selain itu anda juga bisa memberinya sebuah tas.


Untuk memilih tas, cobalah untuk memberinya sesuai dengan kesukaannya. Misalnya anak anda suka robot, belikan tas bergambar barbierobot, dan jika anak laki laki anda suka dengan mobil – mobilan, belikan mereka mobil – mobilan.

18. Karakter figur 

Ketika kita di mall atau ketika pergi ke pasar malam pasti sempat lihat yang namanya karakter figur. Jika tidak ketemu cobalah anda mampir ke toko mainan.

Disana pasti banyak sekali karakter figur atau tokoh mainan. Di dalam toko mainan tersebut terdapat karakter figur dan sangat banyak macamnya dari superhero, cartoon, animasi,dan lain sebagainya.


Pilih saja mainan yang paling sering diminta oleh anak anda, atau anda bisa tanya dulu kepada anak anda, dia ingin figur mainan seperti apa.

19. Mainan remot control 

Di era modern ini banyak sekali mainan yang di gerakan dengan remot control. Mulai dari mobil, robot, kapal, pesawat, bahkan yang lagi viral adalah drone.


Walaupun pada dasarnya dibuat untuk alat militer yaitu pesawat tanpa pengemudi tetapi drone sekarang sudah banyak di buat untuk berbagai kegunaan.

Mainan remot control ini memang harganya agak mahal, jika uang anda masih belum sampai. Cobalah untuk menabung dulu untuk hadiah anak tercinta.

20. Game / playstion
Main game memang membuat anak kecanduan dan lupa waktu. Namun untuk anak yang sering main keluar, cobalah berikan hadiah game.


Mainan yang dimainkan dengan sambungan tv ini tentunya membuat sang anak tidak main di luar rumah, akan tetapi sang anak menjadi kurang berinteraksi dengan teman-temannya.

Karena game PS ini termasuk mainan mahal, sebelum memberi ini anda bisa mengajukan syarat sebagai pergantian. Misalnya beri syarat anak anda agar mendapat juara kelas di kelasnya.

Tapi meski dia tidak juara kelas, berikanlah game ini daripada dia kecewa karena dia juga sudah berusaha keras yang penting ada peningkatan dalam belajarnya.

21. Jam 

Kado yang murah meriah adalah jam. Walau murah, jam ini sangat bermanfaat lho. Aneka jam juga banyak. Ada jam dinding, jam beker, maupun jam tangan.


Walaupun kurang begitu special namun sang anak bisa berlatih kedisiplinan. Dengan jam dia bisa bangun tepat waktu, dan bisa mengatur waktu jamnya untuk bermain dan belajar.

Hal ini pasti sangat berpengaruh bagi pertumbuhanya sampai dewasa. Supaya si anak suka, anda bisa pilih jam dengan karakter lucu yang disukai oleh anak laki – laki anda.

22. Hadiah buatan tangan 

Tak ada uang, atau uang anda hanya sedikit bukan berarti membuat anda tidak bisa memberikan kado spesial kepada anak laki – laki kesayangan.

Mungkin sebagai oranng tua juga mempunyai impian bisa membahagiakan anaknya lewat hadiah mahal akan tetapi melihat sikon lebih penting dari pada mementingkan gengsi, nanti malah susah sendiri.


Banyak sekali kerajinan tangan yang bisa anda buat sebagai hadiah untuk anak anda tercinta. Misalnya baju rajutan, mainan kayu, lukisan, bandulan yang dibuat dari ban mobil yang diikatkan dengan tali, jungkat jungkit dan kerajinan tangan.

Walaupun harganya tidak seberapa akan tetapi nilainya sangat berharga. Hal tersebut akan lebih berarti dari hal apapun dan akan diingat oleh anak anda sepanjang hidupnya.

23. Kue tar atau makanan kesukaan 

Makanan kesukaan juga bisa menjadi salah satu pilihan kado yang tepat. Anda bisa membuatnya dengan rasa enak dan sebagus mungkin.


Jika anda tidak bisa, cobalah berlatih dulu beberapa hari sebelum hari ulang tahunnya. Agar waktu hari – H bisa tercapai dengan baik dan anak anda juga suka dengan rasanya.

Gak ada pelatih atau pembantu? Cobalah berlatih dari youtube, disana apa saja bisa anda temukan. Jadilah orang tua pintar dan modern.

24. Binatang peliharaan 

Anda dan keluarga anda termasuk penyayang binatang? Cobalah memberi kado anak anda binatang yang disukainya. Misalnya kucing, hamster, ayam kecil, dan lain – lain.

Asal anak anda dan keluarga dapat menjaga dan memelihara yang baik, maka memberikan binatang peliharaan adalah pilihan yang bagus.


Memelihara peliharaan juga dapat melatih anak anda bertanggung jawab terhadap apa yang dipunya. Sehingga dia bisa saling mengasihi sesama makhluk, dan semakin bertanggung jawab.

Ingat ya peliharalah binatang jinak jangan binatang yang buas dan tidak patut dipelihara.

Gimana banyak sekali bukan? mudah mudahan anda menjadi orangtua yang dapat membahagiakan keluarga tercinta khususnya kepada buah hati anda,,,,,

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar