Kamis, 05 Juli 2018

Filled Under: , , , , ,

7 cara menghilangkan bau mulut dengan tepat

7 cara menghilangkan bau mulut secara tepat - mempunyai permasalahan dengan bau mulut memang sangat menjengkelkan, membuat kita merasa tidak percaya diri untuk berbicara dengan lawan bicara.



Jangan anggap remeh jika bau mulut sedang menyerang mulut kita karena bisa jadi itu merupakan sebuah gejala penyakit yang bisa menyerang siapa saja sewaktu-waktu.

Masalah bau mulut ternyata bisa kita atasi tanpa harus pergi berkonsultasi ke dokter spesialis lohh..

Mau tau caranya? Yuk simak beberapa cara menghilangkan bau mulut berikut ini

1. Makan kacang almond



Kacang-kacangan pada umumnya, termasuk almond, mengandung serat tinggi yang bisa membersihkan gigi secara alami.

2. minum teh hijau



Kandungan antioksidan di dalam teh hijau sangat efektif dalam membunuh bakteri-bakteri merugikan di dalam mulut.

3. makan yoghurt


Probiotik di dalam yoghurt adalah senjata utama dalam memerangi bakteri penyebab munculnya bau tidak sedap di dalam perut

4. Daun peterseli



Sebagaimana dengan daun mint, minyak pada daun peterseli dinilai efektif mencegah bau mulut tidak sedap. Tidak ada salahnya untuk memasukkan daun peterseli ke dalam makan siangmu, bukan?

5. Makan daun seledri



sayur-sayuran renyah ini bermanfaat untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi. Sayur-sayuran ini juga memicu produksi air liur untuk membersihkan bakteri.

6. Makan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi



Salah satu penyebab bau mulut adalah banyaknya makanan yang tersangkut dan membusuk pada gigi. Konsumsi buah yang renyah seperti pir dan apel, adalah cara alami untuk membersihkan gigi dari makanan yang tersangkut. Hal ini akan mencegah kuman untuk berkembang biak.
Utamakan juga buah-buahan yang mengandung vitamin C sebagai nutrisi yang penting untuk mencegah radang gusi (gingivitis) yang merupakan salah satu penyebab bau mulut tidak sedap. Kamu bisa temukan vitamin C tinggi pada melon, beri, dan jeruk. Rutin mengonsumsi buah-buahan juga bermanfaat menyegarkan aroma mulut.
7. berhenti merokok



Merokok tidak hanya bagus untuk kesehatan kamu secara menyeluruh. Tapi juga bisa menjadi salah satu pemicu bau mulut. Jadi, jika kamu tidak mau bau mulut membuat kamu malu, mulailah berhenti merokok.
8. berkumur dengan mouthwash



Berkumur-kumur dengan mouthwash tidak boleh sembarangan agar manfaatnya dalam mengatasi bau mulut bisa tercapai. Ikuti tata cara pakai mouthwash sesuai label pada kemasan.
Jika himbauan yang tertera adalah kumur selama setengah menit, maka seharusnya itu adalah masa kumur optimal yang kamu perlu lakukan untuk bisa membunuh bakteri jahat di dalam rongga mulut.
9. gosok gigi secara rutin selama 2 menit


Jika dirata-ratakan, lamanya seseorang menggosok gigi hanya 35-40 detik saja. Kamu termasuk yang punya kebiasaan seperti itu? Ketahuilah bahwa waktu selama itu belum cukup untuk membersihkan gigimu.
Tambahkan waktumu menggosok gigi hingga minimal dua menit. Setelah menggosok gigi, cobalah bersihkan permukaan atas dan bawah lidahmu juga. Setelah sikat gigi di malam hari, jangan makan lagi, ya.
10. makan permen karet / bubble gum


Mengunyah permen karet juga bisa dijadikan alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Sebaiknya kunyahlah permen karet yang mempunyai aroma yang wangi. Karena selain menghilangkan bau mulut, permen karet juga akan mengangkat sisa makanan yang masih menempel pada sela-sela gigi.
Akan tetapi perlu kita perhatikan juga, permen karet yang dimaksud di sini adalah yang tawar dan terbebas dari gula saja. Karena jika kita menggunakan yang mempunyai perisa efeknya akan menjadi sia-sia.
11. Makan kayu manis


Kayu manis mempunyai aroma yang harum sehingga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut. Bahan ini mempunyai senyawacinnamic aldehyde atau sejenis minyak alami yang mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri di mulut dan sekaligus sebagai penyegar nafas.
12. Makan fenugreek


Mungkin belum banyak yang tahu dengan tanaman yang satu ini. tanaman ini berasal dari Yunani. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama klabet.
dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Tanaman ini mengandung senyawa anti bakteri yang dapat membunuh bakteri dan menyegarkan nafas.
13. minum cuka apel


Dalam cuka apel terkandung asam yang dapat merangsang kelenjar saliva atau air liur untuk memproduksi air liur agar dapat mengatasi masalah mulut kering. Cuka apel juga sudah terbukti efektif mampu menyeimbangkan pH di dalam mulut agar bakteri tidak dapat berkembangbiak.
14. minum tea tree oil


Minyak pohon teh mengandung senyawa anti bakteri seperti terpenoid yang dapat membunuh bakteri dan mikroba dalam mulut. Bahan ini juga telah terbukti aman untuk digunakan mengatasi permasalahan bau mulut. Banyak produk perawatan gigi yang menggunakan bahan ini sebagai produknya karena khasiat yang dihasilkan.
15. makan cengkeh


Tanaman ini termasuk tanaman rempah berukuran mini yang bisa digunakan sebagai bahan alami mengatasi bau mulut. Dalam cengkeh mengandung senyawa minyak atsiri yang bermanfaat sebagai anti bakteri sehingga pertumbuhan bakteri di dalam mulut dapat ditekan secara efektif
16. makan jahe


Jahe terkenal rempah-rempah penghangat tubuh. Menggunakan air rebusan jahe selain sebagai penghangat tubuh juga bisa dijadikan alternatif mengatasi bau mulut. Dalam jahe terkandung senyawa anti bakterigingerol yang terbukti ampuh membunuh bakteri dan mikroba penyebab bau mulut.

17. Membersihkan lidah dari bakteri

Bakteri merupakan penyebab bau mulut yang tidak hanya tinggal dan bersarang di sela-sela gigi saja. mereka juga bisa bersarang pada lidah kita. secara tidak langsung bakteri-bakteri tersebut membentuk sebuah lapisan yang menyebabkan bau mulut.

Untuk yang ingin mengatasi masalah ini. Tidak perlu khawatir karena cara membersihkan bakteri yang berada di permukaan lidah cukup mudah yakni dengan alat pembersih lidah khusus.

Alat ini memang dirancang khusus untuk membersihkan tekanan yang sama dengan permukaan lidah kita dan sangat efektif dalam membersihkan bakteri dari lidah kita.

18. Jika ke 17 cara diatas tidak juga mampu menyelesaikan permasalahan bau mulut anda, maka jalan terakhir adalah konsultasi dengan dokter spesialis.

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan menggunakan jasa para dokter spesialis Mulut dan gigi apabila bau mulut yang kamu alami tidak kunjung hilang besar kemungkinan karena dampak atau efek dari sebuah penyakit.

Demikian 18 Cara menghilangkan bau mulut secara tepat Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar