Jumat, 04 Agustus 2017

Filled Under:

17 Cara Paling Ampuh Melancarkan Haid yg Telat Beberapa Bulan

Menjadi wanita memang tidak mudah ya iters karena tiap bulan kita harus tahan nyeri haid alias menstruasi. Belum lagi kadang mens ini datangnya gak teratur dan menyebabkan kita kebingungan. Kenapa nih tamu bulanan kemaren datang, sedangkan sekarang enggak?


Sebagai remaja, haid tidak lancar itu biasa kata dokter karena sel telurnya memang belum matang, jadi bagi anda yg masih duduk di bangku SD, SMP maupun SMA bolehlah berlega hati. Cuma yg perlu di waspadai saat mens tidak datang sangat lama misalnya 3 - 4 bulan ke atas.

Untuk anda yg sudah dewasa, dan mens memang sudah teratur, kemudian kok telat lagi. Anda perlu berhati - hati karena pasti ada penyebab lain kecuali sel yg belum matang tadi. Untuk lebih jelasnya yuk simak apa saja penyebabnya:

- Stres sangat mempengaruhi salah satu bagian otak yaitu hypothalamus. Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid. Jadi kalau anda stress seperti mendapatkan masalah atau patah hati maka hormon haid akan terhenti sementara sampai anda stabil lagi.

- Penyakit seperti tumor atau kista. Salah satu teman terbaik punya masalah sama haid waktu SMA dan ketika diperiksa ternyata dia terkena kista. Kata temenku sih kista gejalanya periode haid tidak teratur dan nyerinya sebelum haid sangat sakit sekali.

- Sel telur belum matang. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Jadi mungkin gak perlu dibahas lagi. Kematangan sel terung sering kali dikaitkan dengan usia 20 tahun ke bawah.

- Hamil. Jikalau anda sudah pernah melakukan hubungan suami istri sebelumnya dan mendapat tanda tanda kehamilan. Bisa jadi anda memang mengandung. Untuk lebih jelasnya anda bisa tes pakai tespack atau langsung cek ke dokter kandungan.

- Efek diet ketat. Diet terlalu ketat dan keras sangat beresiko pada kesehatan terutama dalam perihal darah haid karena ternyata usaha keras anda diet ketat akan menghambar periode haid anda yg selama ini lancar.

- Kelebihan berat badan. Bukan diet saja, ternyata kelebihan berat badan juga bisa jadi penyebab haid tidak lancar. Mulai dari sekarang coba atur porsi makan anda, tanpa melalui diet yg terlalu ketat.

- Gangguan kelenjar tiroid. Kelenjar ini erat kaitannya dengan darah mens. Jika ada gangguan di kelenjar tiroid anda otomatis haid anda pun akan terganggu.

- Ketidak seimbangan hormon. Hormon yang tidak seimbang ternyata juga mengganggu siklus menstruasi. Anda perlu mengatur makanan dan emosi agar hormon tetap seimbang.

- Pengaruh obat - obatan. Obat obat tertentu seperti pil KB juga akan menghambat darah haid anda. Jadi jika anda memang mengkonsumsi pil tersebut jangan khawatir, itu hanya efek penggunaan.

- Pramenopause. Untuk orang yg sudah lanjut usia. Haid tidak lancar bisa jadi karena sudah tanda tandanya menopause akan datang yang artinya anda tidak akan haid lagi.

- Selain itu, ibu menyusui juga bisa telat haid karena adanya peningkatan hormon prolaktin.

Kalau sudah tahu penyebabnya. Yuk sekarang kita lanjut ke cara paling ampuh melanncarkan darah haid yg tidak kunjung datang berikut ini:

1. Wortel

Wortel sangat erat fungsinya untuk menjaga hormon seimbang, karena mengandung vit A dan C yang cukup untuk tubuh. Jika anda ingin lancar haidnya. Cobalah minum jus wortel setiap hari di pagi hari. Selain memperlancar haid, mata anda pun ikut sehat dan jernih.

2. Daun Kates / Pepaya

Supaya lancar anda dituntut meminum air rebusan daun kates / pepaya sesering mungkin. Rasanya memang sangat pahit tapi vitamin di dalamnya sangat lengkap mulai dari vitamin A sampai Vitamin E ditambah kalsium yg tinggi. Daun ini fungsinya juga mengurangi nyeri haid.

3. Brokoli hijau

Sayuran hijau memang paling ampuh untuk mengusir yg namanya masalah kesehatan. Kalau soal Brokoli ini teman saya pernah cerita bahwa dia terlambat haid 2 bulan, kemudian sama pacarnya di ajak makan brokoli hijau. Besoknya langsung haid. Kalau anda mau mencobanya juga silahkan.

4. Air kelapa hijau atau degan

Air kelapa rasanya unikdaripada yang lain, belum lagi larutan elektrolit di dalamnya dapat membunuh racun dalam tubuh serta dapat melancarkan haid yang selama ini anda keluhkan.

5. Kunyit 

Mengandung zat senyawa yang berkhasiat sebagai obat bernama kurkumin. Zat ini sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Sedangkan cara melancarkan haid dengan kunyit yaitu dengan meminum jamu dengan racikan kunyit.

6. Jahe

Kandungannya sangat banyak sekali antara lain yaitu minyak atsiri, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, Serat, Zat besi, Sodium, Fosfor, dan Niasin. Jahe sangat ampuh sebagai cara melancarkan haid secara alami. Yang anda perlukan hanya menyeduhnya menjadi wedang jahe dan diminum setiap hari.

7. Cukup tidur

Kekurangan tidur akan membuat anda capek dan kehilangan tenaga. Anda pun bisa stress kalau kebiasaan kurang tidur. Maka dari itu cukupkanlah tidur anda. Kalau memang bisa waktu istirahat kerja atau sekolah tidurlah juga meski sebentar.


8. Wisata dan luangkan waktu

Jangan melulu urusan kantor, memang penting sih tapi anda juga perlu suasana baru agar tidak jenuh dan stress pun hilang. Ajak sekalian keluarga anda untuk quality time supaya tidak hilang nuansa  kekeluargaan dan keakrabannya.

9. Olahraga

Olahraga akan membuat jiwa dan raga anda sehat. Ketika semua normal dan sehat maka hal ini juga melancarkan peredaran darah haid yg datang setiap bulannya.

10. Air mineral 

Air putih juga punya peran penting. Ingatlah bahwa tubuh kita minimal butuh 8 gelas penuh air putih untuk diminum. Hal ini penting untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh sehingga haid juga berjalan secara normal.

11. Jamu Pahit

Saya pernah diberi minum jamu pahit sama mama soalnya mama takut saya kena apa - apa. Dan memang benar manjur banget, dua hari setelahnya haid saya keluar dengan lancar. Saya tidak tahu persis jamu apa namanya. Yang jelas ketika anda ke toko jamu, bilang saja mau cari jamu melancarkan haid. Nanti pasti langsung dikasih deh. 

12. Asam Jawa

Kalau lagi gak lancar haidnya. Gak ada salahnya hari ini mengganti menu dengan masakan yg mengandung asam misalnya jangan asem. Dengan begitu anda pun membuat tubuh anda untuk mengencerkan darah haid yg menggumpal.

13. Buah Nanas

Nanas buah yg asam kecut ini bisa memiliki kandungan yang dapat merelaksasikan otot sehingga membantu sekali untuk memperlancar pengeluaran darah haid setiap bulannya.


14. Buah pepaya

Bukan daunnya saja yg bergunan, ternyata buah pepayanya juga bisa membantu anda memperlancar haid. Cukup kupas pepaya, iris kecil dan makan setiap hari. Pepaya rasanya manis sekali gak seperti daunnya. Jadi anda ga perlu nyengir ketika makan ini.

15. Kacang kacangan 

Semua kacang seperti kacang mente, kacang tanah, kedelai, kaang hijau ternyata mengandung omega 3 dan lemak baik. Fungsinya untuk memperlancar haid juga tidak perlu dipertanyakan lagi. Anda bisa konsumsi setiap hari untuk camilan asal jangan banyak banyak ntar jerawatan lagi. hehehe

17. Makan makanan bergizi

Ketika anda telat haid coba pikir lagi apa anda sudah makan makanan yg bergizi? Makanan bergizi itu adalah sayur, buah, daging, dan macam - macam. Mulai saat ini usahakan konsumsi makanan bergizi supaya haid bisa muncul lagi.


Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar