Senin, 21 Januari 2019

Filled Under:

Yang Wajib Disiapkan Untuk Merawat Kucing Ras Persia, Anggora, Flatnose, dll

Merawat Kucing Ras berbeda sekali dengan kucing kampung, walaupun sama - sama kucing cara merawatnya berbeda sekali karena kucing ras mempunyai bentuk tubuh yang special yg harus dirawat oleh owner atau pemiliknya.

Ada banyak macam kucing ras diantaranya kucing Anggora, kucing Persia, kucing Himalaya, kucing Flatnose, Kucing Peaknose, Kucing Mainecoone, Kucing Scootish Fold, dan lain - lain.

Kucingku Bubu

Sebagai pemilik kucing Ras yang sangat lucu, saya sangat menyadari betapa repotnya mengurus kucing ini di sela-sela kesibukan saya. Intan punya anak anggora yang masih berumur 1 bulan bernama bubu, dan anak persia yg sudah berumur 3 bulan bernama komo. Keduanya pejantan tangguh. Hehehe. 

Dua - duanya perlu perawatan yg ekstra. Di postingan selanjutnya akan saya jelaskan lebih detail cara Intan merawat kucing - kucing ras lucu. Sebagai referensi saya juga menulis kemaren tentang cara merawat anak kucing anggora yg masih 1 bulan tanpa indukannya

Okay deh lanjut ke tema yang sebenarnya, Apa saja sih yang harus disiapkan untuk merawat kucing ras persia, anggora, dan lain - lain? Cekidot iters..

1. Tempat Makan dan Minum Kucing 
Kucing Ras ini pastinya juga butuh makanan ya. Makanan itu beda sama kucing kampung karena kucing Ras harus makan makanan khusus yang sudah tersedia di petshop. 

Tempat makan dan minumnya jga sudah bisa dibeli di pet shop terdekat anda. Atau anda bisa menggunakan pilihan lain yaitu memakai mangkok kecil atau potongan botol aqua besar untuk wadah makanannya. 

2. Kandang Kucing
Supaya kucing gak berkeliaran kemana-mana dan tidak diculik orang, anda perlu membeli kandang, apalagi jika kucing anda termasuk kucing yang tidak bisa diam.

Harga kandang kucing sekitar 150.000 sampai 1.juta tergantung ukuran, design dan bahannya.

3. Bak Pasir dan Pasirnya
Supaya kucing anda tidak membuang kotoran di mana - mana, anda wajib menyediakan bak pasir dan pasirnya. 

Pasir bisa anda beli di petshop harga pasirnya juga terjangkau sekitar 28 ribu saja sekarung untuk pasir yg tidak wangi. Pasir dengan aroma juga bermacam - macam, ada yg beraroma melati, lecii, dan lain - lain.

4. Susu Kucing
Untuk kucing yg masi berusia 1-2 bulan harus minum susu. Apabila tidak ada indukannya, anda bisa membeli susu kucing yang berbentuk sachet harganya hanya 35.000 per paket isi 10 sachet atau 4.000-5.000 jika beli eceran.

Untuk bayi kucing beli juga tempat minum susunya seperti botol dan dot untuk diminumkan ke kucing, mirip banget sama bayi.

5. Kalung Kucing
Ga mau kan kalau kucing anda yang cantik tiba - tiba keluar tanpa sepengetahuan anda? Makanya itu anda harus dan wajib menyiapkan kalung kucing. Dengan kalung kucing kemanapun kucing anda pergi pasti anda bisa mengawasi dari lonceng kalungnya tersebut.

Kalau bisa kasih nama disana dan nomer telepon agar ketika kucing itu hilang, paling enggak orang yg menemukan bisa mengembalikan dan menghubungi pemiliknya yaitu anda. 

6. Serokan 
Serokan ini ialah senjatamu untuk membersihkan toilet kucing, sehingga tempat buang airnya selalu terjaga kebersihan dan tidak membuat penyebab penyakit pada kucing kesayangan anda.

7. Sisir Kucing
Kucing anda punya bulu panjang dan cantik? Jangan lupa sisir bulu - bulu tersebut agar tidak menggimbal dan rusak.  Yah mirip banget seperti rambut pada manusia. Jika kucing anda gak berbulu seperti kucingnya Raditya Dika, hiraukan point no 7 ini!

8. Samphoo Kucing
Gak hanya disisir, tapi bulunya juga perlu shampoo untuk menghaluskan dan melembutkan bulunya. Dengan Sampoo membuat bulu kucing anda sehat sehingga kucingpun semakin cantik dan menggemaskan.

9. Handuk
Handuk sangat penting bagi anda dan diperlukan ketika memandikan kucing. Anda bisa pakai handuk lebar ataupun handuk kecil, tapi saran saya lebih baik pakai handuk lebar yg biasa dipakai orang dewasa agar kucing anda cepat kering.

10. Hair Dryer
Setelah mandi, badan kucing kan basah tuh, dan kalau ga di keringin langsung takutnya nanti mudah terjangkit jamur. Jadi anda perlu sekali yg namanya Hair Dryer.

11. Mainan Kucing
Walau bukan anak kecil, mainan juga dibutuhkan kucing, apalagi jika kucing anda hanya sendirian karena mainan dapat membuat kucing anda bahagia. Dapat menghilangkan stress pada si kucing.

12. Tempat Tidur Kucing
Ini optional aja sih, kucing sebenarnya suka tidur dimana aja, bisa di lantai, bisa di kandang, bantal maupun kasur. Jika anda suka memanjakan kucing anda, cobalah memberi bantal sebagai alas tidurnya.

13. Tempat Cakar Kucing
Kucing yang usianya 3 - 5 bulan paling suka bermain, dan dia suka memainkan cakar- cakarnya sehingga dia kadang merusak perabotan rumah seperti sofa, lemari, tas, dan lain - lain. 

Jika anda termasuk orang yang terganggu oleh kebiasaan kucing tersebut, cobalah membeli tempat cakar kucing sehingga dia tidak merusak perabotan rumah anda

Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk berkunjung lagi. Sharelah ke teman anda jika artikel ini berguna. Terima kasih. :)

Baca Juga :

0 komentar:

Posting Komentar