Kamis, 03 Agustus 2017

Filled Under: ,

Cara Crop Potong Foto Memakai Aplikasi Paint Terbaru

Pernahkah anda memakai aplikasi paint?? Saya jujur saja baru dekat dengan aplikasi ini setelah lulus kuliah. Sebelumnya saya Cuma sering lihat aplikasi ini bertengger di laptop saya saja. Jadi hanya saya lihat dan tidak pernah saya sentuh sekalipun.


Sesuai dengan namanya. Paint ini saya kira Cuma aplikasi untuk menggambar atau sekedar coret – coretan di komputer. Namun sekarang saya lebih mengenalnya dan saya tersadar ternyata aplikasi sederhana ini punya banyak fungsi.

Saya sering memakai aplikasi paint untuk mengedit foto. Gak perlu aplikasi lainnya kalau hanya edit foto dasar dan ala kadarnya. Keunggulan paint dari aplikasi yg lain adalah sizenya yang kecil, belum lagi aplikasi ini mudah ditemui karena sudah menjadi aplikasi bawaan komputer maupun laptop.

Misalnya potong foto / crop foto, compress foto, mengubah ukuran foto atau gambar, memberikan tanda di foto seperti tanda panah, persegi panjang, persegi (ini sering saya gunakan ketika membuat tutorial), dan sebagai area penyimpan print screen saya.

Untuk kali ini, saya ingin membagikan cara crop atau potong foto dengan mudah menggunakan aplikasi paint. Cukup luangkan 3 detik saja andapun sudah bisa melihat hasilnya:

1. Buka aplikasi paint anda di laptop atau komputer


2. Buka menu di sisi kiri home >> open>> pilih foto yg ingin dicrop. Selain itu anda juga bisa langsung buka paint dengan cara >> pilih foto >> klik kanan edit.


3. Misalnya saya mau crop foto ini menjadi 1 foto saja, karena gambarnya kebesaran saya pakai cara memperkecil foto saya dulu sebesar 25% seperti ini. Jadi lebih gampang potongnya.



4. Kemudian pilih select.


5. Arahkan ke daerah yang ingin anda crop, bentuklah kotak atau persegi.

6. Jika sudah fix anda bisa tekan crop untuk memotong foto.


7. Jika pemotongan belum sempurna, anda bisa memperbaikinya denga menekan tombol undo, lalu select lagi area yang ingin anda potong.

8. Barulah tekan crop sekali lagi.

9. Kalau pemotongan sudah sempurna.


10. Silahkan simpan foto anda dengan cara klik menu pojok kiri, lalu pilih save as (jika namanya ingin anda ubah dari sebelumnya) atau tekan tombol save ketika anda ingin yang lama diganti dengan foto baru ini (foto yang lama akan hilang).


11. Untuk save as >> pilih folder simpanan >> beri nama lagi sesuai selera anda.

12. Kalau sudah klik save.

Nah bagaimana mudah bukan iters? Aplikasi paint selain mudah digunakan, paint juga gak perlu didownload karena umumnya sudah tersedia di laptop atau komputer anda. Jadi ga perlu memperbanyak aplikasi atau memenuhi simpanan PC anda.

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar