Sabtu, 21 April 2018

Filled Under: , ,

Resep Cara Membuat Es Blewah Sederhana dan Segar Untuk Buka Puasa

Cara membuat es blewah segar dan sederhana untuk berbuka puasa. Iters sebentar lagi buka puasa nih, apa anda sudah menyiapkan sajian es enak untuk melepas dahaga? Jangan bingung bingung lebih baik baca sampai habis artikel ini yah.

Intan sih karena tergoda dengan adanya blewah dimana – mana. Akhirnya saya membeli 1 buah blewah.


Entah kenapa setiap bulan puasa, pedagang yg menjual blewah selalu ramai. Sepertinya memang blewah selalu dikaitkan dengan takjil untuk berbuka puasa yg cocok. Harganya murah sekali kalau beli 1 buah.

Intan dari dulu suka membuat sendiri, masakan dan minuman yg simpel kecuali memang gak ada waktu untuk membuatnya atau badan ini cukup lelah untuk memasak.

Blewah bentuknya seperti labu dengan warna kulitnya yg hijau, dan dagingnya berwarna oranye. Terkadang kalau sudah dikupas dari kulitnya, jika dilihat mirip seperti melon, bijinya juga hampir mirip. Mungkin saudara jauh ya.

Sayangnya walau blewah hampir mirip dengan buah lain, tapi rasanya itu kalau gak dikasih gula, gak bisa dirasakan kenikmatannya alias hambar.

Jadi ga enak banget kalau dimakan begitu saja, enaknya itu saat blewah dijadikan es dan dicampurkan rasa manis di dalamnya. Wajar saja sebagai koki pemula, anda cukup bingung harus diolah bagaimana buah blewah ini.

Ada beberapa resep untuk mengelolah blewah ini, namun untuk pertamanya saya akan bagikan resep cara membuat es blewah sederhana untuk berbuka puasa dan bisa anda praktekkan untuk teman berbuka nanti.

Sebelum anda mulai membuat es blewah, sebaiknya anda punya alat kerokannya dulu, supaya mudah untuk membuat es. Bentuknya seperti ini, anda bisa beli di alat memasak atau toko bahan kue di dekat anda.



Kalau gak punya gak apa - apa sih, masih bisa dikerok sama garpu. Supaya gak penasaran silahkan simak Resep Es Blewah Sederhana, Segar dan Enak di bawah ini:

Alat untuk membuat es blewah segar dan sederhana
- 1 buah alat kerok blewah

- 5 buah gelas

- 1 buah ceret

- 1 buah mangkok besar

- 1 buah mangkok

- 1 buah pisau

- 1 buah kompor

Bahan untuk membuat es blewah segar dan sederhana
- 1 buah blewah bundar

- Secukupnya gula

- 2 buah es batu besar

- Secukupnya air matang

Cara membuat atau memasak untuk membuat es blewah segar dan sederhana
- Buka blewah dengan cara membelahnya menjadi 2 bagian sama rata.

- Kerok blewah dengan alat pengeroknya lalu letakkan di mangkuk dulu.

- Sementara itu beri air sedikit aja di ceret, didihkan sampai umup. Lalu matikan api.

- Tinggalkan sebentar sambil ditunggu sampai hangat, siapkan mangkok besarnya, isi dengan gula secukupnya.

- Lalu tuang air panas tadi dari ceret, sedikit aja lalu aduk sampai rata.

- Kemudian masukkan juga kerokan blewah tadi ke mangkok besar.

- Isi dengan air dingin sampai setengah mangkok, dan beri es batu. [ kalau pakai es batu besar, dihancurkan dulu esnya lalu masukkan ke mangkok]

- Aduk lagi sampai rata.

- Siapkan gelas dan masukkan blewah satu sendok satu sendok sampai gelas penuh.

- Selamat es blewah anda siap diminum.

Semoga suka dan terima kasih sudah membaca resep es blewah segar sederhana untuk berpuka puasa. Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya. Jangan lupa subcribe di kotak email dan share artikel ini ke teman – teman anda.

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar