Sabtu, 20 Maret 2021

Filled Under: , ,

CARA MUDAH DAN CEPAT MEMBUAT BOLEN PISANG

 

Hai semua Assalamualaikum kali ini aku lagi bikin bolen pisang isi coklat keju ini rasanya enak banget. cara buatnya juga sangat mudah. Nah kalau kalian semua ingin tahu bagaimana caranya aku buat. yuk baca resep ini hingga selesai ya.



Apa saja yang di perlukan

Bahan A 

# 100 gr tepung terigu pro tinggi 

# 75 gr margarin

Bahan B

# 200 gr tepung terigu pro tinggi

# 75 ml susu cair/air

# 75 gr margarin

#40 gr gula halus

Bahan isian 

# pisang 

# keju

# Selai coklat

Bahan Topping 

# 1 Butir kuning telur

# keju parut

# messes

 

Untuk bahan kulit bahannya ini ada dua bahan yaitu ini bahan A dan bahan B lalu bahan untuk isian serta topping atasnya.

Pertama-tama cairkan margarin dan kita goreng pisangnya. Nah kalau misalnya teman-teman ingin dikukus pisangnya juga nggak masalah ya. kita goreng pisang nya hingga matang setelah matang lalu angkat dan tiriskan.

Selanjkita buat bahan A dalam mangkuk masukkan 100 gram tepung terigu protein tinggi lalu masukkan 75 gram margarin lalu aduk aduk dan uleni hingga menyatu dan gak lengket di tangan aku kemudian aku akan taruh ke dalam mangkuk lagi dan aku tutup dengan plastik wrep untuk selanjutnya aku Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan aku taruh dalam kulkas. 

Selanjutnya kita buat bahan B dalam mangkuk masukkan 200 gram tepung terigu protein tinggi  lalu 40 gram gula halus kemudian masukkan 75 gram margarin lalu uleni hingga dia berbulir seperti pasir lalu masukkan 75 mili susu cair atau bisa diganti dengan air lalu uleni lagi hingga kalisYa dan tidak lengket ditangan.

Lalu akan aku simpan ke dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit. setelah 15 menit kita keluarkan dari kulkas kemudian ini aku Keluarkan dan aku akan bagi menjadi dua bagian untuk bahan B nya kita pipihkan terlebih dahulu.  setelah pipi lalu ambil adonan A kemudian taruh di tengahnya kemudian tutup seperti melipat amplop kita gilas pinggirnya lalu lipat  kemudian lanjut kita pipihkan lagi kemudian pipihkan lagi Nah ini bisa dilakukan berulang-ulang kali 2 3 4 kali sesuaikan dengan selera masing-masing ya  dan Setelah selesai lalu kita simpan dulu dan lakukan hal  yang sama seperti tadi hingga semuanya selesai.

Setelah selesai lalu adonan ini akan kita tutup dan kita Diamkan selama kurang lebih 10 menit setelah kita Diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu kita ambil kemudian kita pipihkan setelah pipihkan lalu kita potong karena potongan pisang ku tadi ukurannya agak besar jadi ini aku bagi menjadi 8 bagian  lalu kita sucikan dulu kita tutup supaya nggak kering sama seperti tadi setelah pipih juga aku bagi menjadi 8 bagian ya Setelah selesai semuanya. lalu ambil satu adonan dan pipihkan. taruh selai coklat di tengahnya lalu aku belah pisang dan aku isi di tengahnya dengan irisan keju.

Selanjutnya letakkan di atas coklatnya bagian samping samping kita pipihkan dulu kemudian lipat. lalu kita simpan dalam loyang Kemudian untuk yang berikutnya setelah pipih kita kasih coklat di tengahnya kemudian kasih pisang dan irisan keju lalu lipat dan begitu seterusnya hingga semuanya selesai ya.

Setelah semuanya selesai di bentuk. sebelum atasnya di beri topping, Panaskan oven di suhu 170 derajat Celcius api atas bawah selama kurang lebih 10 menit.

Setelah oven sudah kita Panaskan oleskan atas bolennya dengan kuning telur,  lalu lanjut kasih topping atasnya dengan parutan keju untuk yang sebagian lagi aku kasih topping atasnya dengan messis dan ini siap kita panggang.

Masukkan ke dalam oven yang sudah kita Panaskan tadi dan panggang di suhu 170 derajat Celcius api atas bawah selama kurang lebih 25 menit.

Setelah 25 menit kita panggang menggunakan api atas bawah selanjutnya aku ganti menggunakan api atas aja selama kurang lebih 10 menit, supaya warna atasnya lebih kecoklatan. setelah sudah kelihatan kecoklatan lalu kita angkat kemudian lanjut kita panggang untuk yang berikutnya ya. nah bolen pisangnya akhirnya sudah jadi.

Kita review ya, teksturnya lembut banget kulitnya berlapis-lapis pisangnya manis gurih dari kejunya coklatnya juga lumer di mulut lengkap sudah rasanya.

Terima kasih sudah membaca artikel aku ya. semoga kalian bisa mencoba ya dan bermanfaa buat teman-teman semuanya. Selamat mencoba CAOO

 



Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar