Selasa, 12 Desember 2017

Filled Under: ,

Cara Memasak Jamur Crispy Renyah, Enak dan Gurih Tahan Lama

Jamur adalah salah satu tanaman yang paling Intan suka. Apalagi kalau jamur ini di goreng kriuk-kriuk gitu. Enak banget. Bikin ga berhenti ngemil rasanya. Nambah lagi nambah lagi, gak kerasa berapa menit udah habis jamurnya. Hmmm


Jamur khususnya jamur putih yang kayak kipas memang enaknya dimakan hangat-hangat dan dicampur dengan saus atau serbuk rasa. Bisa pakai serbuk rasa keju,  rasa balado atau pedas, apalagi kalau dicocolin ke sambal buatan sendiri.

Membuat jamur yang enak itu gak gampang loh gaes. Saya dan keluarga udah masak jamur tapi yang enak cuma pas bikin sama suami saya kemaren di Malang. Hehehe

Okay.. saya coba berbagi pengalaman. Mungkin juga ini bisa bermanfaat bagi anda.

Sebenarnya goreng jamur gak perlu pakai tepung juga bisa tapi kerenyahannya gak akan lama. Mungkin kurang setengah jam jamur yang diggoreng tanpa tepung langsung loyo. Tapi jika anda masih ingin mencobanya bisa juga. 

Jamur bisa digoreng dengan bumbu tempe, jika anda punya bumbu siap saji tempe, anda bisa juga menggunakannya untuk menggoreng jamur, tapi anda harus mengira-ngira antara air dan bumbu. Campurkan air dan bumbu kemudian larutkan jamur ke dalamnya. Rendam sekitar 30 detik aja. Setelah itu bisa digoreng.

Jangan sampai nanti keasinan atau kehambaren. Untuk mengetes rasa, anda bisa goreng 1 dulu. Jika rasanya keasinan bisa anda tambahkan air tapi kalau rasanya cenderung hambar, anda bisa tambahkan bumbunya. 

Yang perlu anda perhatikan menggoreng jamur haruslah dengan minyak panas dan banyak. Hal inilah yang bisa membuat jamur renyah seperti kerupuk. Gorenglah dengan hati-hati, perhatikan warna jamur yang sudah mulai berubah keemasan harus sudah diangkat.

Jika anda tidak suka bumbu-bumbu siap saji seperti itu tinggal membuat ramuan sendiri. Kalau saya suka pakai bumbu bawang putih 1 siung dan dihaluskan atau diuleg dengan satu sendok teh garam halus. Setelah keduanya tercampur dengan satu beri secukupnya air minum. Jika sudah masukkan jamur ke wadah itu. Lalu gorenglah seperti tadi. Dijamin enak walaupun memakai bumbu yang sederhana.

Jika anda punya tepung dirumah entah itu tepung bumbu, tepung terigu, tepung bakwan, dan lain-lain bisa anda pakai untuk menggoreng jamur crispy. 

Saya diajari oleh suami saya yang memang udah ahli masak karena dia koki di restoran. Jika anda masak jamur dengan tepung terigu harus ditambahkan dengan bumbu lain misalnya garam, merica, atau bumbu penyedap supaya rasa tepungnya tidak hambar. 

Terus harus ada pelekat supaya tepung bisa menempel dengan sempurna. Alat pelekatnya bisa pakai air ataupun telur. Kalau gak suka amis bisa pakai air untuk pengganti telur.

Kalau Intan yang masak ya buat simpel aja. Cukup sediakan 2 mangkok. Yang 1 mangkok berisi telur dan mangkok kedua adalah tepung terigu yang kering tapi sudah saya campur dengan garam dan bumbu penyedap. Celupkan dulu jamur ke mangkok berisi telur dan kemudian celupkan lagi ke tepung. Jika sudah selesai barulah digoreng dengan minyak panas dan banyak. Tunggu warna berubah dan angkat sajikan.

Oh iya supaya kriuknya tahan lama tepung terigu bisa dicampur dengan tepung beras atau maizena. Hasilnya kriuk-kriuk seperti cara yang saya pakai untuk membuat kue krepes atau leker teflon yang sudah saya bagikan dulu.
Jika anda punya tepung bumbu, bisa dipakai pengganti mangkok kedua tanpa diberi tambahan apa-apa karena sudah enak. Jika anda punya baking soda bisa ditambahkan juga ke mangkok ke2 supaya gorengan jamur anda bisa mekar. 


Mungkin itu saja resep dari Intan Tutorial. Kalian bisa coba satu-satu yang cocok untuk kalian. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar